7 Manfaat Minyak Telon Bagi Tubuh Bayi dan Orang Dewasa

0
89

Koran.id – Minyak telon sangat identik dengan bayi, di mana para ibu biasanya senantiasa mengoleskan minyak telon ini pada tubuh bayi sehabis mandi. Tujuannya adalah menjaga suhu badan bayi tetap hangat dan terjaga kelembapannya. Tetapi ternyata minyak telon juga bisa digunakan pada orang dewasa lho. Manfaat minyak telon bagi tubuh cukup banyak, dikarenakan kandungan alami yang ada di dalamnya.

Minyak telon ini sendiri terbuat dari bahan-bahan alami yang memang baik untuk tubuh, yakni minyak kayu putih, minyak kelapa dan juga minyak adas. Inilah alasannya kenapa jenis minyak satu ini diberi nama minyak telon (serapan dari bahasa jawa “telu” atau tiga). Campuran dari ketiga bahan alami tersebut membuatnya memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Informasi selengkapnya mengenai khasiat minyak telon bagi tubuh bisa kalian simak di bawah ini.

7 Manfaat Minyak Telon Bagi Tubuh Bayi dan Orang Dewasa

Manfaat Minyak Telon untuk Tubuh
Manfaat Minyak Telon untuk Tubuh

1. Mengobati eksim di kulit

Manfaat minyak telon bagi tubuh bayi dan orang dewasa yang pertama adalah sebagai obat untuk menyembuhkan gejala dermatitis atopik atau eksim. Biasanya ditandai dengan ruam merah yang terdapat bagian permukaan kulit. Masalah seperti ini memang sering dialami oleh seorang bayi, karena itulah penggunaan minyak telon merupakan langkah yang paling tepat untuk mengatasinya.

Manfaat ini sendiri dihasilkan dari salah satu bahan alami dari minyak telon yakni minyak kelapa. Minyak kelapa ini sendiri diklaim memiliki kemampuan untuk menurunkan indeks SCORAD atau Scoring of Atopic Dermatitis. Pernyataan ini merupakan hasil penilitian yang dirilis oleh Journal of International Dematology. Meski begitu, minyak telon sebagai obat eksim perlu penilitian lanjutan untuk memastikan kebenarannya. Alangkah lebih baiknya kalau kita berkonsultasi ke dokter spesialis untuk penanganan eksim yang lebih tepat.

2. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Minyak telon juga dipercaya punya khasiat nyata dalam mencegah dan menghilangkan jerawat di wajah. Bahkan cara kerjanya dalam mengatasi jerawat di wajah bisa dibilang sangat efektif dan cepat. Untuk manfaat satu ini dikaitkan dengan salah satu bahan alami di dalam minyak telon yakni minyak adas.

Minyak adas yang memiliki sifat antibakteri diklaim bisa mengatasi permasalahan jerawat di wajah yang umumnya memang disebabkan oleh infeksi bakteri. Khasiat ini sendiri sudah dibuktikan oleh sebuah penilitian di Iran pada tahun 2016 lalu, menyatakan minyak adas punya sifat antibakteri yang kuat. Sementara penelitian yang dilakukan di Mesir pada tahun 2012 menemukan sifat antiinflamasi pada minyak adas. Seperti yang kita tahu, munculnya jerawat di wajah juga bisa disebabkan oleh inflamasi atau peradangan.

3. Membuat Kulit Tetap Lembap

Bagi bayi atau orang dewasa yang punya kulit kering, disarankan untuk mengoleskan minyak telon ke kulit. Pasalnya, minyak telon ini punya efek yang baik dalam menjaga kelembapan kulit. Tidak lain karena adanya kandungan minyak kelapa di dalam minyak telon tersebut. Hal ini juga diperkuat oleh sebuah studi di Filipina pada tahun 2004, menyatakan minyak kelapa memang bisa meningkatkan kelembapan kulit, khususnya bagi pemilik kulit kering.

Hanya sanja, hal ini perlu diteliti lebih lanjut apa memang kandungan minyak kelapa dalam minyak telon juga punya khasiat yang sama dengan minyak kelapa pada umumnya.

4. Membuat Tubuh Terasa Lebih Hangat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tujuan para orangtua mengoleskan minyak telon pada kulit bayi adalah untuk membuatnya merasa hangat dan nyaman. Tidak hanya bagi seorang bayi saja, manfaat ini juga bisa ditujukan bagi orang dewasa. Saat kamu merasa kedinginan, cobalah untuk mengoleskan minyak telon ini ke permukaan kulitmu, dijamin tubuh akan terasa lebih hangat dan nyaman pastinya.

Pengaplikasian minyak telon guna membuat tubuh lebih hangat juga bisa dilakukan saat sakit. Di mana dalam kondisi ini tubuh terkadang merasa kedinginan yang berlebih, minyak telon akan membantu membuatnya lebih hangat.

5. Untuk Menghalau Serangga

Penggunaan minyak telon terhadap tubuh bayi tidak hanya bertujuan untuk membuat tubuhnya hangat, melainkan juga untuk mencegah gigitan serangga seperti nyamuk. Berbeda dengan orang dewasa, bayi tidak bisa menghalau sendiri ketika ada jenis serangga yang menggigitnya, baik semut atau nyamuk. Karena itulah, pengaplikasian ini akan membantunya untuk menghalau serangga-serangga tersebut.

Alasan minyak telon bisa menghalau serangga adalah karena aromanya yang cukup kuat. Aroma kuat seperti ini memang tidak disukai oleh serangga, khususnya nyamuk sehingga mereka tidak akan hinggap dikulit kita. Berbeda dengan manusia yang justru sangat suka dengan aroma minyak telon tersebut.

6. Melegakan Sistem Pernapasan

Manfaat minyak telon untuk tubuh yang tidak kalah pentingnya adalah mampu melegakan sistem pernapasan. Khasiat ini sendiri tidak hanya berlaku bagi seorang bayi saja, melainkan juga pada orang dewasa yang punya masalah dengan sistem pernapasannya.

Ketika mengalami kondisi tertentu seperti flu, pilek atau menderita asma, hal tersebut akan membuat saluran pernapasan seperti tersumbat sehingga membuat kita susah untuk bernapas. Untuk melegakannya bisa dengan menghirup atau mengoleskan minyak telon pada bagian tubuh tertentu seperti daerah tenggorokan hingga dada. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan bahan alami minyak kayu putih yang ada di dalamnya. Minyak kayu putih dengan sifat dekongestannya mampu mengatasi penyumbatan pada saluran pernapasan.

7. Mengatasi Masuk Angin

Dan manfaat minyak telon bagi tubuh yang terakhir adalah mampu mengatasi masuk angin dengan cepat dan efektif. Lagi-lagi manfaat ini didapat dari kandungan minyak kayu putih yang menjadi campuran minyak telon. Sudah sejak lama masyarakat kita mempercayai kalau kayu putih bisa menjadi obat untuk mengatasi gejala masuk angin, seperti batuk, bersin-bersin, meriang, hingga hidung tersumbat.

Memang benar, minyak telon sendiri punya efek menghangatkan bagi tubuh sehingga gejala masuk angin bisa diatasi. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas, minyak kayu putih punya sifat dekongestan yang mampu melegakan saluran pernapasan yang tersumbat. Meski demikian, masih diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk memastikan manfaat minyak telon dalam mengatasi gejala masuk angin ini.

Itulah tadi beberapa manfaat minyak telon bagi tubuh bayi dan orang dewasa perlu kamu tahu. Jadi, minyak telon tidak hanya bisa digunakan pada bayi saja, melainkan pada orang dewasa juga. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini