6 Makanan dan Minuman Favorit Buruh yang Bisa Picu Penyakit

0
478
Makanan dan Minuman Favorit Buruh yang Bisa Picu Penyakit
Makanan dan Minuman Favorit Buruh yang Bisa Picu Penyakit

Koran.id – Makanan dan minuman yang kita konsumsi sudah seharusnya diperhatikan kesehatannya. Hal ini ternyata kurang menjadi perhatian khusus bagi para buruh di Indonesia. Kebanyakan dari mereka memilih makanan dan minuman sembarangan tanpa tahu efek negatif yang ditimbulkannya di kemudian hari. Alasan yang paling mendasar menerapkan gaya hidup seperti ini adalah karena desakan ekonomi. Ada beberapa jenis makanan dan minuman favorit buruh yang bisa picu penyakit. Bahkan jika dibiasakan bisa timbulkan penyakit serius.

Selain karena faktor ekonomi, faktor kesibukan juga melatarbelakangi para buruh memilih makanan dan minuman sembarangan. Apalagi penjualnya yang memang berjualan di sekitar tempat kerja, semakin membuat mereka terbiasa. Lantas, apa saja jenis makanan dan minuman favorit buruh yang bisa picu penyakit tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Makanan dan Minuman Favorit Buruh yang Bisa Picu Penyakit

6 Makanan dan Minuman Favorit Buruh yang Bisa Picu Penyakit

Mencegah lebih utama dari pada mengobati, inilah quote sederhana yang punya dampak yang besar bagi kita. Sebelum semuanya terlambat, sebaiknya kamu para buruh lebih memperhatikan kesehatan dengan menghindari makanan dan minuman yang bisa picu penyakit.  Beberapa makanan dan minuman favorit buruh yang enak namun bisa picu penyakit, antara lain:

1. Gorengan

Makanan enak kesukaan buruh namun bisa picu penyakit yang pertama adalah gorengan. Gorengan memang bisa menjadi pilihan tepat untuk dijadikan cemilan saat bekerja. Selain sebagai cemilan, ternyata tidak jarang para buruh memilih sarapan gorengan dibandingkan dengan nasi dan lauk sehat. Atau juga saat sepulang dari tempat kerja, makan gorengan plus kopi di warung tampaknya menjadi rutinitas paling nyaman bagi mereka.

Tapi tahukah kamu, gorengan ternyata mengandung lemak trans dan kolestrol yang cukup tinggi? Kedua kandungan ini jika dibiarkan terus-menerus dikonsumsi akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Tidak hanya itu, kandungan lemak trans ini juga bisa memicu kerusakan hati. Yang demikian ini ternyata bisa memperpendek usia seseorang.

2. Mie Instan

Tidak hanya menjadi favorit anak kost saja, mie instan juga sering dijadikan pilihan utama bagi para buruh. Masaknya yang praktis serta harganya yang murah, menjadi alasan utama mereka lebih memilih mie instan. Biasanya mie instan dijadikan sebagai menu sarapan atau menu makan siang saat jam istirahat.

Terlalu sering mengkonsumsi mie instan ternyata bisa memicu banyak jenis penyakit. Mulai dari penyakit Obesitas, Kolesterol Tinggi, Tekanan Darah Tinggi, dan juga penyakit stroke. Penyakit-penyakit yang disebutkan tersebut termasuk paling berbahaya dan memperbesar kematian dini.

3. Cemilan ber-MSG

Seperti yang kita tahu, MSG merupakan kandungan yang tidak baik jika terus-menerus dikonsumsi. MSG biasanya digunakan untuk bumbu cemilan seperti, keripik, cemilan cepat saji dan lain sebagainya. Cemilan sendiri memang paling enak dikonsumsi bareng rekan di sela waktu kerja.

Tapi ternyata MSG memiliki kandungan kimia yang cukup banyak dan tentunya berbahaya bagi kesehatan. Keseringan mengkonsumsi cemilan ber-MSG bisa meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, penyakit hati dan juga kanker.

4. Jeroan hewan

Di setiap warung seringkali menyediakan menu satu ini. Jeroan juga menjadi makanan favorit buruh, namun ternyata bisa memicu banyak penyakit. Saat jam istirahat, jeroan sering dijadikan menu favorit saat makan di warung. Rasanya yang enak membuat banyak orang ketagihan mengkonsumsinya.

Tapi teranyata jeroan hewan  memiliki kandungan kolesterol dan juga purin yang cukup tinggi. Terlalu sering mengkonsumsi jeroan hewan bisa berdampak meningkatnya risiko penyakit jantung, asam urat dan juga stroke. Mulai sekarang sebaiknya diminimalkan lagi mengkonsumsi jeroan hewan. Lebih baik ganti menu makan dengan lauk yang lebih sehat serta seimbang gizinya.

5. Minuman berenergi

Dengan alasan untuk meningkatkan kesegaran tubuh dan produktifitas kerja, para buruh biasanya memilih minuman berenergi. Minuman berenergi ataupun minuman bersoda memang sejenak bisa membangkitkan energi tubuh. Dengan begitu tubuh lebih siap lagi melanjutkan rutinitas kerja.

Minuman bersoda atau berenergi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Seperti yang kita tahu, kandungan gula yang tinggi bisa memicu seseorang mengalami obesitas. Apalagi jika dilakukan secara rutin, risiko menderita obesitas bisa meningkat hingga 26%.

6. Kopi instan

Di era modern seperti sekarang ini, kita tidak perlu lagi harus menyangrai kopi lalu menumbuknya untuk akhirnya diseduh dalam gelas. Cukup datang ke warung atau supermarket, disana sudah tersedia berbagai jenis kopi instan yang juga sudah dilengkapi dengan gula. Bahkan ada beberapa brand yang menyediakan kopi dalam kemasan botol yang siap diminum.

Kopi instan yang dijual bebas di warung atau super market memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Hal tersebut bisa memicu obesitas dan juga diabetes. Selain itu, Kandungan kafein yang juga tinggi bisa membuat seseorang mengalami jantung berdebar, insomnia, hingga tubuh gemetar.

Itulah tadi beberapa jenis makanan dan minuman favorit buruh yang bisa picu penyakit serius. Sebaiknya hindari mulai sekarang agar tubuh senantiasa sehat dan usia bisa lebih panjang.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini