7 Cara Mengobati Angin Duduk yang Paling Efektif dan Ampuh

0
273
Cara Mengobati Angin Duduk

Koran.id – Angin duduk merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa mengancam nyawa penderitanya. Angin duduk terjadi ketika pembuluh darah koroner mengalai pengerasan dan penyempitan sehingga menyebabkan kurangnya asupan oksigen ke bagian otot-otot jantung. Kondisi seperti ini mengakibatkan aliran darah yang membawa oksigen menjadi terhambat dan menimbulkan gejala seperti nyeri di bagian dada dan menyalur kebagian tubuh lainnya. Lantas, bagaimana cara mengobati angin duduk tersebut?

Pengobatan yang lebih dini sangat diperlukan agar angin duduk tidak semakin parah dan bisa mengancam jiwa seseorang. Ketahui pula penyebab angin duduk agar kamu bisa melakukan pencegahan lebih dini. Untuk informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

7 Cara Mengobati Angin Duduk yang Paling Efektif dan Ampuh

Cara Mengobati Angin Duduk yang Paling Efektif

Saat angin duduk menyerang seseorang, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti, nyeri dibagian dada hingga punggung, pusing, mual, terasa lelah dan juga gelisah. Penyebab  angin duduk sendiri seperti yang dijelaskan di atas adalah karena terjadinya penyempitan dan pengerasan di bagian pembuluh darah koroner. Dan beberapa hal yang menyebabkan pembuluh darah koroner mengalami penyempitan serta pengerasan, antara lain:

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Stress
  3. Diabetes
  4. Obesitas
  5. Kolesterol tinggi
  6. Riwayat penyakit jantung
  7. Kurangnya berolahraga
  8. Kebiasaan merokok
  9. Dan faktor usia

Dari beberapa penyebab di atas, bisa disimpulkan dengan menerapkan gaya hidup sehat adalah cara utama untuk menghindari tubuh terkena penyakit angin duduk. Menerapkan gaya hidup sehat bisa tidak hanya bisa mencegah angin duduk, melainkan juga jenis penyakit berbahaya lainnya.

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, waktunya kamu mengetahui bagaimana cara mengobati angin duduk yang ampuh. Adapun cara-caranya tersebut, antara lain:

1. Mengonsumsi obat pencegah pembekuan darah

Cara mengobati angin duduk paling efektif yang pertama perlu kamu terapkan adalah dengan mengonsumsi obat pencegah pembekuan darah. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab seseorang mengalami angin duduk adalah karena pembekuan darah. Karena itulah, obat pencegah terjadinya pembekuan darah perlu kamu manfaatkan untuk menghindari angin duduk.

Beberapa jenis pencegah pembekuan darah tersebut adalah dari golongan clopidogrel dan ticagrelor. Kedua golongan obat-obatan tersebut memiliki kemampuan untuk memecah keping darah sehingga tidak membuatnya berkumpul dan akhirnya terjadi pembekuan.

2. Minum obat nitrat

Obat nitrat juga bisa kamu jadikan sebagai obat angin duduk yang paling ampuh dan efektif. Obat nitrat sendiri memang sangat direkomendasikan untuk mengobati angin duduk karena kemampuannya yang cukup baik dalam melebarkan pembuluh darah koroner yang sebelumnya mengalami penyempitan.

Obat nitrat juga bisa dijadikan sebagai obat pencegah angin duduk. Ini tentu sangat direkomendasikan bagi kamu yang punye riwayat penyakit angin duduk agar tidak mengalaminya juga. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab angin duduk salah satunya karena faktor genetik atau keturunan.

3. Minum obat penghambat beta dan obat Ivabradine

Satu lagi jenis obat yang bisa dijadikan cara mengobati angin duduk yang paling efektif dan ampuh yakni obat penghambat beta. Beban kerja jantung yang berat bisa membuat penyakit angin duduk semakin parah. Nah, untuk menurunkan tekanan darah di area jantung akibat efek hormon adrenalin tersebut bisa dengan meminum obat penghambat beta.

Selain obat penghambat beta, jenis obat Ivabradine juga punya khasiat yang sama jika dikonsumsi oleh penderita angin duduk. Konsumsi salah satu dari kedua jenis obat ini untuk mengobati angin duduk yang diderita.

4. Nicorandil

Cara mengobati angin duduk yang paling direkomendasikan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan obat dari golongan nicorandil. Jenis obat dari golongan ini memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang mengalami penyempitan. Efek yang diberikannya bisa dibilang cukup cepat dan efektif, karena itulah obat satu ini sangat direkomendasikan untuk penderita angin duduk.

5. Obat penghambat saluran kalsium

Kemampuan dari jenis obat penghambat saluran kalsium ini juga sama seperti obat sebelumnya. Dimana meminum obat tersebut akan memberikan efek pembuluh darah koroner yang menyempit menjadi lebih lebar kembali. Dengan begitu aliran darah menjadi lebih lancar dan angin duduk pun bisa di atasi dengan lebih efektif.

Tidak hanya memberikan efek melebarkan pembuluh darah di area jantung, tetapi juga melemaskan pembuluh darah koroner yang mengeras. Mempunyai efek ganda tentunya obat ini lebih efektif dalam mengobati masuk angin duduk yang diderita seseorang.

6. Nitrogliserin

Penderita angin duduk biasanya mengalami gejala nyeri yang amat sangat di bagian dada. Nyeri yang dirasa tersebut diakibatkan oleh terhambatnya pasokan darah yang menuju jantung. Hal ini terjadi akibat dari pembuluh darah yang mengalami pengerasan dan penyempitan. Untuk mengatasi hal tersebut bisa dengan mengonsumsi obat nitrogliserin.

Nitrogliserin memiliki kemampuan untuk melebarkan pembuluh darah yang menyempit dan melancarkan aliran darah. Selain itu, jenis obat ini juga cukup efektif dalam meredakan gejala nyeri yang dirasakan oleh si penderita angin duduk.

Selain menggunakan obat-obatan tertentu, penyakit angin duduk bisa diatasi dengan menerapkan gaya hidup sehat. Adapun gaya hidup sehat yang perlu diterapkan untuk mengobati angin duduk, seperti :

  • Rutin berolahraga
  • Mengonsumsi makanan kaya serat dan bernutrisi tinggi, serta dalam porsi yang ideal
  • Hindari rokok
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol
  • Hindari stress
  • Hindari jenis makanan pemicu kolesterol tinggi

Itulah tadi beberapa cara mengatasi angin duduk paling efektif yang harus kamu terapkan. Yang terpenting adalah membiasakan diri menerapkan gaya hidup sehat agar penyaki angin duduk tidak menyerang diri kamu.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini