Cara Menerbangkan Drone untuk Menghasilkan Video yang Keren

0
59
Cara Menerbangkan Drone untuk Menghasilkan Video yang Keren

Koran.id – Untuk kamu para pemula, kamu pastinya harus belajar cara menerbangkan drone dengan baik dan benar. Misalnya dengan mengikuti beberapa tips dan cara berikut ini, dengan begitu kamu bisa menghasilkan video yang keren.

Ya, seperti yang kita tahu bersama bahwa saat ini lagi ramai trend video dari ketinggian dengan menggunakan drone. Selain menghasilkan gambar yang bagus dan ciamik, dengan drone kamu bisa mendapatkan angle video yang lain dari yang biasa kamu lihat di berbagai sosial media. Tapi sayangnya, untuk mendapatkan hasil rekaman menggunakan drone yang bagus tersebut bukanlah perkara yang mudah.

Ada beberapa aturan dasar menerbangkan drone yang perlu kamu tahu. Selain bertujuan untuk mendapatkan hasil video yang bagus, aturan – aturan tersebut juga akan membantumu agar drone yang kamu miliki tidak hilang pada saat diterbangkan. Selain itu pastikan pula kamu sudah tahu dasar – dasar fotografi sehingga hasilnya bisa lebih maksimal.

Cara Menerbangkan Drone untuk Menghasilkan Video yang Keren

Cara Menerbangkan Drone untuk Menghasilkan Video yang Keren

1. Latihan Terus dan Jangan Malu untuk Belajar

Misalnya saja untuk kebutuhan fotografi, cara menerbangkan drone untuk menghasilkan foto yang keren pada dasarnya sangat berbeda sekali dari cara fotografi biasa. Dalam hal ini drone harus dioperasikan dengan sangat baik, misalnya saja dengan menggunakan remote control yang terbagi menjadi dua jenis, yakni menggunakan perangkat remote dan aplikasi dari smartphone.

Namun sebelumnya kamu harus sudah mahir terlebih dulu untuk menyeimbangkan posisi drone. Tujuannya, agar gambar yang kamu dokumentasikan tidak kabur atau blur. Oleh karenanya kamu harus berlatih terlebih dulu dengan menggunakan mini Quadcopter sejenis Hubsan X4 H107C, Syma X5C, atau Cheerson CX10.

Ini merupakan drone mini terbaik yang hadir dengan berat sangat ringan dan ukurannya sudah pasti sangat kecil sehingga memudahkan kamu untuk mengenalikannya. Apabila kamu sudah cukup mahir dengan kendali remote control, maka kamu bisa mencoba beralih menggunakan drone yang berukuan lebih besar, yang memuliki fitur lebih canggih pastinya.

2. Menyiapkan Berbagai Macam Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk mendapatkan hasil video atau pun foto yang lebih keren dan berkualitas layaknya seorang videografer profesioal, kamu juga harus menyiapkan segala yang dibutuhkan, seperti komponen atau alat pendukung untuk kebutuhan dokumentasimu nanti. Salah satu hal yang bisa dibilang paling penting adalah menjaga daya tahan baterai drone agar lebih awet digunakan.

Pastikan kamu sudah mengisi daya baterai drone dengan kapasitas cukup. Selain itu, kamu juga perlu menyediakan aliran listrik baik itu untuk mengisi ulang baterai atau pun menyediakan baterai cadangan agar lebih prakatis lagi. Untuk mobilitas di luar ruangan, lebih baik kamu sediakan baterai cadangan agar waktu beraktifitas jadi lebih efisien.

Dengan cara seperti inilah kamu tidak perlu lagi harus menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menunggu, atau pun mencari baterai pengganti saat baterai dronemu habis. Untuk berjaga – jaga, kamu juga bisa menyiapkan propeller pengganti sehingga kamu tidak akan panik lagi saat salah satunya hilang atau rusak.

3. Mengatur Resolusi Gambar Agar Memudahkan Proses Editing

Jangan lupa pula untuk melakukan pengaturan resolusi pengambilan foto atau gambar dengan dimensi yang tepat, dan sesuai dengan kebutuhanmu. Dalam hal ini kamu bisa memilih resolusi HD atau 4K, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dokumentasi yang kamu inginkan. Pengaturan resolusi gambar tersebut pastinya akan memudahkan kamu pada saat ingin melakukan proses editing dengan resolusi visual yang sesuai.

4. Memanfaatkan Mode Otomatis Agar Lebih Praktis

Sebagai pemula, tidak ada salahnya untuk menggunakan mode otomatis agar lebih praktis dan mudah. Pengembangan fitur yang disematkan pada sebuah drone saat ini sudah semakin beragam dengan berbagai macam pengaturan otomatis. Mode pengaturan otomatis tersebut tentunya dibuat agar pengguna lebih mudah saat mengeksplorasi fitur fotografi untuk menghasilkan video yang tajam, keren, dan menawan. Beberapa mode otomatis yang bisa kamu gunakan untuk mengatur gerakan drone agar lebih inovatif antara lain mode ActiveTrack, FlightAutonomu, dan Return to Home.

5. Mengidentifikasi Cuaca dan Lingkungan Sekitar

Meskipun sudah dibuat dengan desain yang bagus dan struktur tangguh, kamu tetap saja harus memperhatikan dengan baik kondisi cuaca pada saat akan mengoperasikan drone tersebut, apalagi saat ada di luar ruangan. Pastikan drone yang kamu gunakan mampu bertahan dari tekanan angin dan suhu udara.  Jangan sampai baling – baling drone tidak berfungsi dengan baik karena masalah suhu atau udara di luar ruangan. Atau, baterai dronemu yang terganggu karena tidak mampu bertahan di kondisi suhu tertentu.

Intinya, persiapan menjadi salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan agar hasil video rekamanmu menjadi lebih bagus dan keren. Dengan begitu kmu bisa langsung mengupdate atau menguploadnya di sosial media tanpa harus repot – repot mengeditnya terlebih dulu.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara menerbangkan drone untuk menghasilkan video yang keren. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini