Ini Dia Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Salah Satunya Punya Indonesia, Lho!

0
9299

Koran.id – Tahu nggak sih kamu kalau ternyata negeri kita tercinta ini memiliki pesawat tempur yang sudah pasti soal kecanggihannya tidak perlu diragukan lagi. Bahkan masuk dalam daftar pesawat tempur paling canggih di dunia, lho.

Jika berbicara mengenai pesawat tempur super canggih ini maka sudah pasti harga jual pesawat tempur tersebut tidaklah murah. Yang demikian setara dengan apa yang ditawarkan oleh pesawat itu sendiri. Perlu untuk diketahui saja bahwa pesawat tempur ini merupakan salah satu aset militer yang tentunya memiliki peranan cukup penting bagi negara. Tidak heran jika pada akhirnya tiap – tiap negara pasti memiliki pesawat tempur yang tentunya digunakan di medan pertempuran.

Tanpa pesawat tempur bisa dikatakan negara tersebut bisa jadi target empuk serangan paling parah dalam sebuah kasus peperangan dunia. Makanya, tiap – tiap negara yang ada di dunia diharapkan untuk mendapatkan atau memiliki pesawat tempur terbaik, tercanggih, dan pastinya sulit untuk dileburkan.

Ini Dia Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia, Salah Satunya Punya Indonesia, Lho!

Ya, terlepas dari kemampuan dasar yang dimiliki pesawat tempur pada umumnya, biasanya pesawat yang memang dibuat secara khusus untuk medan pertempuran ini merupakan pesawat tempur yang superior. Itu artinya pesawat tersebut benar – benar hadir dengan segala teknologi super canggih. Pesawat tempur tersebut bahkan harus memenuhi standar pembuatan pesawat tempur pada umumnya. Misalnya saja harus bisa mengangkat beberapa senjata sekaligus.

Nah, tanpa perlu berlama – lama lagi berikut ini ada beberapa ulasan menarik mengenai pesawat tempur paling canggih di dunia yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

1. Sukhoi SU – 35

Sukhoi SU - 35

Tidak hanya menjadi salah satu pesawat tempur paling canggih di dunia, ternyata Sukhoi SU – 35 juga termasuk salah satu pesawat tempur paling mahal di dunia. Bagaimana tidak, pesawat tempur tersebut dihargai cukup mahal, yakni Rp 918 miliar. Tentunya untuk membeli Sukhoi SU – 35 bukanlah hal yang mudah, namum demikian seiring dengan mahalnya harga yang ditawarkan oleh pesawat tempur ini tentu saja sudah sangat setara dengan kehebatan yang dimilikinya.

Hal unik dan menarik dari pesawat tempur tersebut ternyata namanya kerap kali disebut – sebut di tiap portal berita online maupun majalah milier. Memiliki bobot kurang lebihnya sekitar 17 ribu kg. Sejatinya pesawat dengan nama Sukhoi SU – 35 ini dibuat di era Uni Soviet untuk dapat bersaing dengan F – 14 Tomcat, F – 16 Fighting Falcon, dan F – 15 Eagle milik Amerika Serikat. Jadi jelas terlihat bahwa Sukhoi SU – 35 ini merupakan produk kelanjutan dari SU – 27.

Sudahkah kamu tahu bahwa ternyata pesawat canggih dan mahal tersebut Indonesia juga memilikinya, lho. Sukhoi SU – 35 dilengkapi dengan radar Multi Mode, Detektor Inframerah, dan beberapa senjata yang telah diperbaharui. Tidak hanya itu, pesawat untuk bertempur satu ini juga sudah dilengkapi dengan 2 buah mesin Saturn 117S plus Turbofan TVC. Tentu saja burung besi super canggih tersebut mampu melesat dengan sangat cepat, yakni 2.390 km per jam. Pesawat tempur ini dikabarkan akan hadir di Indonesia pada Agustus 2019 mendatang.

2. McDonnell – Douglas F/A – 18E Super Hornet

McDonnell - Douglas F/A - 18E Super Hornet

Menyandang status sebagai pesawat tempur terbaik di dunia dan termahal, inilah McDonnell – Douglas F/A – 18E Super Hornet yang juga dihargai sebesar Rp 91 miliar. Seperti nama yang diusungnya, ini merupakan jenis pesawat untuk bertempur yang memiliki kecepatan super sonik, dimana pesawat tempur tersebut dapat dioperasikan melalui kapal induk di segala cuaca ekstrim sekalipun.

Namun saat ini, McDonnell – Douglas F/A – 18E Super Hornet juga dijadikan sebagai kendaraan tempur pengawal pertahanan udara di sebuah negara. Bahkan mereka pun tak segan – segan untuk menghadang di posisi pertama dari pesawat – pesawat asing yang melanggar batasan teritorial. Dengan bobot mencapai 23 ribu kg, pesawat tempur tersebut dibekali dengan mesin ganda, yakni General Electric F404 – GE – 402 Turbofans.

Memiliki kecepatan maksimum hingga 1.915 km per jam, tentunya McDonnell – Douglas F/A – 18E Super Hornet akan sanggup mengangkut persenjataan yang mumpuni. Tetapi demikian, ternyata McDonnell – Douglas F/A – 18E Super Hornet juga kerap kali menerima kritikan atas kelemahannya dalam daya jelajah.

3. Dassault Rafale

Dassault Rafale

Dihargai lebih murah dari kedua pesawat tempur di atas, yakni ada pada kisaran harga Rp 1.3 trilium inilah pesawat tempur milik Perancis yang juga tidak kalah canggihnya. Dassault Rafale merupakan pesawat tempur terbaik yang ternyata sudah digunakan kurang lebih selama 17 tahunan. Pesawat hasil garapan Dassault Group tersebut pada dasarnya dirancang secara khusus sebagai pesawat yang berpangkalan di daratan atau pun di kapal induk.

Kabar baiknya, karakteristik pesawat tempur ini ternyata agak mirip dengan Super Hornet. Namun demikian, teknologi yang dibenamkan di dalamnya sudah pasti sangat berbeda. Jika berbicara bagian jeroannya, Dassault Rafale membawa mesin ganda Snecma M88 – 2 Turbofan. Pada saat melakukan penerbangan yang tinggi, pesawat tersebut dapat melaju hingga menyentuh kecepatan 2.390 km per jam, lho.

4. Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon

Lalu diposisi selanjutnya ada Eurofighter Typhoon yang dihargai sebesar Rp 1.38 triliun. Banyak sekali yang bilang bahwa pesawat tempur tersebut mirip Dassault Rafale dan Saab Gripen di Swedia jika berbicara mengenai rancangannya. Intinya, pesawat tempur tersebut dibuat sedemikian rupa agar tetap lincah di medan peperangan. Hadir dengan fitur Stealth, pesawat ini diprediksikan akan terus dioperasikan hingga tahun 2040 mendatang.

Bisa dibilang, Eurofighter Typhoon merupakan jet tempur terbaik di dunia yang dibuat oleh Britania Raya. Eurofighter Typhoon bahkan sudah banyak digunakan di beberapa negara Eropa. Tetapi demikian, ternyata Arab Saudi juga memiliki jet tempur terbaik satu ini.

Terlepas dari itu semua, Eurofighter Typhoon dibuat dari Komposit Serat Karbon, plus Aluminium Lithium, Glass Reinforced Plastic, Titanium, dan Aluminium Casting. Pesawat ini bahkan sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur super canggih, yakni teknologi Siluman termasuk di dalamnya ada Radar Frontal Penampang Rendah, kemampuan Supercruise, dan Sensor Pasif.

5. Lockheed Martin F – 22 Raptor

Lockheed Martin F – 22 Raptor

Satu lagi nih pesawat tempur termahal sejagat yang juga menjadi salah satu pesawat tempur tercanggih di dunia adalah Lockheed Martin F – 22 Raptor. Pesawat tempur yang berasal dari Amerika Serikat tersebut bisa dibilang merupakan jenis pesawat tempur paling superior untuk menandingi pesawat tempur Rusia.

Lihat saja konstruksi raptornya terdiri atas, 39 persen Titanium, 16 persen Aluminium, 24 persen Komposit, dan 1 persen Temoplastik Berat. Sementara itu untuk rangkanya sendiri Lockheed Martin F – 22 Raptor dibuat dari Serat Karbon yang digunakan pula untuk rangka mesin pada mobil Lamborghini. Tidak hanya itu, ternyata Lockheed Martin F – 22 Raptor juga punya fitur Siluman terbaik. Jadi jangan heran jika pesawat tempur satu ini memang  sulit dideteksi oleh Radar.

Nah, itulah beberapa pesawat tempur paling canggih di dunia, salah satunya adalah punya Indonesia. Namanya juga alat tempur sudah pasti dibuat secanggih mungkin dan harganya juga mahal. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini