10 Tempat Kuliner di Lumajang yang Paling Favorit

0
390

Koran.id – Lumajang salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang pesona alamnya luar biasa indahnya, tentu Lumajang juga sangat akrab bagi para wisatawan yang datang untuk weekend di akhir pekan. Tak lepas dari itu memang di Lumajang banyak sekali wisata alam yang bisa di andalkan seperti Puncak Gunung Semeru, Ranu Kumbolo dan Air Terjun Tumpak Sewu. Namun ada satu hal bagi pengunjung yang akan berlibur di Kabupaten Lumajang, maka tak lengkap rasannya bila tidak menelusuri tempat kuliner di Lumajang yang paling Favorit.

Wisata kuliner di Kabupaten Lumajang sangat mudah untuk kalian temukan, banyak sekali tempat kuliner yang bisa di andalkan dan favorit di Lumajang. Rasa masakannya pun dikenal sangat pedas dan enak, ditambah lagi suasana di Lumajang memiliki suhu yang sejuk dan pas sekali rasannya untuk kalian coba. Nah buat yang ingin mengetahui rekomendasi tentang tempat kuliner di Lumajang, mari langsung saja untuk menyimak selengkapnya di bawah ini :

10 Tempat Kuliner di Lumajang yang Paling Favorit

1. Warung PA (Pondok Asri)

Instagram.com/jonalis

Tempat kuliner di Lumajang yang pertama yaitu warung pondok asri atau biasa di sebut PA, kuliner di Pondok Asri memang masih menjadi favorit oleh masyarakat di Lumajang. Karena lokasinya yang strategis berada di jalan Soekarno Hatta, Selokbesuki, Sukodono, Lumajang. Mudah ditemukan di jalan utama sebelah utara, waktu dibukanya mulai dari jam 9 pagi sampai 10 malam.

Pondok Asri sangat nyaman dijadikan tempat bersantai, karena tempatnya yang luas dan gazebo di PA banyak sekali. kalian tak perlu khawatir pelayanannya yang lambat, untuk menu andalan di Pondok Asri sebenarnya banyak sekali mulai dari aneka ikan laut, ayam goreng berbagai olahan, kuah bersantan dan bening, dan lainnya. Untuk minumannya pun bervariatif mulai dari jus buah, minuman hangat dan minuman tradisional seperti jamu.

2. Cafe Bamboe Lumajang

picdeer.com

Berikutnya tempat favorit kuliner di Lumajang salah satunya cafe bamboe, lokasinya di Jalan Jendral Panjaitan No. 56, Citrodiwangsan, Lumajang. Jam buka cafe bamboe mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 11 malam. Tempatnya yang strategis cafe bamboe selalu ramai di kunjungi oleh para pecinta kuliner, selain itu tema cafe ini mengusung di tempo dulu dengan menggunakan aksesoris serba dari bambu semua.

Cafe bamboe di Lumajang juga tak kalah nyaman ketika makan malam bersama keluarga tercinta, apalagi cafe bamboe menyediakan menu andalan seperti nasi goreng Bamboe, masakan seafood, ikan gurame bakar, asia food dan masih banyak lagi untuk kalian temukan. Biar gak penasaran maka ajaklah teman-temanmu untuk makan di cafe Bamboe, dan nikmati rasa makanannya yang begitu gurih dan enak.

3. Kuliner Wakul Bu Tjipto

Instagram.com/wakulbutjipto

Tempat kuliner andalan satu ini memang masih banyak sekali di kunjungi oleh para pecinta kuliner khususnya masyarakat Lumajang, lokasinya yang strategis alamatnya Kepuharjo, Kabupaten Lumajang. Wakul Bu Tjipto dikenal sebagai resto dengan pelayanan apik, tempatnya yang memanjakan di ruang terbuka seolah-olah ketika berkuliner disini seperti layaknya di sebuah gardu tengah sawah.

Beraneka ragam menu andalan yang disajikan di Wakul Bu Tjipto seperti Ayam Bakar pedas, lalapan ayam goreng, lalapan empal suwir dan masih banyak lagi di buku menunya. Uniknya untuk sajian minuman es di wakul Bu Tjipto mengambil dari nama-nama wisata di Lumajang seperti es puncak mahameru, es watu godek, es selok awar-awar, es ranu pani, es ranu regulo, es selokambang dan es ranu kumbolo.

4. Kuliner R.M Rawon Klakah

rumah-makan-rawon-klakah.business.site

Rumah makan rawon Klakah memang sejak lama diandalkan oleh para pecinta kuliner, bukan hanya dari masyarakat Lumajang saja yang ingin merasakan kenikmatan Rawon yang rasanya sedap sekali tetapi ada yang dari luar Kota Lumajang, karena lokasinya berada di barat Kabupaten Lumajang sehingga jalan di Klakah ini juga menjadi pusat perhatian para pelancong yang berlibur di Lumajang.

Meski rumah makan ini dinamakan rawon Klakah, akan tetapi banyak sekali hidangan lainnya yang tersedia seperti menu gule kambing, aneka soto ayam dan daging, kare ayam, nasi remes, sop buntut, sayur asem dan tersedia juga aneka minuman untuk menemani santapan kuliner kamu disini.

5. Resto dan Cafe GM

Instagram.com/vivizaff

Lokasi resto & Cafe GM berada di Jalan Panglima Sudirman, Kabupaten Lumajang, JawaTimur. Tempat kuliner ini begitu istimewa selain tempatnya nyaman untuk bersantai, resto ini merupakan tempat makan keluarga. Banyak sekali acara resmi digelar di resto yang ada di GM, selain tempat untuk meeting juga di pakai sebagai acara ulang tahun.

Mungkin bagi kalian yang buka warga asli Lumajang masih bingung untuk mencari lokasinya, tempatnya berada di pusat perbelanjaan Kota Lumajang. Tepat sekali di belakang toko swalayan GM, dan Resto & Cafe GM sudah banyak sekali yang mengenalnya, hingga sekarang ini sebagai rekomendasi terfavorit yang ada di Lumajang.

6. Tempat Kuliner PJR (Pusat Jajanan Rakyat)

id.foursquare.com

Tak lengkap rasannya apabila kalian berkunjung ke Lumajang, namun tidak mennyoba kuliner yang berada di PJR tersebut. Lokasinya di Jalan Panglima Besar Sudirman Lumajang, mudah untuk kamu temukan. Pasalnya tempat kuliner di PJR ini di sepanjang pinggiran jalan dekat dengan pertokoan lumajang.

Mungkin buat kamu yang ingin sekali kuliner dengan budget yang biasa saja, maka referensi di PJR ini sangat cocok untuk kamu coba. Di PJR kamu akan bebas berlama-lama dengan santapan makanannya, dan jangan lupa untuk pesan kopi atau minuman sekalian tempat ini bisa dijadikan tempat tongkrongan di malam hari.

7. Bakso Solo Lumajang

bakso-solo-kesenenganku.business.site

Lokasi bakso Solo Lumajang tepatnya di Klojen perempatan lampu merah ke Timur arah jalan ke Senduro, pasti tahu kan kalian meski bukan warga Lumajang tempat Bakso Solo selalu dilewati ketika ingin ke Pura Mandhara Giri Agung Semeru. Meski namanya asli Solo namun dari kuliner baksonya rasanya sangat khas sekali untuk asli daerah Lumajang.

Bakso Solo di Lumajang kini sudah mulai baik fasilitasya mulai dari tempat parkir yang lumayan luas dan kamu bisa mengajak rame-rame bersama temanmu maupun keluarga. Untuk harga baksonya pun sesuai kantong orang Lumajang, karena harga sesuai dengan rasa baksonya. Yuk coba nikmati bakso solo di Lumajang ini.

8. Kuliner R.M Terapung Bu Umi

rumah-makan-terapung-bu-umi.business.site

Seperti halnya dengan Rumah Makan Pondok Asri yang ada di Lumajang, rumah makan terapun ini fasilitasnya sangat menarik sekali untuk kalian datangi. Pasalnya tempat nya berada di atas kolam ikan sehingga sesuai namanya yang terapung, tempatnya pun juga bersih dan pas sekali di pnggiran sawah sehingga cuacanya begitu adem.

Lokasi untuk berkunjung ke Rumah Makan Terapung Bu Umi, berada di Jalan Semeru, Perjuangan No. 100, Sumbersuko, Kabupaten Lumajang. Tempatnya ini sangat mudah untuk kalian temukan, sebelum kalian masuk Desa Senduro pasti akan menemui Rumah Makan yang Asri ini. Buka-nya mulai jam 9 pagi hingga jam 9 malam.

9. Pondok Iga Lumajang

Instagram.com/chacha_frans

Berlokasi di Jalan Gubernur Suryo Lumajang, Jawa Timur. Pondok Iga merupakan favorit masyarakat Lumajang, pondok Iga mulai beroperasi di jam 10 pagi hingga 11 malam. Jadi pas sekali kuliner satu ini digunakan rekomendasi ketika bersama keluarga, tempatnya yang bersih serta fasilitasnya pun cukup lengkap.

Sebenarnya ada banyak sekali menu andalan di Pondok Iga, namun yang paling istimewa menu Iga nya yang begitu gurih dan membuat lidah terus ketagihan. Aneka menu minumannya pun cukup bervariatif, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemauan kamu. Jadi agar tak penasaran terus, datang ke pondok Iga Lumajang.

10. Warung Soto Dokk Pak Ambar

Instagram.com/ihdhiny

Salah satu kuliner yang memiliki nama unik yaitu Soto Dokk, arti dari nama dokk ini sebenarnya cara pembuatannya ketika di pukul berbunyi Dokk. Soto ini halal dan rasannya pun sangat menggoda loh, buat kamu yang ingin mencicipi Soto Dokk Pak Ambar lokasi populernya dulu berada di Jalan Sultan Agung Sebelah penjara Lumajang. Namun seiring dari kemajuan warung makan ini saat ini pindah di Lumajang Kota sebelum stadion Semeru Lumajang, buka setiap harinya mulai pagi jam 6 hingga jam 10 malam.

Nah, itulah tadi mengenai 10 Tempat Kuliner di Lumajang yang Paling Favorit. Mana kuliner favorit kamu? Agar tak penasaran lagi tentang tempat kuliner, kamu nantinya bisa mengunjungi satu persatu untuk mencoba menu andalannyaa. Selamat berkuliner

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini