7 Tips Bekerja di Bulan Puasa Agar Tetap Semangat dan Efektif

0
440

Koran.idBekerja di bulan puasa memang menjadi suatu hal yang belum terbiasa dikerjakan, apalagi semangat kerja kamu akan menurun karena terasa lelah, lemes bahkan perut lapar. Tips bekerja di bulan puasa ini akan menjadi solusi untuk kamu tetap semangat dan efektif, lantas apa saja yang harus dilakukan agar bekerja menjadi efektif meski sedang puasa.

Salah satunya yang harus perlu kamu ketahui disini ada beberapa tips, yang membuat kamu tetap konsisten pada pekerjaan di bulan puasa ini. Dari adanya tips inilah nantinya berpengaruh banyak terhadap pekerjaan kamu, apa saja tips tersebut? Mari langsung saja simak bersama-sama di bawah ini :

Tips Bekerja di Bulan Puasa

7 Tips Bekerja di Bulan Puasa Agar Tetap Semangat dan Efektif

Perlu diketahui bersama sebelum menyimak beberapa tips di bulan puasa, yang harus kamu lakukan sebelumnya maksimalkan waktu sahur kamu dengan waktu yang tepat dan ditambah konsumsi seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan sayur mayur.

1. Niat Puasa

Tips yang pertama untuk kamu tetap semangat dalam bekerja yaitu niat, karena dengan keniatan inilah seseorang menjadi lebih optimal sehingga melakukan aktivitas apapun tetap semangat. Milikilah rasa niat yang kuat dalam puasa yang penuh berkah itu, maka kamu akan mudah untuk melakukan tips yang lainya.

2. Tidur Tepat Waktu

Selanjutnya tips yang bisa kamu lakukan yakni tidur yang cukup dengan waktu yang tepat, jika kamu kebiasaan tidur terlarut malam maka tidur nyenyak mu akan sedikit karena terpotong dengan waktu sahur. Solusi terbaiknya tidur malam hari maksimal di jam 21.00, sehingga ketika bangun untuk sahur kamu sudah cukup istirahatnya.

Dan jangan lupa waktu sahur kamu juga tepat ya? untuk memudahkan kamu bisa berpesan minta dibangunkan keluarga dan juga bisa maksimalkan nada dering alarm. Semoga tips satu ini kamu suka ya?

3. Minum Air Putih Secukupnya

Asupan air putih memang berpengaruh banyak terhadap tubuh, cukupilah air putih pada tubuh agar tidak dehidrasi pada waktu puasa. Kandungan air putih di dalam tubuh bersifat menjaga kadar oksigen yang berjalan ke otak, sehingga sangat dianjurkan sekali jika minum air putih saat berpuasa adalah penting.

Dan jangan lupa perhatikan minuman bahkan makanan sekalipun yang rasanya terlalu manis , hal ini akan menyebabkan kamu terasa lemas dan ngantuk. Selalu imbangi ya konsumsi makanan yang berprotein dan bergizi.

4. Jam Istirahat

Memanfaatkan jam istirahat merupakan kesempatan yang harus dimaksimalkan pada bula puasa ini, tetapi terkadang istirahat pada bulan puasa lebih singkat dari pada bulan biasa. Tips untuk mengatur waktunya setelah beribadah maka kamu bisa istirahat dengan merebahkan semua tubuh di tempat tidur, hal ini untuk mengembalikan energi yang sebelumnya sudah lumayan terkuras.

Stamina yang fit maka otomatis energi tubuh akan fresh, dari sinilah nantinya akan berpengaruh baik pada pikiran kamu yang sudah kembali fokus untuk melakukan aktivitas pekerjaan lagi.

5. Menyibukkan Diri

Salah satu tips yang dapat berpengaruh positif di kala melakukan pekerjaan di bulan puasa, menyibukan diri pada pekerjaan akan lumayan melupakan waktu panjang berpuasa kamu. Bahkan jika bekerja fokus dibulan puasa ini, waktu akan terasa cepat loh. Dan hindari sifat malas untuk mengerjakan sesuatu di tempat kerja, kamu juga bisa bekerja dengan menyelipkan musik untuk di dengarkan.

6. Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan di bulan puasa ini merupakan suatu kewajiban terutama untuk diri sendiri, kenali selalu tipe tubuh kamu sendiri ya? selalu hindari makanan yang kurang baik atau tidak menyehatkan, seperti hal nya pada kafein mengakibatkan lambung menjadi sakit saat berpuasa.

Ada pepatah yang berbunyi Badan yang sehat akan terdapat jiwa yang kuat, begitu juga dengan kamu nanti akan selalu produktif dan berkontribusi maksimal pada pekerjaan. Pilihlah makanan dengan kandungan protein yang banyak agar membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan satu lagi sering-seringlah mengkonsumsi sayuran, maupun buah-buahan segar.

7. Jadwal Buka Puasa

Berbuka puasa bersama teman-teman satu pekerjaan memang penting sekali, hal ini dapat meningkatkan rasa semangat dalam diri kamu. Semakin rasa bahagia itu melekat di kamu, maka otomatis kamu juga senang untuk menyelesaikan pekerjaan secara efektif. Dengan adanya membuat jadwal berbuka puasa bersama, maka kamu akan mendapatkan pahala juga.

Nantinya dari kebersamaan berbuka itu bersama teman akan menyegarkan pikiran, hal ini karena faktor saling berbagi ide cerita maupun candaan. Rasa bahagia timbul untuk  membantu kamu semakin berenergi dan kembali fokus.

Itulah tadi beberapa 7 Tips Bekerja di Bulan Puasa Agar Tetap Semangat dan Efektif, jadi kalian sekarang bisa membuktikan dengan berbagai tips-nya. Karena berpuasa bukanlah halangan untuk kamu tetap melakukan aktifitas pekerjaan. 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini