7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

0
1107

Koran.id – Kelor sudah menjadi salah satu jenis tanaman paling familiar di Indonesia. Di mana tanaman jenis ini sering dimanfaatkan daun dan buahnya untuk dikonsumsi. Daun kelor juga erat kaitannya dengan hal-hal mistis. Masyarakat kita mempercayai kalau daun kelor bisa dimanfaatkan sebagai metode pengusiran makhluk-makhluk halus. Selain itu, manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh juga cukup banyak, bahkan sangat jarang orang tahu.

Manfaat luar biasa dari daun kelor ini tidak lain karena kandungan gizi baik yang ada di dalamnya. Daun kelor dipercaya bisa dijadikan sebagai obat herbal dari berbagai jenis penyakit dan juga diklaim memiliki kemampuan membantu perkembangan tubuh. Manfaat ini sediri sudah dibenarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Adapun khasiat daun kelor bagi kesehatan selengkapnya, bisa disimak di bawah ini!

7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan Tubuh

Berkhasiat baik untuk kesehatan tubuh, dikarenakan daun kelor merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan baik yang ada di dalam daun kelor seperti, protein, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan juga riboflavin. Kandungan gizinya yang cukup lengkap tersebut, tidak heran kalau daun kelor sering dijadikan bahan untuk obat tradisional. 

Adapun beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh selengkapnya, antara lain:

1. Sebagai Antioksidan

Mafaat daun kelor bagi kesehatan yang pertama adalah bertindak sebagai antioksidan alami tubuh. Beberapa senyawa antioksidan yang ada di dalam daun kelor, yakni vitamin C dan beta-karoten. Selain itu, terdapat pula kandungan Quercetin yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah, serta asam klorogenik yang membantu tingkat gula darah moderat sehabis makan.

Seperti yang kita tahu, antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh guna untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Jika ini tidak dilawan, maka radikal bebas bisa merusak sel-sel dalam tubuh sehingga menyebabkan tumbuhnya berbagai penyakit kronis seperti, penyakit jantung, diabetes tipe 2 hingga kanker.

2. Sebagai Obat Kanker

Daun kelor juga dipercaya bisa mencegah dan mengobati penyakit kanker dengan lebih efektif. Hal ini dikarenakan adanya kandungan niazimicin yang ada di dalam daun kelor tersebut. Kandungan niazimicin ini sendiri memang merupakan salah satu senyawa yang berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, terdapat pula kandungan beta-sitosterol yang berkhasiat untuk menghambat serta mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan usus besar. Tidak hanya itu saja, kandungan ini juga punya kemanpuan lain, yakni meningkatkan sistem imun tubuh, sebagai penyembuh luka, membuat gula darah lebih stabil, mengatasi kram dan lain sebagainya.

3. Sebagai Obat Penurun Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi merupakan kondisi yang sangat dikhawatirkan oleh banyak orang. Karena itulah, penting untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah agar tetap stabil dan normal. Salah cara untuk menyeimbangkan kadar gula darah adalah dengan mengonsumsi daun kelor, baik dalam bentuk teh ataupun sayur. Mengonsumsi daun kelor secara rutin diklaim akan mampu menurunkan kadar gula darah lebih cepat dan efektif.

Tidak hanya di Indonesia, di India juga banyak penduduknya yang memanfaatkan daun kelor sebagai obat herbal untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh. Hasilnya sangat efektif dan ampuh, kadar gula menjadi lebih seimbang.

4. Baik untuk Ibu Menyusui

Bagi ibu yang ada dalam masa pemberian ASI eksklusif sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kandungan baik yang ada di dalam daun kelor bisa membantu ibu dalam menucukupi gizi hariannya. Selain itu, daun kelor juga bisa mendukung laktasi dan ini sudah dibuktikan secara ilmiah.

Ibu menyusui yang rajin mengonsumsi daun kelor akan membantu dalam kelancaran laktasi. Pada sebuah penelitian yang dilakukan, daun kelor ternyata bisa bertindak sebagai galaktagog dalam hal kelacaran laktasi tersebut.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh yang juga jarang orang tahu yakni mampu menjaga kesehatan pencernaan. Khususnya bagi para penderita penyakit maag, sangat disarankan untuk mengonsumsi daun kelor secara rutin. Daun kelor ini sendiri punya sifat anti-inflamasi, di mana hal ini akan membantu meredakan gejala sakit maag dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik lagi. Beberapa gangguan lain yang sering terjadi di lambung juga bisa diobati dengan daun kelor, seperti sembelit, colitis ulserative dan juga gastritis.

Selain sebagai anti-inflamasi, daun kelor juga bersifat antibakteri dan antibiotik sehingga akan membantu memperlambat pertumbuhan pathogen. Ada pula kandungan vitamin B, di mana kandungan ini mempunyai fungsi untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

6. Sebagai Penurun Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh sudah seharusnya dalam kondisi normal, tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh perlu diwaspadai agar tidak menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, kondisi akan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mengonsumsi daun kelor baik diolah menjadi teh, dikonsumsi ekstraknya atau menjadikannya sayur diklaim akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penyataan ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan hewan dan manusia sebagai objek percobaannya.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Dan manfaat terbaik dari daun kelor bagi kesehatan tubuh adalah memiliki efek menyehatkan mata. Mengonsumsi daun kelor diklaim mampu menekan risiko gangguan pada penglihatan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam daun kelor. Antioksidan juga berfungsi untuk melawan radikal bebas agar tidak menyerang sel-sel utama dalam tubuh.

Ada banyak khasiat bagi mata yang bisa didapat jika kamu rutin mengonsumsi daun kelor, mula dari mencegah disfungsi retina, pencegah melebarnya pembuluh retina dan juga mencegah melebarnya membrane kapiler. Ternyata selain wortel dan pepaya, daun kelor juga punya khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan mata, ya?

Itulah tadi beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang tahu. Sebagian dari kamu mungkin hanya mengira daun kelor sebagai pengusir makhluk halus atau aura negative pada jenazah. Tetapi ternyata, daun kelor punya khasiat yang lebih besar dari itu. Mulai sekarang konsumsi daun kelor agar bisa mendapatkan manfaat baiknya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini