Inilah Teknologi Tercanggih di Dunia yang Memanfaatkan Nuklir, Kamu Sudah Tahu?

0
137
Inilah Teknologi Tercanggih di Dunia yang Memanfaatkan Nuklir, Kamu Sudah Tahu?

Koran.id – Berbicara mengenai nuklir pastinya yang pertama kali muncul di pikiran kita adalah hal – hal yang berbau negatif. Sejak diciptakannya, teknologi nuklir memang menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat juga ilmuwan. Masihkah kita ingat dengan bom atom yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki kala itu? Yang mana hal tersebut menimbulkan banyak sekali korban jiwa. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata teknologi nuklir ini memiliki sisi baiknya juga lho. Ya, kini semakin banyak pula diciptakannya teknologi tercanggih di dunia yang memanfaatkan nuklir sehingga bisa dinikmati oleh manusia. Penasaran, apa saja teknologinya? Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Teknologi Tercanggih di Dunia yang Memanfaatkan Nuklir

Lain halnya dengan jenis teknologi terbaik lain yang mayoritas memanfaatkan energi listrik. Teknologi tercanggih di dunia berikut ini ternyata menggunakan energi nuklir. Ini merupakan jenis energi hasil reaksi inti atom yang saling bertubrukan. Teknologi nuklir pada dasarnya bisa dijumpai di berbagai jenis alat – alat, mulai dari yang paling sederhana seperti Detektor Asap, hingga sesuai yang besar seperti Pembangkit Listrik. Tanpa harus berlama – lama lagi, berikut jenis teknologi nuklir terbaik yang bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia perlu kamu tahu.

1. Obat Pereda Nyeri Kanker

Obat Pereda Nyeri Kanker

Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu kalau ternyata ada nih jenis teknologi canggih dan terbaik di dunia yang dalam pembuatannya memanfaatkan nuklir. Salah satunya adalah Obat Pereda Nyeri Kanker. Sebagai informasi tambahan, teknologi nuklir pada dasarnya diketahui bisa meringankan jenis penyakit kanker. Seperti yang kita tahu bahwa kanker merupakan jenis penyakit paling mematikan. Seseorang yang menderita sakit kanker biasanya akan alami rasa nyeri hebat di sekujur tubuhnya. Nah, salah satu penawar rasa nyeri kanker adalah obat Analgesik dan pereda sakit akibat kanker sendiri adalah Morfin.

Baru – baru ini BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) telah berhasil memproduksi obat nuklir yang diberi nama sebagai ‘Samarium (Sm) 153 EDTMP’. Ini merupakan obat kanker ampuh yang bisa digunakan dalam terapi Paliatif bagi penderita kanker. Terapi Paliatif sendiri adalah jenis terapi kanker terbaik yang akan membantu menghilangkan rasa sakit jangka panjang yang dijalani penderita kanker. Obat Morfin hanya bisa menghilangkan rasa sakit dalam jangka pendek. Sementara itu obat Samarium (Sm) 153 EDTMP yang dibuat dari teknologi nuklir tersebut mampu menghilangkan rasa sakit dalam waktu lama, yakni sekitar 1 – 2 bulan.

2. Teknologi Pangan

Teknologi Pangan

Lalu untuk selanjutnya teknonogi tercanggih di dunia lain adalah Teknologi Pangan. Ya, tidak hanya untuk manusia saja tetapi tumbuh – tumbuhan pun juga bisa bermutasi jika diekspos oleh radiasi. Gunanya teknologi ini tidak lain untuk menciptakan tumbuhan yang sifatnya baik, alias bibit unggul. Radiasi dimanfaatkan untuk merubah DNA tumbuh – tumbuhan. Dengan mengekspos bibit dengan dosis radiasi, maka para petani bisa sebabkan mutasi genetik dalam biji mereka dengan sengaja.

Mutasi ini ternyata tidak sama seperti yang ada di film – film pada umumnya. Mutasi dari radiasi tentu saja bisa membantu para petani untuk mengembangkan sifat – sifat tanaman yang berguna. Contohnya saja seperti kebal terhadap seranga hama, serangga, dan pestisida. Peranan teknologi nuklir dalam hal ini akan meningkatkan kualitas dan jumlah pangan, dengan begitu kita tidak akan kehabisan bahan makanan.

3. Teknologi Pendeteksi Asap

Teknologi Pendeteksi Asap

Sejak dulu sampai sekarang kebakaran memang selalu menjadi salah satu jenis bencana paling umum terjadi di rumah tangga. Asap dan sumber panas yang tidak terdeteksi dengan baik merupakan cikal bakal dari terjadinya kebakaran yang akan melahap sebuah rumah atau bangunan. Fungsi teknologi satu ini pastinya akan terasa banget, baik di rumah atau gedung – gedung bertingkat. Tapi tahu nggak sih kalau ternyata Teknologi Pendeteksi Asap tersebut juga memanfaatkan teknologi nuklir yang mungkin kamu anggap berbahaya.

Setidaknya ada dua jenis Detektor asap terbaik yang harus kamu tahu, yakni Detektor Photo Electric dan Detektor Ionisasi. Khususnya untuk jenis Detektor Ionisasi ini sendiri ternyata menggunakan prinsip ionisasi radiasi dari beberapa bahan radioaktif dalam jumlah kecil, untuk kemudian digunakan mendeteksi keberadaan asap atau sumber panas. Detektor jenis Ionisasi bahkan punya sedikit unsur Uranium yang bernama Amerisium 241 sumber radiasi Alpha. Meskipun menggunakan radiaktif, tetapi pada kenyataannya radiasi yang dipancarkan Detektor Asap tersebut sangat kecil dan tidak membahayakan bagi kesehatan manusia.

4. Sinar X atau Rontgen

Sinar X atau Rontgen

Ini merupakan salah satu jenis teknologi nuklir terbaik dan canggih yang paling sering digunakan oleh manusia. Biasanya dikenal dengan nama teknologi X-Ray atau Sinar-X, fungsi dari penggunaan teknologi tersebut adalah untuk deteksi penyakit atau anomali di dalam tubuh manusia tanpa proses pembedahan. Teknologi Rontgen nanti akan bekerja mengirimkan Sinar-X dengan radiasi yang bisa menembus tubuh. Sehingga dokter akan tahu penyakit apa yang bersarang di dalam tubuh pasiennya hanya melihat foto Sinar-X.

Meskipun bermanfaat, tetapi penggunaannya yang terlalu sering ternyata bisa sebabkan reaksi kimiawi yang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut bahkan bisa berakibat buruk pada rantai DNA manusia. Dimana semakin banyaknya DNA yang bermutasi, maka akan semakin besar pula sistem tubuh akan terkena penyakit berbahaya, seperti kanker.

5. Teknologi Pembangkit Listrik

Teknologi Pembangkit Listrik

Menjadi salah satu kebutuhan utama bagi kehidupan manusia. Tanpa listrik, manusia yang hidup di zaman modern seperti sekarang sepertinya tidak bisa melakukan kegiatanya sebagaimana mestinya. Pembangkit listrik yang digunakan sehari – hari saat ini masih memanfaatkan penggunaa batu bara sebagai bahan bakar. Pembakaran batu bara dapat menghasilkan CO2 juga polusi yang tentu saja semakin membahayakan bagi kesehatan manusia itu sendiri.

Nah, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan Teknologi Pembangkit Listrik yang menggunakan teknologi nuklir, atau yang sekarang dikenal dengan nama PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) yang menggunakan bahan bakar uranium. Bahan bakar teknologi listrik tersebut diklaim tidak akan pernah ada habisnya seperti batu bara. Uranium yang sudah habis pun bahkan bisa digunakan dengan cara didaur ulang kembali untuk menghasilkan bahan bakar baru.

Nah, itu dia beberapa teknologi tercanggih di dunia yang memanfaatkan nuklir harus kamu tahu. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini