10 Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang

0
2708

Koran.id – Bandung menjadi salah satu kota di Indonesia yang menjadi tujuan liburan favorit banyak orang. Bandung juga mendapat julukan Paris Van Java dikarenakan keindahan alamnya yang masih terjaga hingga sekarang ini. Selain asyik dijadikan tempat liburan, di Bandung juga terdapat banyak jenis oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Oleh-oleh khas Bandung yang bisa dibawa pulang kebanyakan berupa makanan atau jajanan.

Jajanan atau makanan ini memang berasal dari Kota Bandung dengan cita rasanya yang khas. Meskipun beberapa jenis oleh-oleh juga bisa ditemukan di kota lain, tetapi membeli langsung di kota asalnya akan memberikan rasa tersendiri. Adapun beberapa oleh-oleh khas Bandung yang bisa dibawa pulang, bisa kamu simak di bawah ini.

10 Oleh-oleh Khas Bandung yang Wajib Kamu Bawa Pulang

1. Peuyeum

Peuyeum
instagram.com/claudiathe70

Rekomendasi oleh-oleh khas Bandung yang cocok untuk dibawa pulang adalah Peuyeum. Peuyeum sendiri mirip seperti tape singkong, tetapi yang membedakan adalah cita rasa dan juga teksturnya. Peuyeum biasanya punya tekstur lebih padat dibanding tape dengan warna putih disekelilingnya.

Peuyeum punya cita rasa yang manis dan memberikan efek hangat bagi tubuh, karena memang melalui proses fermentasi. Punya cita rasa yang manis dan menghangatkan, Peuyeum paling cocok disantap saat cuaca dingin. Peuyeum ini sendiri bisa kamu temukan dengan mudah di sepanjang jalan Cileunyi atau di kawasan Jalan Cihempas.

2. Gepuk Nyonya Ong

Gepuk Nyonya Ong
instagram.com/titipbelibandung_

Gepuk Nyonya Ong juga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Bandung. Dibuat dari daging sapi pilihan, empal atau Gepuk Nyonya Ong punya cita rasa yang manis dan gurih. Rasa tersebut didapat dari campuran bumbu rempah pilihan yang dicampur menjadi satu. 

Gepuk Nyonya Ong bisa kamu temukan di Jalan Buah Batu No. 151A, Turangga, Lengkong, Kota Bandung. Harganya tidak terlalu mahal, jadi sangat cocok dibawa pulang untuk oleh-oleh sanak saudara di rumah.

3. Surabi Bandung

Surabi Bandung
instagram.com/kuliner.eat.cook

Punya cita rasa yang manis dan bikin nagih, inilah oleh-oleh khas Bandung yang juga cocok untuk kamu bawa pulang. Surabi khas Bandung ini juga sering dijadikan incaran favorit para wisatawan yang berkunjung ke sana. Sekilas memang tidak berbeda dengan surabi pada umumnya, tetapi cita rasa surabi khas Bandung ini berbeda dari lainnya.

Salah satu tempat jual jajanan surabi paling terkenal di Bandung adalah Surabi Enhaii yang berlokasi di Jalan Setiabudi, Bandung. Di tempat ini disediakan jajanan surabi dengan berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, keju, oncom, durian, kismis, hingga strawberry. Selain di tempat ini, beberapa pusat oleh-oleh khas Bandung juga menyediakan jajanan manis satu ini.

4. Tempe Gila

Tempe Gila
tokopedia.com

Namanya memang cukup unik, karena itulah tempe gile sangat disukai oleh banyak orang dan menjadi buruan para wisatawan. Diberi nama tempe gila dikarenakan makanan satu ini punya cita rasa yang enak dan pedas, membikin penyantapnya serasa gila pedas. Paling cocok untuk kalian yang memang suka dengan makanan pedas.

Tempe gila tersedia dalam 3 level pedas yang bisa disesuaikan sendiri dengan selera masing-masing. Ada tempe gila level Cobain yang punya rasa pedas sedang, tempe gila level Aink dengan rasa lebih pedas, dan tempe gila level gelo yang pedasnya maksimal. Oleh-oleh Kota Bandung satu ini bisa kamu temukan di Buah Batu Regensi Blok B2 No. 2, Bandung.

5. Kopi Aroma

Kopi Aroma
instagram.com/melaarenia

Khusus kamu pecinta kopi, kopi aroma paling cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh. Kopi Aroma merupakan jenis kopi legendaris khas Bandung yang disukai oleh banyak orang. Kopi Aroma sendiri tersedia dalam beberapa macam, yakni kopi aroma roasted beans, fine grind, medium grind, dan juga coarse grind. Masing-masing punya cita rasa yang khas saat diseduh.

Kopi aroma sangat pas untuk diminum saat pagi atau sore hari. Selain nikmat, kopi aroma juga punya rasa yang menenangkan pikiran. Kopi aroma sendiri bisa kamu temukan di Jalan Banceuy No. 51, Braga, Sumur, Bandung, Kota Bandung.

6. Kue Pia

instagram.com/crunchypia
instagram.com/crunchypia

Pia sendiri merupakan jenis kue yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia. Tetapi, Kue pia khas Bandung ini beda dari lainnya. Cita rasa yang diberikan sangat manis dan renyah dengan tekstur lembut menggoda. Inilah yang membuat kue pia khas Bandung sering menjadi pilihan untuk oleh-oleh.

Kue pia khas Bandung ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa nikmat, mulai dari pia rasa kacang hijau, keju, cokelat, dan butter scotch. Ada banyak toko yang menjual pia khas di Bandung, salah satunya yang cukup terkenal adalah Pia 170 Bandung yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki No. 170, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung.

7. Oncom Raos

Oncom Raos
instagram.com/mabela_cooking_club

Pilihan oleh-oleh khas Kota Bandung yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang adalah oncom raos. Oleh-oleh satu ini punya cita rasa yang nikmat dan gurih, membikin siapa saja ketagihan saat pertama kali mencicipinya. Oncom raos sendiri sangat nikmat karena terbuat dari bahan utama kacang dan ampas kelapa.

Cara pembuatannya sendiri mirip seperti membuat tempe, hanya saja ragi yang digunakan untuk fermentasi oncom beda jenis sehingga hasilnya berwarna agak orange. Cita rasanya yang sangat kuat membuat oncom raos sangat pas dijadikan teman saat makan. Untuk membeli oncom raos sendiri kamu bisa datang ke Jalan Cihampelas 91B, Bandung.

8. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang
instagram.com/gina.yuliana

Di Bandung juga ada jenis tahu yang punya rasa unik dan enak, yakni tahu susu Lembang. Tahu susu satu ini sekilas hampir sama dengan tahu pada umumnya. Tetapi untuk soal rasa tentu berbeda, ini berkat campuran susu asli saat pembuatan tahu khas Bandung satu ini. Tahu susu Lembang sendiri selain nikmat juga punya tekstur yang sangat lembut di lidah.

Tahu susu Lembang biasanya mampu bertahan hanya dalam waktu 2 hari saja. Pasalnya, pembuatan tahu tersebut tidak ditambahkan bahan pengawet sama sekali. Selain itu, biasanya tahu susu Lembang tersedia dalam bungkus praktis sehingga cocok dijadikan oleh-oleh. Untuk membeli tahu susu Lembang, salah satunya kamu bisa berkunjung ke Jalan Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Bandung Barat.

9. Bolu Susu Lembang

Bolu Susu Lembang
instagram.com/alya_royallbeauty

Bolu susu Lembang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas dari Bandung yang paling pas untuk dibawa pulang. Kue bolu satu ini punya cita rasa yang manis dan bertekstur lembut. Sekali mencicipinya dijamin kamu pasti akan langsung ketagihan, ingin coba lagi dan lagi.

Bolu susu Lembang juga tersedia dalam beberapa varian rasa nikmat, mulai dari rasa cokelat, vanilla, dan lain sebagainya. Semakin nikmat lagi dengan parutan keju, membuat rasanya semakin unik. Untuk mendapatkan bolu susu Lembang, salah satunya kamu bisa berkunjung ke Jalan Raya Bojongsoang No. 108, Bandung.

10. Donat Madu

Donat Madu
instagram.com/chef.gunawan

Dan jenis oleh-oleh asli Bandung yang terakhir adalah Donat Madu khas Bandung. Meskipun kue donat bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai daerah, donat Madu Bandung ini punya rasa yang berbeda. Rasanya manis dengan tekstur sangat lembut yang tentunya akan memanjakan lidah penikmatnya. Ditambah dengan berbagai macam toping yang membuatnya semakin nimat untuk disantap.

Cita rasanya yang istimewa tidak lantas membuat donat madu dibanderol dengan harga mahal. Donat madu khas Bandung ini sendiri bisa kamu temukan di Jalan Sarirasa Blok IV No. 16, Sarijadi, Sukasari, Bandung.

Itulah tadi beberapa pilihan oleh-oleh khas Bandung yang wajib untuk dibawa pulang. Siap untuk liburan ke Bandung?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini