Cara Mengatasi Mata Katarak dengan Bahan Alam yang Aman

0
706
Cara Mengatasi Mata Katarak dengan Bahan Alam
Cara Mengatasi Mata Katarak dengan Bahan Alam

Koran.id – Katarak merupakan kondisi dimana lensa mati yang keruh dan buram, menyebabkan pandangan menjadi kabur atau kurang jelas. Katarak tidak hanya disebabkan oleh faktor usia, bisa juga disebabkan oleh polusi, infeksi hingga penyakit tertentu seperti diabetes. Cara mengatasi mata katarak dengan bahan alam lebih banyak dipilih dikarenakan cukup aman dan ampuh. Meskipun, proses penyembuhannya masih membutuhkan waktu yang tidak instan.

Bahan alami sejak dulu lebih dipercaya oleh masyarakat dibandingkan dengan obat dari bahan kimia. Umumnya obat dari bahan alami tidak menimbulkan efek samping berbahaya, tidak seperti obat dari bahan kimia. Untuk mengatasi mata katarak, ada beberapa pilihan obat alami yang sudah dipercaya sejak dulu. Apa saja? Mari simak ulasan di bawah in!

Cara Mengatasi Mata Katarak dengan Bahan Alam yang Ampuh

Cara paling instan untuk mengobati katarak adalah dengan jalan operasi. Cara ini tentu harus dilakukan oleh dokter spesialis, karena butuh biaya yang besar jika ingin melakukannya. Karena biaya yang dibutuhkan cukup besar untuk menjalani operasi mata katarak, membuat sebagian orang lebih memilih pengobatan secara alami.

Mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan mata, adalah cara murah dan ampuh untuk menjernihkan pandangan mata akibat katarak. Mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut secara rutin, bukan tidak mungkin akan menyembuhkan katarak yang sedang diderita. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang bisa menjadi obat katarak paling ampuh bisa dikonsumsi.

1. Wortel

Cara mengatasi mata katarak dengan bahan alam yang pertama adalah dengan sayur wortel. Sejak lama wortel terkenal sebagai jenis sayuran yang memiliki efek baik untuk kesehatan mata. Ini karena di dalam wortel terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan baik untuk ksehatan mata.

Bertkat kandungan vitamin A pada wortel tersebut, berbagai masalah atau gangguan pada mata bisa di atasi. Termasuk juga katarak juga bisa dibasmi dengan cara mengkonsumsi wortel secara rutin. Mengonsumsinya bisa dengan cara dijadikan sayur sup, jus, atau dimakan secara langsung asalkan sudah bersih.

2. Labu

Labu juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata katarak dengan bahan alam yang ampuh dan aman. Sama seperti wortel, juga punya kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan baik untuk kesehatan mata. Untuk mengkonsumsi labu, kamu bisa menjadikannya sebagai jus.

Labu dan wortel termasuk jenis buah atau sayur yang berwarna oranye. Dimana buah dan sayur yang berwarna oranye ini dipercaya sangat baik untuk kesehatan mata. Salah satu contoh lainnya adalah ubi jalar yang juga punya kandungan baik untuk kesehatan mata.

3. Bayam

Mengkonsumsi bayam setidaknya 2 porsi per hari dipercaya bisa membantu seseorang mencegah dan meredakan gejala katarak. Ini karena pada sayur bayam ini terdapat kandungan yang dinamakan karotenoid. Di dunia medis, karotenoid ini memiliki kemampuan untuk mencegah degenerasi makula dan juga pembentukan katarak. 

Bayam sendiri termasuk sayuran yang punya kandungan antioksidan dan glutathione yang sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Selain bayam, jenis makanan lain yang punya kandungan yang sama seperti, kubis, brokoli dan juga asparagus.

4. Teh hijau

Sebagian dari kalian pasti tidak menyangka kalau teh hijau juga punya efek baik terhadap kesehatan mata. Salah satunya adalah membeningkan pandangan dan memperlambat terjadinya pandangan kabur akibat katarak. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin akan membuat mata tetap sehat dan mudah, meskipun usia sudah terbilang senja.

Ini karena di dalam teh hijau terdapat kandungan Fitonutrien yang punya khasiat tersebut. Berkat kandungan tersebut menjadikan teh hijau sebagai obat katarak alami yang paling ampuh.

5. Kacang almond

Cara mengatasi mata katarak dengan bahan alam berikutnya adalah dengan kacang almond. Kacang almond ini sendiri punya kandungan asam lemak Omega 3 yang cukup kaya, serta sudah lama dipercaya sebagai obat katarak alami yang aman. Kandungan tersebut mampu mencegah peradangan yang terjadi di dalam tubuh, dengan begitu risiko katarak bisa lebih diminimalkan.

Untuk mendapatkan khasiat dari kacang almon untuk kesehatan mata, bisa dengan merendamnya terlebih dahulu selama semalam. Dan di pagi harinya bisa langsung kamu konsumsi.

6. Pepaya

Katarak sendiri disebabkan oleh penumpukan protein pada bagian lensa mata sehingga membuat pandangan kabur. Kelebihan protein tersebut ternyata bisa diminimalkan dengan mengkonsumsi buah pepaya. Bauh pepaya ini sendiri punya kandungan Papain yang memiliki kemampuan untuk mempercepat pencernaan protein. Dengan begitu, tidak akan ada lagi yang namanya protein berlebih, yang mana bisa menumpuk di lensa mata.

7. Air putih

Air putih juga bisa menjadi obat mata katarak alami yang ampuh dan aman. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat seluruh organ bekerja dengan baik pula. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan lebih terjaga. Dalam hal lain, kebutuhan asupan cairan tubuh yang terpenuhi akan memperkecil terjadinya gangguan kesehatan pada mata, termasuk juga katarak. Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 2 liter per hari.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi mata katarak dengan bahan alam paling ampuh dan aman. Terapkan cara-cara di atas agar mata senantiasa sehat dan terhindar dari yang namanya katarak.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini