10 Rekomendasi Merek Water Heater Listrik yang Hemat Energi

10
Merek Water Heater Listrik

Koran.id – Water heater merupakan alat khusus yang fungsinya untuk memanaskan air yang nantinya digunakan untuk mandi. Water heater cocok digunakan saat musim dingin atau waktu apa pun yang membuat kita ingin mandi dengan air hangat. Penggunaannya lebih praktis dibandingkan harus memanaskan air menggunakan kompor. Water heater sendiri sudah ada banyak pilihannya di pasaran, beberapa ada yang menggunakan tenaga listrik, gas, hybrid dan juga solar. Namun, merek water heater listrik lebih banyak dicari karena lebih praktis penggunaannya.

Water heater dengan sumber daya listrik diklaim bisa membuat tagihan listrik melonjak. Beruntungnya beberapa produsen sudah mengatasi hal tersebut dengan menghadirkan water heater yang hemat daya listrik. Harga banderolnya cukup bervariasi, dengan masing-masing brand memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya tariknya. Mengenai pilihan water heater bertenaga listrik selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Daftar Merek Water Heater Listrik yang Hemat Energi

Water heater dengan sumber daya listrik terbagi menjadi beberapa jenis sesuai bentuknya, yakni water heater storage tank dan on-demand. Untuk water heater storage tank biasanya dibekali dengan tangki penampungan listrik yang cukup besar, cocok untuk kalian yang sering menggunakan air panas. Air yang ada di dalam penampungan akan dipanaskan secara langsung, biasanya panas air akan mampu bertahan hingga beberapa waktu, bahkan ada yang sampai berhari-hari. Sementara untuk jenis water heater on-demand tidak dibekali dengan tangki, melainkan air akan langsung dipanaskan melalui saluran air.

Memilih water heater dengan tenaga listrik, kamu perlu menyesuaikannya dengan besar tegangan listrik yang ada di rumah. Jangan sampai penggunaan daya listrik lebih besar dari tegangan yang dimiliki. Selain itu, perhatikan juga fitur keamanan yang disematkan di dalam perangkat water heater. Beberapa brand biasanya sudah menyematkan fitur keamanan khusus yang mencegah risiko terjadinya overheat. Ada pula fitur ELCB yang fungsinya untuk memutus aliran listrik secara otomatis ketika terjadi korsleting listrik.

Adapun beberapa rekomendasi merek water heater listrik murah terbaik selengkapnya, sebagai berikut:

1. Rinnai Water Heater RES-ED4100H-W

Rinnai Water Heater RES-ED4100H-W
Rinnai Water Heater RES-ED4100H-W

Pilihan water heater terbaik yang hemat listrik pertama yakni Rinnai Water Heater RES-ED4100H-W. Water heater unggulan dari brand ternama Rinnai ini cukup banyak diminati di Indonesia. Salah satu alasannya karena alat pemanas air berbasis listrik tersebut dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 3 jutaan saja. Meski begitu, kualitas yang dimilikinya tidaklah murahan.

Rinnai Water Heater RES-ED4100H-W dibekali dengan tangki berkapasitas 100 liter dengan innernya dilapisi dengan enamel titanium. Lapisan ini fungsinya untuk membuat tangki lebih awet dan tahan karat serta korosi. Daya listriknya bisa diatur sesuai keinginan, yakni ke tegangan 1500 W, 1000 W dan juga 500 W. Untuk tegangan 1500 W bisa kamu gunakan untuk memanaskan air. Sementara untuk mempertahankan panas airnya kamu bisa mengatur daya water heater ke 500 W.

2. Electrolux ComfortFlow 800 EWE241MX-DST2

Electrolux ComfortFlow 800 EWE241MX-DST2
Electrolux ComfortFlow 800 EWE241MX-DST2

Berikutnya ada water heater dari brand ternama Electrolux yang juga direkomendasikan untuk kamu pilih. Diberi nama Electrolux ComfortFlow 800 EWE241MX-DST2, alat tersebut tidak dibekali tangki penampungan dikarenakan merupakan jenis water heater on-demand. Air akan langsung dipanaskan di saluran air, sehingga air panasnya bisa dihasilkan dengan lebih cepat.

Electrolux ComfortFlow 800 EWE241MX-DST2 sendiri mudah untuk instalasinya, serta memudahkan menaruhnya di area mana pun dikarenakan ukurannya yang tidak terlalu besar dan tanpa tangki. Untuk fitur keamanannya sendiri, electrolux membekali produknya ini dengan layar sentuh SafeReady. Fitur tersebut akan menguji tegangan listrik sebelum perangkat tersebut menggunakannya. Selain itu, ada pula fitur keamanan ELCB sebagai tambahannya.

3. Ariston Andris2 Top WiFi 15L

Ariston Andris2 Top WiFi 15L
Ariston Andris2 Top WiFi 15L

Water heater yang hemat energi lainnya bisa kamu pilih yakni Ariston Andris2 Top WiFi 15L. Alat satu ini di dalamnya sudah dibekali dengan teknologi ECO EVO yang membuat konsumsi energinya menjadi lebih hemat. Fitur ini akan mengingat kebiasaan waktu mandi serta temperatur air yang sering kamu gunakan. Dengan demikian alat tersebut tidak akan menggunakan listrik secara terus-menerus.

Yang menarik lagi, perangkat Ariston Andris2 Top WiFi 15L memungkinkan untuk diintegrasikan ke smartphone melalui aplikasi ARISTON. Nantinya kamu bisa melakukan kontrol dengan mudah pada water heater dari jarak jauh. Misalnya saja kamu masih di kantor dan ingin mandi air hangat saat sudah sampai di rumah. Cukup kamu aktifkan water heater dari kantormu, dan saat sampai di rumah air panas sudah siap untuk digunakan mandi. Praktis sekali, bukan?

4. Midea Water Heater – YA2 Series – D10

Midea Water Heater - YA2 Series - D10
Midea Water Heater – YA2 Series – D10

Kali ini ada produk water heater terbaik dari Midea yang juga diklaim sangat hemat daya listrik. Tidak hanya itu, perangkat tersebut juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 2 jutaan saja. Penggunaannya cukup praktis, air hangat atau panas akan langsung dihasilkan dalam waktu singkat. Sementara untuk memenaskan air, perangkat ini hanya mengonsumsi daya listrik sekitar 200 watt saja.

Midea Water Heater – YA2 Series – D10 sendiri termasuk jenis water heater dengan tangki, di mana tangki penampungannya mampu menyimpan air hingga 10 liter. Kapasitasnya yang kecil ini lebih cocok digunakan oleh kamu yang tinggalnya sendirian atau hanya kamu yang memakai air panas untuk mandi.

5. Ariston Andris2 R 10L

Ariston Andris2 R 10L
Ariston Andris2 R 10L

Masih dari brand Ariston, kali ini ada seri water heater dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan yang sudah dijelaskan di atas. Ariston Andris2 R 10L dibekali dengan tangki penampungan air mencapai 10 liter. Air dalam tangki akan dipanaskan dengan waktu cukup singkat dan panasnya akan bertahan dalam waktu lumayan lama berkat elemen pemanas dari tembaga yang digunakannya.

Untuk bagian dalam tangkinya dilapisi dengan enamel titanium yang dapat mencegahnya dari karatan dan korosi. Serta dibekali dengan perlindungan magnesium anode yang membuatnya lebih awet. Kamu juga akan otomatis mendapatkan masa garansi hingga 5 tahun untuk pembelian produk water heater satu ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merek Water Heater Listrik yang Hemat Energi

6. Electrolux ComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6

Electrolux ComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6
Electrolux ComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6

Merupakan seri lebih rendah dibandingkan produk water heater Electrolux yang sudah disebutkan di atas, alat pemanas air satu ini juga diklaim hemat energi listrik. Electrolux ComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6 sendiri hadir dengan gaya skandinavian dengan ukuran dimensi 22cm x 90cm 40cm dan berbobot sekitar 1.5 kg.

Electrolux ComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6 ini tidak dibekali dengan tangki penampungan, dikarenakan termasuk jenis water heater on-demand. Untuk fungsi memanaskan air dari alat satu ini, ia mampu memanaskan air sebanyak 2 liter dalam waktu satu menitnya. Ditambah lagi dengan 16 fitur kemanan sekaligus yang membuat alat ini sangat aman untuk digunakan.

7. Midea Instant Series Water Heater DSK 24Q

Midea Instant Series Water Heater DSK 24Q
Midea Instant Series Water Heater DSK 24Q

Untuk kamu yang mencari produk water heater listrik murah dengan harga 1 jutaan, produk dari merek Midea ini bisa dijadikan pilihan. Midea Instant Series Water Heater DSK 24Q ditawarkan seharga Rp 1.090.000,- dengan fungsinya yang sangat maksimal. Desainnya cukup simpel dengan penggunaannya yang praktis, sangat cocok dipilih bagi para pemula.

Pada perangkat Midea Instant Series Water Heater DSK 24Q ini dibekali dengan fitur keamanan Stepless Electronic Temperature Control. Fitur tersebut berfungsi mengontrol suhu air dan mencegah suhunya terlalu panas sehingga nyaman digunakan untuk mandi. Sayangnya perangkat water heater satu ini belum dilengkapi dengan fitur keamanan ELCB di dalamnya.

8. SHIMIZU Electric Storage Water Heater SEH-150

SHIMIZU Electric Storage Water Heater SEH-150
SHIMIZU Electric Storage Water Heater SEH-150

SHIMIZU merupakan salah satu brand asal Jepang yang terkenal dengan produknya yang tangguh, tahan lama dan fungsinya maksimal. Termasuk juga untuk produk water heaternya ini, membuatnya sangat diminati oleh banyak orang. Salah satunya adalah seri SHIMIZU Electric Storage Water Heater SEH-150 yang juga diklaim sangat hemat energi.

Perangkat SHIMIZU Electric Storage Water Heater SEH-150 ini juga diklaim awet, yang mana elemen pemanasnya dari incoloy 800 dan magnesium anode. Tidak hanya itu, tangkinya juga awet dan anti korosi berkat dukungan resistor di dalamnya. Ditambah lagi dengan fitur keamanan ELCB yang semakin membuat nyaman penggunanya.

9. Ariston Andris Lux

Ariston Andris Lux
Ariston Andris Lux

Selanjutnya ada water heater Ariston Andris Lux yang hadir dengan desain simpel dan mudah untuk memasangnya di area mana pun di dalam kamar mandi. Ariston Andris Lux juga dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 2.6 jutaan saja. Dibekali dengan inovasi teknologi khusus yang mampu membuatnya dilirik oleh banyak orang di Indonesia.

Untuk soal konsumsi daya, perangkat Ariston Andris Lux ini hanya membutuhkan daya listrik sebesar 350 watt untuk menjalankan fungsinya. Terdapat dua varian water heater yang bisa kamu pilih untuk tipe ini, yakni water heater dengan kapasitas 15 liter dan juga 30 liter.

10. Modena Unica ES 15A3

Modena Unica ES 15A3
Modena Unica ES 15A3

Dan pilihan merek water heater listrik yang hemat energi terakhir yakni Modena Unica ES 15A3. Alat pemanas air dari brand Modena ini memiliki daya penampungan air mencapai 15 liter, di mana memanaskan air tidak membutuhkan waktu lama oleh perangkat water heater satu ini.

Pada perangkat Modena Unica ES 15A3 dibekali dengan panel control yang memudahkan kita untuk menggunakannya. Di dalamnya juga dibekali dengan fitur keamanan khusus yang akan yang akan mencegah perangkat tersebut mengalami korsleting dan juga overheating.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek water heater listrik terbaik dengan harga terjangkau dan fungsi maksimal bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Water Heater Murah Terbaik
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini