7 Jenis Makanan Penambah ASI yang Terbukti Efektif

0
970

Koran.id – Ketika sudah melahirkan, tugas seorang ibu selanjutnya adalah memberikan asupan ASI untuk si kecil. ASI merupakan makanan utama bagi bayi sebelum menginjak usia diperbolehkannya mengonsumsi jenis makanan lainnya. Menyusui bayi harus dilakukan dengan intensitas yang sering agar kebutuhan ASI bagi bayi tercukupi. Kondisi seperti ini terkadang menimbulkan masalah tersendiri bagi seorang ibu, salah satunya ASI yang dimilikinya tidak lancar. Untuk mengatasi masalah ini biasanya ibu menyusui disarankan mengonsumsi beberapa jenis makanan penambah ASI yang memang cukup efektif.

Mengenai jenis makanan untuk melancarkan ASI ini sendiri cukup banyak dan pastinya bisa ditemukan dengan mudah di sekitar rumah. Mulai dari jenis buah, sayur hingga minuman tertentu. Untuk informasi selengkapnya, bisa kalian simak ulasan di bawah ini.

Jenis-Jenis Makanan Penambah ASI yang Terbukti Efektif

Produksi ASI yang lancar merupakan suatu keharusan saat seorang ibu dalam masa menyusui. Kebutuhan ASI yang banyak bagi bayi akan membantu tumbuh kembangnya dan juga bertujuan untuk menjaga kesehatannya. Karena itulah, mengonsumsi beberapa jenis makanan untuk melancarkan produksi ASi sangat penting dilakukan oleh ibu menyusui. Adapun jenis makanan penambah ASI paling efektif tersebut, antara lain:

1. Buah Pepaya

Pilihan jenis makanan penambah ASI yang paling efektif pertama adalah buah pepaya. Mengonsumsi buah pepaya membantu ibu menyusui memperbanyak produksi ASI-nya. Ini dikarenakan di dalam buah pepaya terdapat kandungan enzim yang membantu pencernaan protein. Dalam memproduksi ASI, tubuh ibu membutuhkan protein yang banyak. Tidak hanya itu saja, pepaya dengan kandungan cairannya yang cukup banyak juga membantu mencukupi kebutuhan cairan untuk memproduksi ASI.

Untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut, ibu bisa mengonsumsinya secara langsung atau menjadikannya olahan lain seperti sup (pepaya mentah). Pepaya muda atau mentah bisa juga dijadikan olahan sayur asam untuk khasiat yang sama.

2. Bayam

Hampir semua jenis sayuran hijau memiliki khasiat memperbanyak produksi ASI ibu yang sedang menyusui. Namun, dari sekian banyaknya sayuran hijau tersebut, bayamlah yang paling efektif meningkatkan produksi ASI. Hal ini dikarenakan kandungan enzim Phytoestrogens yang memang berkhasiat memperbanyak ASI.

Selain itu, bayam juga termasuk jenis sayur yang kaya akan zat besi yang berguna dalam proses pembentukan sel darah merah. Ada pula kandungan vitamin B6 yang berkhasiat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Masih ada banyak lagi kadungan nutrisi dan vitamin lain yang ada di dalam bayam, di antaranya protein, mineral, Vitamin A, C, E, dan K.

3. Daun Katuk

Sudah sejak lama daun katuk menjadi salah satu jenis makanan penambah ASI yang paling efektif dan dijadikan pilihan terbaik. Daun katuk sendiri merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan protein baik, di mana protein tersebut sangat dibutuhkan dalam produksi ASI. Mengonsumsi daun katuk akan mampu mencukupi kebutuhan protein pada ibu menyusui.

Perlu kamu tahu, Ibu yang sedang menyusui membutuhkan asupan protein sebanyak 60 gram per harinya. Sementara untuk wanita yang tidak sedang menyusui, hanya membutuhkan sekitar 40 gram protein saja setiap harinya.

4. Oatmeal

Jenis makanan penambah ASI paling efektif berikutnya yang jarang orang tahu adalah Havermouth atau lebih sering dikenal dengan oatmeal. Oatmeal ternyata punya khasiat yang baik dalam meningkatkan produksi ASI. Ini karena ketika seorang ibu menyusui mengonsumsi Havermouth, maka akan membuatnya lebih relaks. Kondisi seperti ini dapat memicu produksi hormon tertentu bernama hormon oxytocin. Hormon inilah yang mempunyai pengaruh penting terhadap produksi ASI.

Tidak hanya itu, Oatmeal atau Havermouth juga punya kandungan serat cukup tinggi yang mampu menjaga kesehatan serta kelancaran sistem pencernaan. Oatmeal juga dipercaya ampuh mengendalikan diabetes setelah melahirkan.

5. Asparagus

Asparagus juga menjadi salah satu jenis sayuran yang dipercaya bisa membantu melancarkan produksi ASI. Ibu menyusui yang menginsumsi asparagus secara rutin akan membuatnya mendapatkan manfaat serta khasiat yang cukup banyak dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Asparagus ini sendiri memiliki kemampuan merangsang hormon pada ibu menyusui yang berperan penting dalam produksi ASI.

Selain itu, Asparagus juga termasuk sayuran hijau yang punya kandungan serat cukup tinggi, sehingga mampu membantu melancarkan sistem pencernaan. Asparagus juga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin K yang cukup tinggi. Untuk melancarkan ASI dengan memanfaatkan asparagus, ibu bisa merebus sayur tersebut dengan susu. Selanjutnya saring dan minum secara rutin agar produksi ASI lebih meningkat.

6. Ubi Jalar

Jenis makanan penambah ASI yang cukup efektif selanjutnya adalah ubi jalar. Untuk bisa mendapatkan manfaat dari ubi jalar dalam melancarkan produksi ASI cukup mudah. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar rebus, membuat smoothie dari ubi jalar dan apel, atau bisa juga dengan mengolah ubi jalar menjadi puding nikmat.

Ubi jalar ini sendiri punya kandungan nutrisi dan juga vitamin yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi. Selain menjadi salah satu sumber utama potasium, ubi jalar juga kandungan karbohidrat cukup tinggi yang bermanfaat untuk menghasilkan energi tubuh. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin, B Kompleks, dan juga mineral relaksan otot.

7. Air dan Susu Sapi

Untuk memperbanyak produksi ASI, sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan cara meminum air putih yang banyak. Meskipun ibu menyusui sudah mengonsumsi jenis makanan penambah ASI, tapi tidak diimbangi dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh maka hal tersebut akan percuma. Minumlah air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per hari agar produksi ASI lebih lancar.

Selain itu, ibu juga bisa meminum susu sapi sebagai tambahan cairan lainnya. Di dalam susu sapi terdapat kadungan kalsium dan juga EFA yang juga berkhasiat dalam meningkatkan laktasi.  Mengonsumsi susu sapi selama masa menyusui juga bisa membantu mencegah bayi dari alergi susu sapi.

Itulah tadi beberapa jenis makanan penambah ASI yang paling efektif bisa ibu konsumsi. Selain dari makanan serta minuman, suasana hati yang bahagia juga bisa membantu tubuh memproduksi ASI lebih lancar. Sangat penting menjaga produksi ASI tetap lancar, mengingat ASI merupakan makanan utama bagi seorang bayi sebelum ia diperbolehkan mengonsumsi jenis makanan lainnya. 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini