7 Tips Menabung untuk Nikah di Masa Muda Paling Efektif

762

Koran.idMenikah di usia muda memang tak semudah membalikkan telapak tangan, alasanya karena sebelum kamu melakukan perencanaan terlebih dahulu apakah kamu sudah direstui orang tua-kah, selain itu juga kamu harus terbentur dengan dana untuk keperluan menikah. Maka dari itu menikah di usia muda memang tak ada larangan bagi siapapun, akan tetapi kamu harus melakukan beberapa tips menabung untuk nikah di masa muda paling efektif.

Merencanakan pernikahan memang harus terkonsep dengan baik, apa saja keperluan yang akan di gunakan nantinya mulai dari biaya tempat nikah, makanan dan masih banyak lagi. Pasti dengan kebutuhan seperti itu kamu setidaknya harus mempersiapkan budget, maka dari itu ada baiknya untuk menabung mulai sekarang. Nah bagi kalian yang ingin mengetahui tips menabung untuk nikah di usia muda, langsung saja yuk simak selengkapnya dibawah ini :

7 Tips Menabung untuk Nikah di Masa Muda Paling Efektif

1. Memiliki Komitmen yang Kuat

Yang pertama tips menabung untuk nikah di masa muda adalah harus mempunyai komitmen yang kuat, alasanya karena dengan tekat yang dimiliki maka komitmen ini akan serius untuk dijalani. Begitu juga pada hal menabung ini, pasti jika kalian sudah ada dorongan dari pribadinya maka akan mudah untuk mulai nabung dari sekarang.

Karena pada umumnya apabila menabung itu tak mudah, dibandingkan uang yang dikeluarkan buat yang tidak penting. Dari dorongan keseriusan kamu pada komitmen tadi maka sedikit banyak kamu memiliki rencana di masa mendatang untuk menikah. Jadi percayalah dengan komitmen kamu itu, harus dibarengi niat agar menabung tak banyak mengalami rintangan.

2. Membuat Anggaran Pernikahan

Langkah berikutnya kalian harus menyusun anggaran yang dibutuhkan waktu pernikahan, meski pernikahan itu tidaklah mewah hanya sederhana tetapi kalian harus benar-benar tahu mengenai anggaran tersebut. Jadi usahakan rincian tersebut selalu nyata atau detail pada harga sewa nantinya, sehingga dengan tampilan yang nyata akan membuat kalian terpacu ingin melakukan pengumpulan uang.

Kebutuhan nikah memang identik sekali dengan menyewa tempat/ gedung, makanan atau katering dan gaun pengantin, tapi pastikan kalian harus menyertakan kebutuhan yang lainnya seperti ongkos undangan, sewa kursi dan lain sebagainnya. Jika kebutuhan sepele tersebut tidak disertakan secara rinci, maka bisa-bisa budget yang kamu kumpulkan menjadi bengkak.

3. Menyisihkan Pendapatan

Betapa pentingnya menyisihkan pendapatan atau gaji untuk kebutuhan nikah nanti, kalian harus bisa mengatur pendapatan ketika bekerja. bagilah budget keperluan kamu dengan yang di tabung. Jadi ambilah gaji kamu kurang lebihnya 20% sampai 30% saja, jadi sisanya bisa buat kebutuhan sehari-hari kamu untuk makan dan keperluan lainnya.

Menyisakan gaji memang terkadang kamu lupa untuk mengalokasikannya, jadi kalian harus tepat dalam mengambil langsung dari pendapatan kamu. Agar nantinya pendapatan yang sudah terbagi tadi sudah menjadi bagian menabung untuk kebutuhan nikah, lakukan aktivitas ini setiap bulannya atau ketika kamu sedang gajian.

4. Membawa Bekal Sendiri

Terkadang kebutuhan sehari-sehari kalian membengkak karena adanya sesuatu yang sepele seperti kebutuhan makan diluar atau lainnya, untuk mengurangi pendapatan pada kebutuhan tiap hari kamu bisa mengawali dengan membawa bekal sendiri ketika bekerja. itu bisa berupa makanan dan minuman, jadi jangan sampai hal sepeleh tersebut memberatkan kamu ketika menyisishkan pendapatan.

Perlu kalian ketahui ya? membawa bekal juga membantu banyak untuk mengurangi biaya pendapatan kamu sampai dua kali lipat, hal ini terbukti bila kamu seharinya makan dan minum dengan harga sekian maka harga tersebut jika dikalikan sampai satu bulan akan menjadi sangat besar loh. Yuk manfaatkan tips seperti ini untuk meringankan kebutuhan kamu nantinya.

Baca Juga: 7 Cara Ta’aruf Berdasarkan Ajaran Islam Supaya Dapat Jodoh Terbaik

5. Merinci Pengeluaran serta Pemasukan

Memang sih kalian tidak ingin ribet dalam hal pengeluaran dan pemasukan yang di rinci, namun untuk mengetahui pendapatan kamu yang keluar dan masuk maka harus dilakukan pencatatan seperti kamu mendata ketika membeli di sebuah toko. Sekecil apapun jika melakukan pencatatan baik itu pengeluaran maupun pemasukan, maka kamu akan tahu nantinya besarnya kebutuhan sehari-hari.

Jadi ambilah langkah seperti ini untuk menyeimbangkan harga masuk dan pengeluaran, jangan sampai kedua hal tersebut berbanding terbalik seperti banyak pengeluaran dibandingkan pemasukan tadi. yang terpenting kamu harus bisa mengatur sedetail mungkin dan sekaligus menghemat selama menabung itu berjalan.

6. Kebutuhan Nikah dicicil

Betapa pentingnya menabung dari sekarang untuk nikah di masa muda, sama seperti halnya kamu bisa mencicil keperluan nikah mulai dari yang biasa dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk bertransaksi nantinya ketika sudah waktunya nikah, jadi kamu tak perlu banyak-banyak untuk hal mencicil ini cukup kebutuhan yang mendasar dan cukup untuk pendapatan-mu.

Kebutuhan yang di cicil nanti ini bukan termasuk mengambil dari uang yang di tabung, namun hasrat kamu sendiri yang akan membeli sesuatu kebutuhan nikah dengan memakai budget sehari-hari tanpa harus mengurangi isi tabungan. So dari langkah yang cerdas ini maka kalian akan merasakan keuntunganya sendiri dan makin mudah nantinya.

7. Melakukan Investasi

Carilah investasi yang aman, yang tentu saja kamu harus melakukanya ketika ingin menikah muda. Investasi ini bisa kamu lakukan di tempat kerja atau pengelolaan uang yang baik, jadi uang menabung dan investasi ini akan sangat memudahkan kamu nantinya jika hari H itu berlangsung, dan pastikan untuk investasi ini aman ya?

Nah, itulah tentang 7 Tips Menabung untuk Nikah di Masa Muda Paling Efektif. Jadi yang terpenting kamu kuatkan komitmen ini untuk melancarkan semuanya dan dengan begitu bukan tidak mungkin jika pernikahan idaman kamu menjadi kenyataan. Semoga bermanfaat

Artikel Sebelumnya7 Jenis Makanan Penambah ASI yang Terbukti Efektif
Artikel SelanjutnyaTips Menurunkan Berat Badan Ala Aktris Korea, Cepat dan Efektif!
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini