7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Efektif

0
191

Koran.id – Kadar kolesterol di dalam tubuh sudah sepatutnya dikontrol dengan baik agar tetap stabil. Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa mengakibatkan bertumpuknya plak di dinding pembuluh darah. Jika ini terjadi dan dibiarkan hingga plak menebal, maka risiko terbesarnya adalah seseorang menderita stroke dan penyakit jantung. Karena itulah, penting sekali menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap stabil. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jenis makanan penurun kolesterol.

Memang ada beberapa jenis makanan seperti sayur dan buah yang punya khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi jenis makanan tersebut sebelum penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung datang menyerang. Untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa menurunkan kolesterol, simak ulasan di bawah ini.

7 Jenis Makanan Penurun Kolesterol Paling Efektif

1. Buah Alpukat

Jenis makanan penurun kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh yang pertama adalah buah alpukat. Alpukat tidak hanya baik untuk program penurunan berat badan, tetapi juga efektif menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Di dalam buah alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal dan juga serat yang cukup tinggi. Kedua nutrisi tersebut diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, serta meningkatkan produksi kolesterol baik atau HDL.

Pernyataan ini juga sudah dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan orang dewasa dengan kadar LDL tinggi dan menderita obesitas. Ia mengonsumsi 1 buah alpukat secara rutin setiap hari, hasilnya kadar LDL menurun drastis.

2. Ikan

Ikan juga menjadi salah satu jenis makanan sehat yang baik dalam mengontrol kadar LDL di tubuh. Ikan yang dimaksud di sini adalah ikan yang berlemak seperti ikan salmon dan juga ikan makarel. Kedua jenis ikan tersebut memiliki kandungan lemak Omega 3 yang cukup tinggi dan baik bagi penderita kolesterol tinggi. Kandungan Omega 3 ini sendiri memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL, menjaga kesehatan jantung, serta mencegah peradangan dan stroke.

Kebanyakan orang salah dalam mengolah ikan sehingga lebih memperburuk keadaan. Mengolah ikan yang baik adalah dengan cara dikukus atau direbus. Menggoreng ikan hanya akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan jenis makanan yang padat nutrisi. Mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Manfaat ini didapat dari kandungan lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalamnya. Salah satu jenis kacang-kacangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah kacang almond. Kandungan nutrisi lengkap di dalamnya mampu mengatur tekanan darah dan juga menurunkan kolesterol. Selain kacang almond, jenis-kacang-kacangan lain juga memiliki khasiat tersebut sehingga baik dikonsumsi.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan, mengonsumsi 2 hingga 3 porsi kacang per hari akan mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dengan rata-rata 10,2 mg/dl. Selain itu, mengonsumsi setidaknya 1 porsi kacang setiap hari akan mampu menurunkan risiko penyakit jantung hingga 28%.

4. Cokelat Hitam

Jenis makanan penurun kolesterol jahat atau LDL paling efektif berikutnya adalah cokelat, khususnya cokelat hitam. Mengonsumsi cokelat atau cokelat hitam akan mencegah kolesterol LDL dalam darah dari oksidasi. Seperti yang kita tahu, jika kondisi ini terjadi maka akan memicu terjadinya penyakit jantung.

Manfaat menurunkan kolesterol LDL ini juga sudah dibukti dengan sebuah penelitian. Disebutkan orang dewasa yang sehat mengonsumsi minuman cokelat sebanyak 2 kali sehari selama satu bulan. Hasilnya, kadar kolesterol jahat di dalam tubuhnya berkurang sebesar 0,17 mmol/l atau 6,5 mg/dl. Selain itu, kolesterol HDL juga meningkat serta tekanan darahnya menurun. Tapi perlu diingat, cokelat juga punya kandungan gula cukup tinggi sehingga tidak baik bagi kesehatan jantung. Solusinya adalah dengan memilih cokelat hitam yang rendah gula dan dengan kandungan cokelat lebih dari 75%.

5. Sayuran

Sayuran juga menjadi bahan makanan wajib yang harus ada di meja makan demi mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Selain khasiat tersebut, ada pula beberapa jenis sayuran yang ternyata punya khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Beberapa jenis sayuran tersebut di antaranya, terong, kentang, wortel dan juga okra. Selain itu, jenis sayuran lain yang juga kaya akan kandungan pektin juga baik dalam menurunkan kolesterol. Pektin ini sendiri merupakan salah satu jenis serat larut yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, jenis sayuran berdaun hijau gelap juga punya khasiat yang sama dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Contoh jenis sayuran tersebut seperti kangkung dan juga bayam.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk perawatan tubuh dan kecantikan kulit. Minyak zaitun dengan kandungannya ternyata juga punya khasiat baik dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, terutama kolesterol jahat atau LDL. Mulai sekarang ganti penggunaan minyak biasa dalam mengolah makanan dengan minyak zaitun.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk saat membuat hidangan tumisan atau mengganti peran dari mentega saat akan membakar daging atau roti. Dengan begitu, penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke tidak akan menghampiri kehidupan kamu.

7. Buah-buahan

Selain alpukat, ada beberapa jenis buah-buahan lain yang juga punya khasiat baik dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Beberapa jenis buah penurun kolesterol tersebut di antaranya buah apel, jeruk, anggur dan juga stroberi. Jenis buah-buahan tersebut kaya akan kandungan serat larut yang cukup efektif menurunkan kolesterol dengan cepat.

Serat larut di dalam buah-buahan tersebut salah satunya adalah pektin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pektin sendiri memang sangat efektif dalam menurunkan kolesterol LDL bahkan mencapai 10%. Selain menurunkan kadar lemak LDL, juga bisa meningkatkan lemak HDL yang memang dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah tadi beberapa jenis makanan penurun kolesterol yang paling ampuh dan efektif harus kamu konsumsi. Sebenarnya masih ada banyak jenis makanan yang punya khasiat yang sama yakni menurunkan lemak LDL, seperti kedelai, bawang putih, teh, oatmeal, delima, kelapa, brokoli dan masih banyak lagi yang lainnya. Konsumsi semua jenis makanan tersebut agar tubuh senantiasa sehat dan terhindar dari kolesterol tinggi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini