100% HOAX! Ini Dia Mitos Baterai Handphone yang Sudah Terlanjur Dipercaya

0
273
Mitos Baterai Handphone

Koran.id – Karena sudah terlanjur dipercaya oleh masyarakat luas, sehingga mau tidak mau mitos baterai handphone sepertinya tidak akan pernah bisa dihapus. Tetapi demikian, penting sekali untuk kamu tahu, bahwa pada dasarnya sebuah baterai handphone memiliki peranan cukup penting sekali.

Karena apa? Tanpa baterai, handphone secanggih dan sekeren apapun yang kamu miliki pastinya tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dan bukan tidak mungkin lagi, handphonemu hanya akan jadi pajangan tanpa memiliki fungsi apapun.

Jadi jangan heran jika pada akhirnya ada banyak sekali bermunculan mitos seputar baterai, yang kebenarannya pun masih belum jelas. Apa saja itu? Mari simak ulasan lebih lengkapnya di sini!

Ini Dia Mitos Baterai Handphone yang Sudah Terlanjur Dipercaya

Pembelian charger palsu hanya akan merusak baterai

Mitos Baterai Handphone

Banyak yang percaya, dan mungkin kamu termasuk salah satunya bahwa penggunaan charger palsu, alias bukan dari pabrikan hanya akan merusak baterai. Tapi pada kenyataannya, selama charger tersebut digunakan dengan baik sebagaimana fungsinya, baterai handphonemu akan baik – baik saja, bahkan sama sekali tidak terkena efek apapun.

So, kamu tak perlu ragu lagi untuk membeli charger yang bukan dari pabrikan ketika charger aslimu rusak, sebab alasan harganya yang kelewatan mahal. Tetapi, pastikan kamu sudah membelinya di tempat yang tepat, agar mendapatkan charger murah dengan kualitas bagus.

Mengisi daya baterai terlalu lama, bahkan hingga semalaman bisa merusak baterai

Mitos Baterai Handphone

Ada yang bilang jika mengisi baterai yang terlalu lama bahkan hingga semalaman, hal tersebut hanya akan memperpendek umur baterai. Bukan tidak mungkin bateraimu akan cepat rusak dalam waktu singkat.

Ya, mungkin itu dulu, tapi sekarang kebanyakan handphone keluaran terbaru sudah cukup pintar untuk tahu bahwa bateraimu sudah terisi penuh. Kebanyakan produsen smartphone ternama sudah menanamkan sistem yang bisa membuat handphonemu berhenti mengisi daya jika sudah terisi penuh.

Berselancar di dunia maya hanya menghabiskan baterai paling cepat

Mitos Baterai Handphone

Siapa yang tidak suka berselancar di dunia maya? Baik itu hanya untuk bermain – main dengan akun sosial mediamu, streaming musik, menonton film, atau pun yang lainnya pada dasarnya menjadi kegiatan yang paling disukai oleh banyak orang. Tapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada sebuah mitos tentang baterai handphone yang mengatakan, jika kegiatan tersebut hanya akan menghabiskan baterai paling cepat.

Pada kenyataannya, kegiatan yang paling memakan baterai cukup banyak adalah bermain game, apalagi jika kamu memainkan game dengan grafis HD. Makanya jika kamu memang ingin hemat baterai saat bermain game, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan handphonemu.

Menon-aktifkan handphone bisa membuat bateraimu rusak

Mitos Baterai Handphone

Mitos baterai handphone lainnya adalah kegiatan menon-aktifkan handphone, atau pun membiarkan ponselmu sampai mati bisa membuat bateraimu cepat rusak. Meskipun hal tersebut sangat tidak masuk akal, tetapi pada kenyataannya ada banyak orang yang mempercayainya. Bagaimana dengan kamu sendiri? Percaya dengan hal itu?

Asal kamu tahu saja, bahwa kegiatan menon-aktifkan baterai handphone adalah tindakan yang normal dan tak perlu dikhawatirkan. Begitu pula membiarkan handphonemu sampai baterainya benar – benar habis, sama sekali tidak akan memberi dampak pada baterai.

Kamu diharuskan untuk mengisi daya baterai hingga 100%

Mitos Baterai Handphone

Siapa nih diantara kamu semuanya yang suka bilang, bahwa ketika ngecharger baterai handphone kamu harus mengisi dayanya hingga 100%, alias sampai penuh. Sangat dilarang keras untuk mencabut charger sebelum bateramu terisi sampai 100%.

Padahal baterai handphone akan bekerja paling optimal di kisaran 40% – 80%. So, tidak ada masalah jika kamu tidak mengisi daya bateraimu sampai penuh. Bahkan hal tersebut juga tidak akan membuat bateraimu bermasalah, atau pun rusak. Nggak percaya? Buktikan saja sendiri!

Memasukkan baterai ke dalam kulkas membuatnya awet

Mitos Baterai Handphone

Pernah melakukan hal ini? Ya, banyak yang bilang jika memasukkan baterai handphone ke dalam kulkas atau lemari es bisa membuatnya awet. Bahkan hal tersebut juga dipercaya bisa memperpanjang umur baterai handphonemu.

Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya kondisi dingin yang ditimbulkan tidak akan memberikan pengaruh apapun pada baterai handphonemu. Apalagi untuk jenis baterai Li-Ion, yang ada bateraimu akan rusak.

Menggunakan handphone saat dicas membuatnya cepat rusak

Mitos Baterai Handphone

Pernah takut menggunakan handphone ketika sedang di charger atau cas? Nggak usah takut deh, sebab faktanya menggunakan handphone saat dicas tidak akan membuat baterai cepat rusak. Karena pada hakikatnya, handphonemu tidak pernah berhenti bekerja, bahkan meskipun kamu diamkan saat dicas ada banyak sekali aplikasi balik layar yang terus bekerja.

Belum lagi munculnya berbagai notifikasi dari aplikasi yang terinstal di handphone kamu. Tetapi seperti yang sudah saya bilang di awal, bahwa bermain game adalah salah satu kegiatan yang paling memakan baterai cukup banyak. Ini artinya jika kamu main game sambil cas HP, maka bukan tidak mungkin lagi baterai handphone-mu akan lama penuhnya.

Jadi, setelah kamu tahu mitos baterai handphone tersebut yang ternyata sama sekali tidak terbukti, alias 100% HOAX, lantas apa kamu masih percaya dan masih menerapkan mitos – mitos tersebut?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini