10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

0
380
Tempat Wisata Kuliner di Solo
instagram.com/kurniawan.adiwibowo

Koran.id – Mendengar kata Solo apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu? Sebagian dari kalian mungkin akan langsung teringat dengan kuliner khasnya. Ya, Solo memang cukup terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan menjadi favorit wisatawan yang berkunjung ke sana. Ada banyak sekali tempat wisata kuliner di Solo yang menyediakan berbagai menu khas dan menggugah selera.

Kamu yang berencana untuk berkunjung ke Solo, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas di sana. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo yang paling enak dan menjadi favorit wisatawan yang berkunjung. Apa saja ya?

10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

1. Sate Kambing Buntel Mbok Galak

https://ksmtour.com/

Rekomendasi tempat wisata kuliner khas di Solo yang harus kamu kunjungi pertama adalah Sate Kambing Buntel Mbok Galak. Meskipun namanya sate, tapi sate di sini punya tampilan yang berbeda dari sate seperti biasanya. Sate kambing di tempat ini bentuknya cukup unik dengan balutan buntel atau lemak. Tidak hanya itu, sate tersebut nantinya juga akan disirami dengan bumbu kacang yang khas, membuat rasanya semakin nikmat.

Ingin mencoba menikmati menu lain selain Sate Kambing Buntel? Sangat bisa, karena di tempat ini juga disediakan menu lain yang tidak kalah menggugah selera seperti Gulai dan juga Tongseng. Harga menu makanan di sini juga cukup murah, dimana untuk satu porsi Sate Kambing Buntel dibanderol seharga Rp 30 ribu.

Lokasi : Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Banyuanyar, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

2. Selat Solo Mbak Lies

instagram.com/wsoetanto

Warung Mbak Lies menjadi salah satu warung terkenal di Solo yang menyediakan menu Selat Solo yang sangat khas. Cita rasa yang disuguhkan sangat menggugah, tidak heran tempat ini menjadi favorit bagi banyak orang. Selat Solo sendiri merupakan kuliner khas Solo yang berupa daging giling yang dibentuk seperti lontong dan dipotong-potong. Ditambah dengan kentang, wortel, selada, buncis dan kacang polong, serta di atasnya disiram dengan kuah kental yang manis dan gurih.

Tidak hanya kulinernya yang enak dan lezat, desain interior dari tempat makan di Solo ini juga dibat cukup unik. Dilengkapi pula dengan beragai furnitur pendukung yang juga tidak kalah unik.

Lokasi : Jalan Veteran, Gg. 2 No.42, Serengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

3. Soto Gading

instagram.com/aljofoto

Pilihan tempat wisata kuliner di Solo paling enak dan terkenal berikutnya adalah Soto Gading. Solo memang cukup terkenal dengan sajian sotonya yang punya cita rasa khas dan menggugah selera. Salah satu kuliner soto yang cukup ramai dikunjungi di Solo adalah Soto Gading ini.

Soto Gading sendiri dibuat dengan campuran berbagai macam rempah pilihan yang membuat cita rasanya beda dari yang lain. Kuahnya yang bening namun nikmat, Soto Gading juga dilengkapi dengan berbagai lauk pauk yang lezat. Perlu kamu tahu, Soto Gading merupakan kuliner favorit Presiden Joko Widodo lho.

Lokasi : Jl. Brigjen Sudiarto No.75, Joyosuran, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

4. Es Dawet Telasih Bu Dermi

instagram.com/rmwrynt

Kalau tadi kuliner berat, kali ini adalah kudapan khas Solo yang juga wajib untuk kamu cicipi. Dari sekian banyaknya tempat yang menjual es dawet di Solo, Es Dawet Telasih Bu Dermi ini adalah salah satu yang paling ramai dikunjungi. Es dawet di sini disajikan dalam mangkuk dengan biji dawetnya yang kecil-kecil nyaris seperti beras. Diberi juga campuran bahan lain seperti biji telasih, bubur sumsum dan juga ketan hitam.

Kesegaran dari es dawet ini akan langsung terasa saat pertama kali kamu mencobanya. Selain nikmat, Es Dawet Telasih Bu Dermi juga dibanderol dengan harga murah yakni hanya Rp 5 ribu per porsinya.

Lokasi : Pasar Gede Hardjonagoro, Jl. Jend. Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

5. Es Gempol Pleret Pak Suhar

http://cdn-2.tstatic.net

Satu lagi kuliner kudapan khas Solo yang tidak kalah nikmat dan segar untuk dicoba yakni Es Gempol Pleret pak Suhar. Tidak cukup banyak penjual es gempol pleret di Solo, salah satu yang paling ramai dan favorit adalah Es Gempol Pleret Pak Suhar ini.

Es Gempol Pleret ini sendiri dibuat dari campuran tepung beras dan gula jawa serta dengan taburan es batu. Kesegarannya akan langsung meresap saat suapan pertama.

Lokasi : Jalan Dr. Wahidin, Sebelah Masjid Tegalsari

6. Nasi Liwet Wongso Lemu

instagram.com/kulinerlezat.id

Nasi liwet juga menjadi salah satu kuliner khas Solo yang patut kamu cicipi saat berkunjung ke sana. Salah satu tempat yang menjual nasi liwet paling enak di Solo adalah Warung Nasi Liwet Wongso Lemu. Sajian nasi liwet di sini berupa nasi putih yang gurih dengan tambahan lauk seperti, telur, suwiran ayam, dan juga sayur rebus.

Warung Nasi Liwet Wongso Lemu ini sendiri merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Solo yang sudah ada sejak lama. Warung ini berdiri sejak tahun 1950 dan diwariskan secara turun-temurun hingga sekarang ini. Harga menu di sini juga murah, berkisar antara harga Rp 10 ribu hingga Rp 17 ribuan.

Lokasi : Jl. Teuku Umar, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

7. Tahu Kupat Sari Pak Brewok

instagram.com/argo_valen_progo

Rekomendasi tempat wisata kuliner di Solo yang paling enak dan terkenal berikutnya adalah Tahu Kupat Sari miliknya Pak Jo Brewok. Tahu kupat ini sendiri memang menjadi salah satu kuliner khas di Solo yang banyak diburu wisatawan. 

Tahu kupat di sini dibuat dengan campuran potongan ketupat, tauge, kol, tahu goreng, mie kuning dan juga taburan bawang goreng serta daun bawang di atasnya. Bagi kamu pecinta makanan pedas, juga bisa menambahkan irisan cabe rawit. Jika berkunjung ke Solo, jangan lupa mampir ke tempat ini ya?

Lokasi : Jl. R. M. Said No.197, Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

8. Gudeg Ceker Bu Kasno

instagram.com/ira_snowglobes

Siapa bilang kuliner gudeg hanya bisa ditemukan di Jogja saja? Di Solo kamu juga bisa menemukan tempat yang menyajikan kuliner gudeg yang khas dan menggugah selera, namanya adalah Gudeg Ceker Bu Kasno.

Nasi gudeg yang disediakan juga ditambahkan dengan berbagai lauk pendukung seperti, ceker, telur dan juga kuah opor ayam yang semakin menambah cita rasanya. Gudeg Ceker Bu Kasno ini sendiri juga termasuk kuliner paling legendaris karena sudah ada sejak 1970 silam.

Lokasi : Jalan Wolter Monginsidi No.41-43, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

9. Cabuk Rambak Solo

instagram.com/reginavalora

Cabuk Rambak merupakan salah satu cemilan paling enak khas Solo yang juga wajib untuk kamu cicipi. Cabuk Rambak Solo ini sendiri dibuat dari campuran irisan ketupat yang disiram dengan sambal wijen di atasnya, serta ditambah pula kerupuk karak. 

Penyajiannya sendiri biasanya ditaruh dalam daun pisang yang dipincuk. Oleh masyarakat sekitar, Cabuk Rambak ini biasanya dijadikan sebagai hidangan saat sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Lokasi : Shelter PKL Manahan Solo, Jl. Menteri Supeno, Manahan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

10. Tengkleng Bu Edi

instagram.com/nichsfoody

Dan tempat wisata kuliner di Solo yang terakhir adalah Tengkleng Bu Edi yang juga cukup populer. Merupakan salah satu kuliner khas Solo, Tengkleng milik Bu Edi ini sangat favorit bagi wisatawan. Disajikan dalam daun pincuk, sensasi makan Tengkleng akan lebih enak dan lezat.

Lokasi : Wisata Kuliner Galabo Solo, No.63, Jl. Mayor Sunaryo No.32, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta City, Central Java

Itulah tadi beberapa tempat wisata kuliner di Solo yang paling favorit dikunjungi wisatawan. Jika kamu berkunjung ke Solo, jangan lupa untuk mampir di tempat-tempat tersebut.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini