Hati-hati! Ini 7 Bahaya Gadget Bagi Anak Perlu Orangtua Tahu

0
672

Koran.id – Gadget merupakan sebuah alat teknologi canggih yang dihadirkan untuk mempermudah kehidupan umat manusia. Gadget memiliki fungsi yang fleksibel, mulai dari sebagai alat komunikasi, sarana media refrensi, sarana bisnis, hingga sebagai hiburan seperti bermain game. Tetapi ternyata, dibalik kegunaannya yang beragam tersebut, gadget memiliki dampak negatif tersendiri. Ada beberapa bahaya gadget bagi anak khususnya yang perlu diwaspadai oleh orang tua.

Bahaya ini sendiri tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, melainkan juga pada mental anak. Sebaiknya orangtua membatasi kegiatan anak dalam memainkan gadget, agar dampak negatif tersebut tidak dialami olehnya. Adapun bahaya gadget bagi anak tersebut bisa kalian simak ulasan di bawah ini.

Table Of Contents

7 Bahaya Gadget Bagi Anak Perlu Orangtua Tahu

Salah satu daya tarik anak terhadap gadget adalah karena banyaknya pilihan game yang disediakan di dalamnya. Apalagi game-game yang tersedia tersebut bisa dimainkan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya. Kaseruan yang diberikan oleh sebuah game ternyata membuat anak kecanduan akan hal tersebut. Kecanduan game ini sendiri sudah ditetapkan sebagai salah satu penyakit gangguan mental oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Bahaya Gadget Terhadap Anak

Sebaiknya jangan biarkan anak terlalu asyik sendiri dengan gadget tanpa memikirkan aktivitas lainnya. Kalau perlu beri batasan waktu untuk mereka, kapan waktunya bermain game dan kapan waktunya melakukan aktivitas penting lainnya, misalnya belajar. Adapun bahaya lain dari gadget bagi anak yang perlu diwaspadai, di antaranya:

1. Kesehatan Mata Menurun

Bahaya gadget bagi anak yang pertama adalah dapat menurunkan kesehatan mata mereka. Saat menatap layar gadget terlalu sering, hal ini akan menyebabkan akomodasi atau kontraksi otot cilliaris di dalam bola mata. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus maka akan mengakibatkan mata minus. Risiko ini akan semakin besar jika dilakukan oleh anak yang sedang dalam tahap perkembangan.

Fakta lain menyebutkan, mata akan memiliki tingkat penyerapan sinar biru dari layar gadget lebih besar dibandingkan mata orang dewasa.  Sinar biru dari layar gadget inilah yang nantinya memberikan gelombang yang akan masuk ke retina dan memberikan efek buruk pada sel-sel di dalamnya.

2. Waktu Tidur yang Tidak Teratur

Karena keasyikan mereka memainkan gadget, hal ini membuat jam tidur mereka berkurang. Saat malam hari mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget dibandingkan dengan tidur. Karena siklus tidur yang tidak teratur membuat mereka lebih mudah mengantuk saat di siang hari.

Waktu tidur yang terbatas serta tidak teratur juga membuat mereka susah untuk fokus, sehingga saat menerima pelajaran di sekolah menjadi kurang efektif. Tidak heran mereka akan lebih susah menangkap apa yang diajarkan oleh guru di sekolahnya. Padahal, waktu tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh anak yang masing dalam tahap perkembangan.

3. Menjadikan Ia Pelupa

Bahaya gadget bagi anak yang perlu diwaspadai berikutnya adalah kecanduan gadget membuat anak menjadi sangat pelupa. Bermain gadget secara belebihan bisa mempengaruhi otak anak, sehingga bisa mengganggu daya memorinya.

Sebenarnya, hadirkan sebuah perangkat gadget dengan segala kecanggihannya akan cukup membantu anak dalam belajar. Tapi jika menggunakannya secara berlebihan, apalagi hanya digunakan untuk sekedar main game, pasti ini akan memberikan efek yang buruk. Tidak hanya bagi kesehatan fisik, melainkan juga mental mereka. Di sini peranan orangtua sangat penting dalam mengatur waktu anak agar tidak sampai kecanduan gadget.

4. Kondisi Mental Anak Terganggu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, terlalu sering bermain gadget juga akan mempengaruhi mental anak. Beberapa masalah mental bisa dialami oleh anak yang kecanduan gadget, seperti depresi, kesepian, merasa cemas, dan juga perubahan suasana hati anak. Yang lebih parahnya lagi, anak yang terlalu sering main gadget juga bisa meningkatkan risiko Autisme dan ADHD.

Kembali ke poin tadi, orangtua harus memberi batasan kepada anak untuk bermain gadget. Diusahakan jangan sampai melewati waktu selama 7 jam sehari untuk anak bermain gadget kesukaannya. Jika dibiarkan, siap-siap anak akan mengalami gangguan mental seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

5. Kemampuan Psikomotorik Menurun

Anak yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk sekedar main gadget, akan berdampak menurunnya kemampuan psikomotorik mereka. Ini juga menjadikan mereka tidak bisa mengeksplor bakat psikomotorik yang ia miliki.

Pada tahap perkembangannya, anak disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas fisik agar ia bisa mengembangkan kemampuan otak kanannya. Selain itu, mereka juga harus lebih sering bermain dengan teman sebayanya dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka.  Jika sudah kecanduan gadget, hal ini tidak akan lagi dihiraukan oleh anak. Mereka jadi lebih sibuk dengan gawainya yang ia anggap lebih seru dibandingkan melakukan aktivitas lain bersama teman-temannya.

6. Bisa Menimbulkan Sifat Agresif

Saat ini terdapat banyak sekali video game yang menyuguhkan konten-konten yang bersifat kekerasan. Anak yang suka bermain game semacam ini, apalagi sampai membuatnya ketagihan maka akan memicu sifat agresif pada dirinya. Bukan hanya terhadap orang lain, bahkan sifat agresifnya juga muncul saat orangtua menegurnya.

Kondisi ini juga akan mempengaruhi keterampilan mereka dalam berpikir, serta membuatnya tidak bisa mengendalikan emosi. Sebelum anak terlanjur mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya buat seminimal mungkin anak bermain dengan gadgetnya.

7. Meningkatkan Risiko Obesitas pada Anak

Bahaya gadget bagi anak yang harus diwaspadai selanjutnya adalah bisa memicu mereka mengalami yang namanya kelebihan berat badan atau sering disebut obesitas. Obesitas ini sendiri timbul akibat dari anak yang malas bergerak atau melakukan aktivitas lain selain bermain gadget.

Hari-hari mereka diisi dengan hanya bermain game yang ada di gawainya. Seperti yang kita tahu, mengonsumsi berbagai makanan berlemak tanpa diimbangi dengan olahraga yang rutin bisa meningkat kan risiko obesitas.

Itulah tadi beberapa bahaya gadget bagi anak yang perlu orangtua tahu. Selain beberapa bahaya di atas, sebaiknya masih ada beberapa lagi bahaya yang bisa ditimbulkan oleh gadget, di antaranya membuat anak jarang olahraga, menurunkan kemampuan kognitif, membutuhkan waktu lama untuk mengenali aktivitas baru, dan juga mendapat paparan radiasi yang cukup banyak. Peran orangtua sangat penting dalam membatasi aktivitas anak bermain dengan gadgetnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya7 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami yang Ampuh
Artikel Selanjutnya7 Jenis Makanan Penambah ASI yang Terbukti Efektif
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini