7 Kuliner Khas Surabaya Paling Enak dan Wajib Dicoba

764
Kuliner Khas Surabaya Paling Enak dan Wajib Dicoba

Koran.idBerbicara mengenai kota Surabaya yang identik sebagai tempat wisata bersejarah ini, ternyata memiliki aneka ragam kuliner masakan khas Surabaya. Beragam aneka cita rasa kuliner khas Surabaya hampir tiap sudut wilayah Surabaya mudah untuk kamu temukan, adapun rekomendasi kuliner khas Surabaya paling enak dan wajib dicoba bersama keluarga ketika berkunjung ke Surabaya.

Nah bagi kamu yang ingin mencoba kuliner khas di Surabaya yang mempunyai variatif rasa yang enak, alangkah baiknya untuk menyimak daftar kuliner khas Surabaya terlebih dahulu. Pada rekomendasi ini tentu saja yang memiliki rasa paling enak dan wajib dicoba, apa saja menu-nya? Yuk mari menyimak paparan dibawah ini.

Inilah 7 Kuliner Khas Surabaya Paling Enak dan Wajib Dicoba

1. Nasi Goreng Jancuk

midspot.com

Rekomendasi yang pertama kuliner khas Surabaya paling enak yaitu nasi goreng jancuk, mungkin bagi kalian yang masih belum tahu mengenai nama nasi goreng ini pasti terlihat aneh. Tetapi alasan memberi nama nasi goreng jancuk karena rasanya yang sangat pedas sekali di tambah porsi lebih besar dari pada nasi goreng pada umumnya. Menu ini sangat mudah kamu temukan di wilayah kota Surabaya, maka dari itu sangat rugi sekali jika kalian melewatkanya ketika berada di Surabaya.

Untuk rasa yang begitu sempurna pedasnya nasi goreng jancuk ini diberi isi suwiran ayam, potongan udang, telur dadar, dan daging kepiting. Sedangkan untuk rasa sambalnya ini memaki jenis sambal terasi yang nantinya disajikan dengan campuran acar bahkan kerupuk udang yang gurih, maka tak heran jika menu nasi goreng jancuk menjadi incaran banyak pelanggan.

2. Lontong Balap Garuda

gotravelly.com

Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling enak dengan sajian menu berupa lontong, tahu goreng, bawang goreng, kecap dan ditambah kuah yang rasanya sangat khas sekali. kamu ketika pesan bisa sekaligus ambil lauk sate kerang yang sudah disediakan untuk pelanggan yang sedang kuliner, nah untuk kamu yang ingin mencicipi segarnya buah kelapa muda bisa pesan untuk melengkapi kuliner menu lontong balap garuda.

Untuk lokasinya sendiri berada di depan pas bioskop garuda terdahulu, tepatnya berada di jalan Krangganno no.60 Sawahan Surabaya. Jadi jika kalian berada di wilayah kota Surabaya ini maka tak lengkap rasanya tidak mampir ke warung lontong balap garuda milik pak gendut ini dan kamu bisa rame-rame ajakin keluarga dan kerabat.

3. Kuliner Sate Klopo

batiqa.com

Salah satu kuliner khas Surabaya yang terasa unik sekali, karena menu yang dijual ini memiliki varian aneka daging seperti daging sapi, ayam, udang, usus, dan sumsum. Untuk proses memasaknya dengan cara di bakar sekaligus diberi bumbu penyedap rasa seperti umumnya, jadi meskipun sate klopo ini mempunyai pilihan banyak rasa olahan tetapi rasanya nendang banget di lidah.

Jika kalian memakan sate klopo ini mungkin terasa berbeda dari tekstur dan bentuk satenya, disini sate klopo teksturnya memang dibuat setengah matang dengan bentuknya yang lebih besar dari ukurang daging sate pada umumnya. Sajian sate klopo khas Surabaya ini di padukan dengan parutan kelapa yang sudah dikasih bumbu, dan alasan inilah yang membuat sate klopo ini terasa unik dan rasanya sangat gurih.

4. Kepiting Cak Gundul

iqbalazhari.com

Merupakan kuliner khas Surabaya paling legendaris sampai saat ini, meskipun tempat ini sudah lama didirikanya tetapi tempatnya selalui ramai oleh para wisatawan yang datang ke Surabaya. Menu yang tersedia yang dijual aneka olahan ikan laut seperti kepiting sebagai andalanya, sajian yang disuguhkan di tempat makan pak Gundul ini memang bervariatif sesuai pilihan pembeli.

Rasa yang tak pernah bohong dengan bumbu andalanya seperti saus asam manis dan saus kare, cukup diminati oleh lidah khususnya di wilayah Surabaya. Jadi jika kalian ingin pergi kuliner bersama keluarga dan kerabat di tempat makan Pak Gundul ini, lokasinya berada di Jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D Surabaya.

Baca Juga: 7 Cafe Unik di Surabaya yang Lagi Hits Cocok Buat Nongkrong

5. Pecel Semanggi

eastjavatraveler.com

Kuliner Khas Surabaya yang cukup banyak diminati sampai saat ini adalah pecel semanggi, meski kuliner pecel semanggi ini sudah mulai dulu ada tapi untuk masalah rasa tak perlu diragukan lagi. Uniknya menu pecel khas Surabaya ini, di sajikan dengan menggunakan daun semanggi sebagai sayurnya.

Penjual sayur semanggi di Surabaya biasanya masih terlihat kuno, dengan menggunakan keranjang ala tempo dulu yang dibawa dengan menggunakan tumpuan kepala sebagai tempatnya. Cukup unik juga kan? Meski begitu penjual sering memanggil nama pecel semanggi untuk mempromosikanya ke pembeli dan untuk sajianya pecel semanggi ini diberi kerupuk didalamnya setelah itu wadahnya menggunakan daun pisang yang dipincuk.

6. Soto Gubeng Pojok

idntimes.com

Soto gubeng pojok ini memiliki ciri khas yang berbeda dari soto lainya, yang membedakan disini dari bahan dasarnya yang berupa daging jeroan sapi. Oleh karena itu rasanya yang mantap membuat kaldu pada kuah soto Gubeng terasa lebih enak rasanya, meski demikian untuk kamu yang ingin membelinya harus mengeluarkan uang sebesar 20 ribu rupiah saja.

Biasanya dengan porsi semangkuk banyak sekali yang mengatakan takeranya terlalu sedikit, padahal porsi yang dibuat sudah seperti umumnya. Jadi tak herang jika menu kuliner ini paling banyak diburu oleh masyarakat Surabaya dan untuk lokasinya berada di Jalan Kusuma Bangsa No. 30 Ketabang, Surabaya.

7. Rawon Setan Surabaya

sintiaastarina.com

Mungkin kalian sudah pernah mencicipi kuliner dengan menu seperti rawon ini, tetapi berbeda dengan rawon setan yang ada di Surabaya ini. karena menu kuliner khas Surabaya ini yang paling asli dan pertama diciptakan di nusantara, oleh karena itu tak lengkap rasanya jika kalian berada di kota pahlawan ini tidak mencoba kuliner rawon setan.

Berdasarkan nama menu ini dibuat karena tempat makan yang menjual rawon setan ini buka-nya setiap malam saja, yang dimana isi dari rawon setan berupa daging dengan tekstur yang empuk sekali. di tambah kuahnya yang aduhai dilidah, membuat meu rawon setan banyak pilihan di setiap kuliner para wisatawan.

Nah, Itulah tadi beberapa 7 Kuliner Khas Surabaya Paling Enak dan Wajib Dicoba. Pokonya kalian bisa mencobanya sesuai menu makanan favorit kalian dan semoga referensi mengenai daftar kuliner di atas mempermudah kalian untuk mencari kuliner.

Artikel Sebelumnya10 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi
Artikel SelanjutnyaTips Jadi Atlet Profesional Dalam Waktu Singkat dengan Main Gim Android Bertema Golf Ini
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini