7 Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau yang Harus Kamu Tahu

1902

Koran.id – Nasi sudah menjadi makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. Tidak hanya untuk makan siang dan malam, nasi dan lauk juga menjadi santapan saat sarapan pagi. Padahal, selain nasi ada beberapa jenis makanan lain yang baik bilsa dijadikan sebagai santapan saat sarapan pagi. Salah satunya adalah bubur kacang hijau, yang mana dikenal punya kandungan yang baik untuk tubuh. Manfaat sarapan bubur kacang hijau secara rutin juga cukup banyak, terutama untuk kesehatan tubuh.

Kacang hijau ini sendiri kaya akan kandungan protein, fosfor dan juga kalsium. Ketiga nutrisi tersebut sangat berguna untuk tubuh, khususnya dalam menjaga kekuatan dan perkembangan otot serta tulang. Selain itu, kacang hijau juga kaya akan kandungan serat sehingga membuat perut kenyang lebih lama dan juga penuh energi. Mengenai manfaat sarapan bubur kacang hijau selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

7 Manfaat Sarapan Bubur Kacang Hijau yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Sarapan Pagi

Sarapan tidak melulu tentang roti dan selai, atau nasi beserta lauk pauknya. Sarapan yang baik serta menyehatkan juga bisa didapatkan dari semangkuk bubur kacang hijau. Selain kaya manfaat dan mengenyangkan, bubur kacang hijau juga punya rasa yang nikmat dan bikin nagih. Adapun manfaat sarapan bubur kacang hijau setiap pagi, di antaranya:

Manfaat sarapan bubur kacang hijau secara rutin yang pertama adalah bisa membantumu dalam menjalankan program penurunan berat badan alias diet. Ini karena kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi. Selain membuat perut kenyang lebih lama, kandungan serat yang tinggi dalam kacang hijau juga membantu proses pencernaan agar lebih lancar. Dengan begitu, program diet yang sedang kamu jalani bisa lebih terbantu.

Mengonsumsi semangkuk bubur kacang hijau tanpa menambahkan gula, membuatmu mendapatkan asupan 30 kalori dan 2 gram serat. Dengan begitu, perut akan cepat merasa kenyang namun dengan  asupan kalori yang tidak terlalu berlebihan.

Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan jika rutin sarapan bubur kacang hijau yakni bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Bahkan efek yang diberikan kacang hijau dalam menurunkan kadar kolesterol bisa dibilang sangat efektif dan aman pastinya.

Manfaat ini bisa didapat karena adanya kandungan nutrisi baik di dalam kacang hijau. Selain tinggi serat, kacang hijau ternyata juga kaya akan kandunga asam lemak omega 3, asam lemak omega 6 dan juga zat besi. Ketiga kandungan tersebutlah yang mampu menekan produksi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

Sarapan bubur kacang hijau setiap pagi juga berpengaruh baik terhadap kesehatan jantung. Ini karena di dalam kacang hijau terdapat kandungan nutrisi baik seperti, vitamin A, vitamin C, fosfor, zat besi, magnesium, kalium dan juga potasium. Beberapa kandungan nutrisi tersebut memiliki efek yang baik dalam menjaga kesehatan pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, kacang hijau juga termasuk jenis makanan yang tinggi kandungan antioksidan. Salah satunya adalah kandungan flavonoid yang ada di dalamnya, di mana kandungan tersebut berkontribusi dalam mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas dan juga penggumpalan darah.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan mampu menjaga tubuh dari paparan virus dan bakteri yang bisa menyebabkan tubuh sakit. Agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat dan terjaga, salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap asupan vitamin C setiap harinya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kacang hijau punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Mengomsumsi semangkuk bubur kacang hijau, berarti kamu sudah mencukupi sekitar ΒΌ dari total kebutuhan tubuh akan asupan vitamin C harian. Selain itu, mengonsumsi bubur kacang hijau juga mampu menjaga sel-sel tubuh dan saraf agar tetap sehat. Hal ini didapat dari kandungan vitamin B1 dan vitamin B2 yang ada di dalam kacang hijau.

Baca Juga: 7 Manfaat Bangun Pagi Secara Rutin Tidak Banyak Disadari

5. Mampu Mencegah Anemia

Anemia bisa terjadi pada tubuh yang kekurangan zat besi. Anemia atau disebut juga kurang darah menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami masyarakat kita. Agar terhindar dari anemia, salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi bubur kacang hijau saat sarapan.

Sarapan bubur kacang hijau akan mampu mencukupi kebutuhan tubuh terhadap asupan zat besi. Seperti yang kita tahu, kacang hijau termasuk salah satu makanan yang kaya akan kandungan zat besi di dalamnya. Meskipun bukan termasuk masalah serius, anemia bisa membuat seseorang kurang efektif dalam menjalani aktivitas hariannya. Mereka cenderung lemas, tidak bersemangat, dan juga sulit berkonsentrasi.

6. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat sarapan bubur kacang hijau secara rutin selanjutnya adalah bisa membuat mata tetap terjaga kesehatannya. Mengonsumsi kacang hijau secara rutin bisa menurunkan risiko mengalami degenerasi makula. Kondisi ini membuat penglihatan menjadi menurun dan biasa terjadi pada lansia.

Manfaat menyehatkan mata tersebut didapat dari kandungan karotenoid yang ada di dalam kacang hijau. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan leutin dan zeaxanthin yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menyehatkan saraf dan otot-otot pada mata.

7. Baik Bagi Ibu Hamil

Manfaat sarapan bubur kacang hijau yang terakhir yakni berkhasiat baik bagi seorang ibu hamil. Kandungan nutrisi baik di dalam kacang hijau mampu membuat sistem imun tubuh ibu hamil menjadi lebih kuat, sehingga tubuhnya tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B di dalam kacang hijau sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan sel saraf pada janin yang dikandung ibu.

Itulah tadi beberapa manfaat sarapan  bubur kacang hijau yang tidak banyak orang tahu. Mulai sekarang, rutinlah mengonsumsi bubur kacang hijau saat sarapan pagi, mengingat manfaat yang diberikannya sangatlah banyak. Semoga informasi di atas bermanfaat.  

Artikel Sebelumnya7 Jenis Buah Tinggi Potasium sebagai Penurun Tekanan Darah
Artikel SelanjutnyaIni Aroma Parfum Wanita Sesuai Zodiak dan Kepribadiannya
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini