7 Jenis Buah Tinggi Potasium sebagai Penurun Tekanan Darah

5941

Koran.id – Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu jenis penyakit serius yang patut untuk diwaspadai. Tekanan darah tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, layaknya stroke, penyakit jantung dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi, para ahli kesehatan menyarankan agar mengonsumsi jenis buah tinggi potasium.

Sama seperti nutrisi lainnya, potasium juga menjadi salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh khususnya untuk menyeimbangkan tekanan darah. Agar tekanan darah bisa lebih stabil, disarankan untuk mencukupi kebutuhan potasium sebesar 4.700 mg per harinya. Adapun beberapa jenis buah tinggi potasium yang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi bisa disimak di bawah ini.

7 Jenis Buah Tinggi Potasium sebagai Penurun Tekanan Darah

Untuk menurunkan tekanan darah, penderita hipertensi biasanya mengonsumsi mentimun secara rutin. Mentimun sendiri memang cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah, sehingga mampu mencegah hipertensi. Akan tetapi, selain mentimun ada pula beberapa jenis buah yang punya efek sama dalam menstabilkan tekanan darah.

Jenis buah tinggi potasium disarankan para ahli sebagai cara menurunkan tekanana darah tinggi. Jenis-jenis buah untuk penderita darah tinggi tersebut, di antaranya:

1. Buah Pisang

jenis buah tinggi potasium

Jenis buah tinggi potasium yang bisa menurunkan tekanan darah yang pertama adalah buah pisang. Selain baik untuk program diet, ternyata buah pisang juga punya pengaruh baik bagi penderita hipertensi. Buah pisang punya kandungan potasium yang bisa dibilang cukup tinggi. Untuk 100 gram buah pisang saja kamu sudah bisa mendapatkan potasium sebanyak 358 gram.

Selain kandungan potasium, buah pisang juga termasuk jenis buah yang kaya akan kandungan serat. Kandungan serat ini sendiri memiliki khasiat untuk menekan kenaikan kolesterol jahat di dalam tubuh. Seperti yang kita tahu, kolesterol tinggi juga menjadi salah satu penyebab naiknya tekanan darah.

2. Buah Jeruk

Selain kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah jeruk, ternyata buah satu ini juga kaya akan kandungan potasium. Dengan begitu, buah jeruk juga berperan baik dalam menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja, buah jeruk juga memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Mengonsumsi 100 gram buah jeruk mampu mencukupi kebutuhan vitamin C dan juga mendapatkan 181 mg kandungan mineral. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa mengonsumsi buah jeruk secara langsung atau bisa dijadikan jus segar. Selain bisa menurunkan tekanan darah, mengonsumsi jeruk juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

3. Jambu Biji

Mengonsumsi jambu biji khususnya jambu merah akan berpengaruh terhadap menurunnya tekanan darah di dalam tubuh. Ini karena jambu merah punya kandungan potasium yang sangat tinggi. Jika mengonsumsi jambu biji sebanyak 100 gram, kamu sudah bisa mendapatkan sebanyak 417 mg protasium.

Selain kandungan potasium yang sangat tinggi, jambu biji juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan ini berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat tubuh tidak gampang sakit. Untuk mendapatkan manfaat dari jambu biji kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan sebagai jus. Jika memilih membuatnya menjadi jus, sebaiknya jangan tambahkan gula agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

4. Buah Alpukat

Buah alpukat mungkin lebih dikenal sebagai jenis buah yang punya khasiat baik dalam menyukseskan proram didet. Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik untuk kecantikan kulit.

Selain manfaat tersebut ternyata alpukat juga punya efek yang baik dalam menurunkan tekanan darah berkat kandungan potasium tinggi yang ada di dalamnya. Bahkan kandungan potasium di dalam alpukat lebih tinggi dibandingkan buah pisang. Dalam 100 gram buah alpukat membuatmu bisa mendapatkan sebanyak 458 mg potasium. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya sebagai smoothie yang nikmat.

Baca Juga: 7 Cara Menurunkan Darah Tinggi secara Alami yang Efektif

5. Buah Kiwi

Satu lagi jenis buah tinggi potasium yang berkhasiat baik untuk menurunkan tekanan darah yakni buah kiwi. Para penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi jenis buah ini karena tingginya kandungan potasium di dalamnya. Untuk takaran 100 gram buah kiwi diklaim mampu menghasilkan sebanyak 312 mg potasium.

Rutin mengonsumsi buah kiwi diklaim bisa menurunkan tekanan darah tinggi dengan lebih efektif. Selain punya rasa agak asam, buah kiwi juga punya efek menyegarkan bagi tubuh.

6. Buah Pepaya

Selama ini mungkin sebagian orang mengira buah papaya hanya bermanfaat sebagai obat pencahaar atau pelancar pencernaan. Padahal, masih ada kandungan nutrisi baik lain di dalam buah papaya. Salah satunya adalah kandungan potasium, di mana jumlahnya mencapai 12 persen. 

Kandungan potasium yang cukup tinggi di dalam  buah papaya berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, papaya juga cukup baik dalam menurunkan berat badan. Kamu bisa mengonsumsi buah papaya secara langsung untuk mendapatkan manfaat tersebut.

7. Buah Delima

Buah delima juga termasuk jenis buah tinggi potasium yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Masalah hipertensi bisa ditekan dan ditangani dengan sangat baik serta efektif dengan cara mengonsumsi buah satu ini.

Dalam takaran 100 gram buah delima saja, kamu sudah bisa mendapatkan sebanyak 236 miligram potasium. Dengan mengonsumsi buah delima secara rutin tentu akan cepat menurunkan tekanan darah. Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengolah buah delima menjadi salad atau smoothie yang segar dan nikmat.

Itulah tadi beberapa jenis buah tinggi potasium yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Bagi penderita hipertensi sangat disarankan mengonsumsi jenis buah di atas agar tekanan darah bisa lebih ditekan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel SebelumnyaPenyebab Wangi Parfum Cepat Hilang dan Tips Mengatasinya
Artikel Selanjutnya7 Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau yang Harus Kamu Tahu
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini