7 Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami yang Efektif

0
1279
Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami
Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami

Koran.id – Darah tinggi atau yang dikenal juga Hipertensi merupakan suatu kondisi di mana tekanan darah mengalami peningkatan pada pembuluh darah dan terjadi dalam waktu lama. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, pasalnya darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit lain, seperti stroke, diabetes, gagal ginjal, hingga jantung. Karena itulah, penting sekali untuk mengetahui cara menurunkan darah tinggi secara alami yang ampuh.

Memilih cara alami dianggap lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah, serta sangat disarankan. Selain cukup ampuh, menggunakan bahan-bahan alami juga sangat aman karena tidak menimbulkan efek samping negatif. Penasaran bagaimana cara mengatasi hipertensi secara alami yang ampuh dan efektif tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Melakukan penanganan secara cepat dan tepat terhadap hipertensi atau darah tinggi sangat penting untuk dilakukan. Karena berdasarkan data Kemkes.com hipertensi ini menjadi penyebab kematian nomor di dunia dalam setiap tahunnya. Selain menggunakan obat-obatan tertentu, kamu juga bisa menerapkan cara menurunkan darah tinggi secara alami.

1. Mengonsumsi Buah Delima

Delima
Delima

Sebagian besar dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan buah kaya manfaat satu ini. Menurut studi, buah delima ternyata juga memiliki khasiat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan efektif. Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan langsung mengonsumsi dalam bentuk bulir atau diolah terlebih dahulu menjadi jus delima segar.

Penderita darah tinggi sangat disarankan untuk mengonsumsi secangkir jus delima setiap hari selama empat minggu. Dalam jangka waktu tersebut sudah bisa dirasakan khasiat buah delima dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Sebaiknya kamu membuat jus delima sendiri di rumah, dibandingkan membeli jus delima dalam kemasan. Pasalnya, jus delima dalam kemasan sudah dicampur dengan gula sehingga nutrisinya berkurang, bahkan tidak ada sama sekali.

2. Mengonsumsi Buah Pisang

Pisang
Pisang

Bukan hanya bermanfaat untuk program diet dan kecantikan kulit, buah pisang ternyata juga ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Sangat disarankan mengonsumsi buah pisang saat sarapan pagi secara rutin agar tekanan darah tinggi menurun. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan kalium yang ada di dalam buah pisang. Jenis mineral satu ini tidak berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan natrium dan juga mengontrol keseimbangan cairan tubuh.

Agar lebih maksimal dalam cara menurunkan tekanan darah tinggi, sebaiknya kurangi kebiasaan mengonsumsi jenis makanan olahan. Lebih disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang masih segar.

3. Mengonsumsi Buah Bit

Buah Bit
Buah Bit

Bahan alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi berikutnya adalah bit. Di dalam bit terdapat kandungan bernama nitric oxide, yang mana kandungan ini punya khasiat membantu lancarnya pembuluh darah sehingga tekanan darah tinggi bisa menurun secara signifikan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, penderita hipertensi bisa mengonsumsi bit dalam bentuk campuran masakan atau dijadikan minuman jus segar. Agar lebih bervariasi, kita juga bisa mengolah bit menjadi olahan keripik yang enak dan renyah. Jika memang ingin dijadikan campuran masakan tumisan atau semur, sebaiknya masak bit dengan cara dipanggang terlebih dahulu.

4. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt
Yogurt

Cara menurunkan darah tinggi secara alami paling ampuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi yogurt secara rutin. Sangat disarankan untuk mengonsumsi 5 porsi yogurt atau lebih agar pembuluh darah semakin lancar. Jika pembuluh darah lancar tentunya tekanan darah tinggi akan semakin menurun.

Manfaat yogurt dalam menurunkan tekanan darah tinggi ini sendiri didapat dari kandungan kalsium tinggi yang ada di dalamnya. Tetapi yang perlu diingat, pilih yogurt yang mengandung rendah gula atau yang tanpa gula lebih bagus. Agar tidak membosankan, kamu bisa mencampurkan yogurt dengan bahan alami lain seperti buah segar, kacang almond, atau granola.

5. Mengonsumsi Cokelat

Cokelat
Cokelat

Sebagian dari kalian mungkin hanya tahu manfaat cokelat sebagai cara membangkitkan mood bahagia. Ternyata bukan hanya itu saja, mengonsumsi cokelat secara rutin juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada sebuah studi disebutkan bahwa cokelat yang kaya flavonoid mampu membuat menyehatkan jantung, sekaigus menurunkan tekanan darah. Lebih disarankan lagi memilih bubuk cokelat murni, karena di dalamnya punya kandungan flavonoid lebih tinggi dan bebas gula.

Tetapi yang perlu diingat, sebaiknya jangan mengonsumsi cokelat dalam porsi banyak. Pasalnya, mengonsumsi cokelat dalam posri banyak mungkin tidak akan memberikan efek menyehatkan jantung.

6. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih juga dipercaya sebagai bahan alami yang punya kemampuan menurunkan tekanan darah dengan cepat dan efektif. Ini karena bawang putih punya kandungan senyawa bernama alisin. Kandungan senyawa tersebut berkhasiat untuk melebarkan pembuluh darah, serta mencegah pembekuan darah.

Bukan hanya itu saja, bawang putih juga punya kemampuan menghancurkan lemak dan juga menurunkan kandungan kolesterol jahat atau yang dikenal dengan lemak LDL. Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan mencampurkan bawang putih pada sebuah masakan.

7. Mengonsumsi Jus Seledri

Jus Seledri
Jus Seledri

Cara menurunkan tekanan darah secara alami yang terakhir yakni dengan mengonsumsi jus seledri. Seledri sendiri sudah sejak lama dipercaya sebagai salah satu bahan obat tradisional oleh masyarakat China. Selain itu, pada sebuah penelitian juga menemukan khasiat luar biasa jus seledri dalam menurunkan tekanan darah. Disebutkan, dengan mengonsumsi jus seledri setiap hari selama satu minggu dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

Seledri punya kandungan senyawa 3-N-Butylphthalide (BNP) yang mampu melancarkan aliran darah dengan cara melebarkan otot-otot dinding arteri. Tidak hanya itu, mengonsumsi jus seledri juga mampu mengurangi hormon stres yang bisa mengakibatkan mengkerutnya pembuluh darah.

Itulah tadi beberapa cara menurunkan darah tinggi secara alami dengan cepat dan ampuh bisa kalian terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini