Tips Selamatkan Handphone yang Tenggelam di Air dengan Cepat | Dijamin 100% Normal Lagi

0
446

Koran.id – Punya kebiasaan membawa handphone saat pergi ke kamar mandi? Tahu nggak sih, bahwa kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi ini pada dasarnya sangat tidak baik. Tapi entah kenapa kebiaasan tersebut sepertinya sudah menjangkit banyak orang, mungkin kamu termasuk salah satunya? Bagaimana jika handphone kesayanganmu tersebut tidak sengaja keciprat oleh air? Atau, bisa pula handphonemu basah karena masuk ke dalam bak mandi? Untungnya ada tips selamatkan handphone yang tenggelam di air dengan cepat. Dijamin 100% akan normal kembali deh!

Ya, sejak dulu sampai sekarang kebiasaan membawa handphone ke kamar mandi ini sangatlah tidak baik. Tetapi tetap saja, masih banyak dari mereka yang tidak menghiraukan imbauan tersebut. Langkah penyelamatan pertama pada handphone yang terkena air harus kamu lakukan dengan cepat dan tepat. Misalnya saja dengan mengambil handphone tersebut dari dalam air. Karena semakin lamanya handphone kamu terendam air, maka akan semakin cepat pula air masuk ke dalamnya. Tentu saja hal ini bisa berakibal fatal pada handphonemu sendiri.

Namun tidak sampai di situ saja. Pada tahapan ini handphone kesayangan kamu masih butuh upaya penyelamatan selanjutnya. Bagaimana caranya? Mari simak langkah selengkapnya berikut ini.

Tips Selamatkan Handphone yang Tenggelam di Air dengan Cepat

Tips Selamatkan Handphone yang Tenggelam di Air dengan Cepat

1. Non-aktifkan Handphone-mu dengan Segera

Sebagai langkah awal dari tips selamatkan handphone yang tenggelam di air dengan cepat dan tepat yang harus kamu lakukan adalah menon-aktifkan atau mematikan handphone tersebut dengan sesegera mungkin. Karena kamu membawa handphone ke kamar mandi dengan tujuan untuk membalas chat yang masuk, berselancar di dunia maya, dan lain – lain, maka dapat dipastikan handphone yang masuk ke dalam air tersebut dalam keadaan menyala. Jika demikian, maka kamu perlu mematikannya dengan segera.

Jika handphone-mu sudah dinon-aktifkan maka hal ini dapat mencegah memperparahnya keadaan. Ini dikarenakan listrik dan air sampai kapan pun tak akan pernah bisa disatukan dengan baik. Semakin besarnya aliran listrik di dalam handphone kamu, maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk terjadinya korsleting.

2. Cepat – Cepat Keluarkan Komponen dari Dalam Handphone-mu

Jika kamu sudah selesai di tahapan awal penyelamatan handphone yang tenggelam di air, maka selanjutnya adalah mengeluarkan komponen yang ada di dalamnya, misalnya saja SIM Card dan Micro SD. Tetapi demikian, apabila kamu punya handphone keluaran lama, maka kamu perlu mengeluarkan baterainya juga.

Kemudian jangan lupa untuk mengeringkan semua komponen tersebut dengan handuk bersih yang kering atau pun tisu. Lalu sebisa mungkin kamu keringkan bagian yang ada di dalam slot hingga airnya benar – benar tidak tersisa.

Tips Selamatkan Handphone yang Tenggelam di Air dengan Cepat | Dijamin 100% Normal Lagi

3. Bila Perlu, Masukkan Handphone-mu ke Dalam Beras

Kamu pastinya sudah sangat familiar sekali dengan cara memperbaiki HP terkena air satu ini, kan? Apabila kamu sudah mencoba tips di atas untuk mengeringkan handphone dari handuk atau tisu, maka sebagai langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengubur handphone tersebut ke dalam beras.

Tak perlu khawatir, apapun merek beras yang kamu pakai juga tidak menjadi masalah. Sebab, yang paling penting di sini adalah HP dipendam di dalam beras dengan tujuan agar bisa menyerap air yang masih tersisa di dalam komponen handphone.

Jadi, sebaiknya kamu pastikan dengan baik semua bagian handphone-mu terselimuti oleh beras. Lalu biarkan kurang lebih selama 2 – 3 hari. Kamu juga bisa membolak – balikkan handphone di setiap jam untuk memastikan agar airnya benar – benar terserap dengan sempurna.

4. Menggunakan Silica Gel

Jika kebetulan kamu memiliki Silica Gel maka ini sangat baik pula untuk dimanfaatkan menyelamatkan handphone-mu yang terkena air atau pun tidak sengaja tenggelam di dalam air. Tanpa perlu merendamnya ke dalam beras, kamu bisa menggunakan Silica Gel dalam jumlah yang banyak untuk selamatkan handphone-mu tersebut.

Tips memperbaiki smartphone basah karena air yang satu ini adalah dengan meletakkan satu paket Silica Gel di tiap – tiap sisi handphone, khususnya di bagian yang berpotensi besar di masuki oleh air. Jika sudah, biarkan kurang lebih selama 2 hari agar air terserap sempuna olehnya.

5. Menggunakan Pasir Kucing

Tips Selamatkan Handphone yang Tenggelam di Air dengan Cepat

Buat kamu nih yang suka banget memelihara kucing di rumah, tidak ada salahnya kok untuk mencoba cara satu ini. Ya, kamu bisa mencoba meminjam pasir kucing yang masih dalam keadaan bersih untuk menghilangkan air dari dalam handphone-mu.

Namun demikian, untuk bisa menyelimuti keseluruhan bagian handphone, tentu saja kamu butuh setidaknya empat cangkir pasir atau sekitar 950 mililiter. Kemudian tuangkan saja pasir tersebut ke dalam baskom, baru kamu bisa meletakkan handphone ke dalamnya dan diamkan.

6. Beberapa Hal yang Tak Boleh Kamu Lakukan

Jika tips selamatkan handphone yang tenggelam di air di atas sudah kamu coba praktekkan, maka kamu juga penting untuk mengetahui beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan pada saat handphone-mu masuk dalam air. Apa saja? Simak selengkapnya di sini!

  • Hindari memencet tombol apapun dari handphone-mu
  • Hindari menyambungkan handphone dengan charger
  • Hindari meniupnya, sebab air bisa semakin masuk ke dalam
  • Hindari menggunakan hair dryer
  • Hindari terlalu banyak menggerakkan handphone

7. Cara Mencegah Handphone dari Air

Lalu untuk solusi pencegahannya sendiri adalah dengan menghindari kebiasaan membawa handphone saat ke kamar mandi, menghindari menggunakan handphone dekat dengan kloset, dan wastafel. Selain itu, jauhkan saat kamu sedang mencuci pakaian atau piring.

Nah, itulah beberapa tips selamatkan handphone yang tenggelam di air dengan cepat. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini