Cara Mudah Cek KTP Online untuk Mengetahui Datamu Terbaru 2019

0
1586
Cara Mudah Cek KTP Online untuk Mengetahui Datamu Terbaru 2019

Koran.id – Meskipun terbilang mudah, tetapi tidak ada salahnya jika pada kesempatan yang baik ini saya kasih tahu kamu tentang cara mudahnya cek KTP online. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah lagi mengetahui datamu. Namun sebelumnya perlu untuk kamu tahu terlebih dulu bahwa, definisi dari E-KTP atau electronic – KTP ini sendiri merupakan kartu kependudukan baru yang dibuat oleh pemerintah. KTP elektronik pada dasarnya dibuat dengan dilindungi oleh sistem informasi yang akurat dan aman, juga tertib administratif.

Kamu yang berusia 17 tahun ke atas diwajibkan untuk memiliki 1 KTP yang tercantum di NIK (Nomor Induk Kependudukan). Meskipun pada akhirnya kamu nanti akan tinggal berpindah – pindah, atau bahkan punya lebih dari satu tempat tinggal, kamu hanya diperbolehkan untuk memiliki 1 KTP saja.

Mengetahui Sistem Kerja E-KTP Lebih Lengkapnya

Cek KTP Online

Sebelum saya kasih tahu Anda lebih jauh tentang cara cek KTP online dengan mudah, lebih baik ketahui terlebih dulu sistem kerja dari E-KTP itu sendiri. Pada dasarnya E-KTP ini bekerja dengan menggunakan biometrik. Tahukah kamu apa itu biometrik? Ini merupakan sistem verifikasi dan validasi sistem lewat pengenalan karakteristik fisik maupun tingkah laku seseorang.

Tentu saja akan ada banyak sekali teknik pengamanan yang diterapkan, tetapi E-KTP Indonesia menerapkan teknik menggunakan sidik jari. Sidik jari tiap – tiap orang nanti akan direkam di E-KTP. Namun demikian, tidak seluruh jari tangan tetapi hanya jempol dan telunjuk kanan saja yang direkam pada E-KTP.

Salah satu alasan kenapa pada akhirnya menerapkan autentifikasi yang berupa sidik jari ini tidak lain adalah karena biayanya yang terbilang lebih terjangkau, paling ekonomis jika dibandingkan dengan menerapkan teknik biometrik lain. Apalagi bentuknya bisa dijaga dengan baik dan unik sekali, sebab memang tiap – tiap orang tentu akan memiliki karakter sidik jari yang berbeda, sekalipun anak kembar.

Mungkin kamu salah satu diantara banyak orang yang belum tahu apakah E-KTP yang kamu miliki tersebut benar – benar asli, atau justru palsu? Makanya penting sekali bagi kamu semuanya untuk melakukan pengecekan KTP. Tanpa perlu repot – repot lagi, sebab kamu di sini bisa mengecek E-KTP via online. Jadi, simak terus yuk, panduan cek KTP via online berikut ini.

Cara Mudah Cek KTP Online untuk Mengetahui Datamu Terbaru 2019

Melalui website pemerintah daerah atau dinas terkait

Cek KTP Online

Tips cek KTP online yang pertama adalah melalui website resmi pemerintah daerah atau dinas terkait, contohnya saja seperti Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) dimana tempat kamu dulu mengurus KTP.

Cara cek KTP melalui website ini mudah sekali, sebab kamu hanya perlu membuka terlebih dulu laman Disdukcapil daerah terkait, kemudian masukkan saja nomor NIK di E-KTP kamu ke kolom yang tersedia. Jika sudah klik pada tombol Cek, lalu tunggu beberapa saat. Nanti data pribadimu akan muncul. Tapi jika kamu mendapati masalah tenyata data pribadi E-KTP tidak kunjung muncul meskipun sudah kamu tunggu dalam waktu lama, itu berarti NIK belum terdaftar dengan sistem E-KTP.

Melalui card reader E-KTP

Cek KTP Online

Cara mudah lainnya untuk melakukan pengecekan KTP via online adalah melalui card reader E-KTP. Ini merupakan salah satu alat canggih yang bisa membaca chip di dalam E-KTP yang kamu miliki secara cepat. Dengan begitu pengecekan data pun tidak hanya bisa dilakukan dengan mudah tetapi juga dengan waktu yang singkat.

Tetapi juga harus kamu tahu, ternyata pengecekan melalui card reader E-KTP ini juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya alat tersebut ternyata hanya bisa dijumpai di kantor Disdukcapil. Itu artinya apabila kamu ingin melakukan pengecekan dengan cara ini, kamu masih harus pergi menuju kantor Disdukcapil.

Namun kamu tak perlu khawatirkan masalah tersebut, sebab masih ada alternatif lain untuk cek KTP via online yang bisa kamu coba, misalnya saja melalui aplikasi cek KTP ID dan NIK Online.

Melalui aplikasi cek KTP ID dan NIK Online

Cek KTP Online

Cara ini terbilang mudah, sebab untuk mengecek KTP di sini kamu hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan di Google Play Store atau App Store. Setelah itu kamu bisa membuka aplikasinya dan melakukan pengecekan NIK, lalu klik Cek atau Cari. Hasil dari pencarian kamu nanti akan keluar beserta identitas lengkapmu. Sangat mudah, praktis, dan tentu saja bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kamu berada.

Melalui SMS atau aplikasi WhatsApp

Cek KTP Online

Untuk cara yang terakhir ini bisa dicoba lakukan ketika kamu merasa cara di atas cukup merepotkan. Di sini kamu hanya perlu mengirimkan pesan via SMS atau chat di WhatsApp. Tapi, apabila kamu ingin menggunakan cara tersebut, jangan lupa untuk menyertakan pula NIK kamu, nama lengkap, nomor KK, dan nomor telepon yang masih aktif dalam isi pesannya.

Gimana, mudah dan praktis banget kan cara cek KTP online di atas? Jadi, sebaiknya cek NIK kamu apa benar – benar sudah terdaftar secara resmi atau masih belum, sebab NIK memiliki peranan cukup penting sekali di berbagai kehidupan.

Artikel SebelumnyaCara Mengatasi Mata Katarak dengan Bahan Alam yang Aman
Artikel SelanjutnyaCara Mengatasi Flu Saat Puasa Secara Alami dan Aman
hallo... I write and travel to live. Love taking candid pics and always find time for my family coz they`re my treasure. Saya mulai aktif di dunia tulis menulis sejak 2014 dan sudah banyak artikel yang saya tulis, terutama untuk niche tekno dan kesehatan. Thank you for visiting Koran.id dan jangan lupa bagikan artikel di atas agar bermanfaat juga untuk sahabat kamu. ^_^

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini