10 Rekomendasi Merek Kamera Mirrorless untuk Pemula Hingga Profesional

47
Merek Kamera Mirrorless
Merek Kamera Mirrorless

Koran.id – Kamera Mirrorless merupakan salah satu tipe kamera yang tidak dilengkapi dengan cermin mekanik sebagai pemantul cahayanya. Hal ini membuat kamera tipe ini bodinya lebih slim dan ringkas, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Meski begitu, kamera mirrorless ini mampu menghasilkan foto yang super keren dan berkualitas bagus, tidak kalah dengan kamera DSLR. Dan saat ini sudah ada banyak merek kamera mirrorless terbaik di pasaran yang bisa kamu miliki.

Sama seperti tipe kamera DSLR, kamera mirrorless juga tersedia dalam beberapa seri untuk masing-masing merek. Namun, kebanyakan kamera mirrorless ini ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal, bahkan ada kamera mirrorless yang ditawarkan seharga Rp 90 jutaan. Sementara untuk penggunaannya sendiri bisa dibilang lebih mudah dibandingkan kamera DSLR. Meski begitu, tidak jarang para fotografer profesional mengandalkan kamera mirrorless untuk kebutuhan fotografinya.

Daftar Merek Kamera Mirrorless untuk Pemula Hingga Profesional

Kamera mirrorless memiliki kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik utamanya. Salah satunya adalah dari segi desain, kamera tipe ini didesain cukup ringkas sehingga mudah untuk dioperasikan. Kebanyakan kamera mirrorless mengusung desain klasik, namun tetap tampak elegan dan bisa menjadi penunjang penampilan penggunanya.

Beberapa tipe kamera mirrorless juga mengusung mode lensa kit, di mana untuk tipe ini kamu memungkinkan untuk mengganti lensa kamera agar hasil foto dan videonya semakin sempurna. Selain itu, pada kamera mirrorless biasanya juga dibekali dengan fitur Image Stabilizer yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kamera saat memotret objek. Jika pun tidak dibekali fitur ini, kamu bisa memilih untuk menggunakan gimbal untuk penstabil kamera.

Mengenai kamera mirrorless sendiri, sekarang sudah banyak merek ternama yang menghadirkannya. Masing-masing kamera pasti punya kelebihan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi pengguna. Untuk harga banderolnya cukup bervariasi, mulai dari yang ditawarkan dengan harga murah hingga mahal.

Adapun beberapa pilihan merek kamera mirrorless terbaik yang cocok untuk pemula hingga profesional selengkapnya, sebagai berikut:

1. Sony

Sony
Sony

Pilihan merek kamera tanpa cermin atau mirrorless terbaik yang pertama yakni Sony. Kita tahu Sony merupakan brand ternama yang punya keunggulan pada lensa kameranya. Bahkan lensa kamera dari Sony ini sampai-sampai diadopsi oleh banyak brand smartphone ternama di dunia. Tidak lain karena lensa kamera yang dihasilkannya tersebut sangat berkualitas dan mampu menangkap objek dengan hasil yang sempurna.

Sony sendiri sudah menghadirkan banyak seri kamera mirrorless terbaik yang ditawarkan dengan harga murah hingga mahal. Untuk versi murah kamu bisa menjatuhkan hati pada seri kamera Sony A5100 yang ditawarkan seharga Rp 5.5 jutaan. Sementara untuk kebutuhan profesional, kamu bisa pilih seri Sony Alpha 9 yang dijual dengan harga Rp 59 jutaan.

2. Fujifilm

Fujifilm
Fujifilm

Berikutnya ada merek Fujifilm yang juga cukup terkenal dengan produk kamera mirrorlessnya yang berkualitas bagus. Kamera mirrorless dari Fujifilm kebanyakan mengusung desain klasik dan kaku, namun tetap berkesan elegan. Bodinya terbuat dari material yang berkualitas bagus, sehingga cukup tangguh dan kokoh.

Tidak hanya dari segi tampilan, Fujifilm juga membekali produk kameranya dengan berbagai fitur canggih untuk menunjang aktivitas fotografi. Penggunaannya cukup mudah, kamera satu ini cocok digunakan oleh pemula hingga profesional. Salah satu seri kamera mirrorless dari Fujifilm yang cukup banyak diminati adalah Fujifilm X-T3.

3. Panasonic

Panasonic
Panasonic

Panasonic tidak hanya memproduksi perangkat televisi saja, melainkan juga kamera. Bekerjasama dengan Lumix, Panasonic telah menghadirkan beberapa seri kamera terbaik dikelasnya. Salah satunya adalah kamera mirrorless bertajuk Panasonic Lumix GH5 yang ditawarkan seharga Rp 18 jutaan.

Kamera Panasonic Lumix GH5 ini menggunakan sensor MOS dengan resolusi sebesar 20.3MP, serta didukung dengan rentang ISO mencapai 25.600. Ditambah lagi dengan dukungan fitur 5-Axis Sensor Stabilization yang membuatnya mampu menghasilkan foto yang tajam, jernih dan anti-blur. Sementara untuk mode sambungannya sendiri terbilang cukup lengkap, yakni sudah dibekali dengan sambungan bluetooth dan wifi.

4. Canon

Canon
Canon

Canon sebenarnya lebih dikenal sebagai produsen kamera DSLR dibandingkan kamera mirrorless. Namun, kualitas dari kamera mirrorless besutan Canon ini bisa dibandingkan dengan seri kamera dari merek lainnya. Kamera mirrorless Canon mampu menghasilkan jepretan foto yang super menakjubkan yang jernih dan tajam. Tidak lain karena Canon telah membekali kameranya tersebut dengan fitur canggih yang lengkap.

Canon sendiri sudah merilis beberapa seri kamera mirrorless dan menjadi pilihan favorit banyak pecinta fotografi. Salah satunya adalah seri kamera Canon EOS M50 yang ditawarkan seharga Rp 8 jutaan saja. Kamera satu ini didukung dengan sensor APS-C CMOS yang memiliki resilusi 24.1MP, serta diperkuat dengan prosesor Digic 8 sebagai pemrosesannya.

5. Nikon

Nikon
Nikon

Sama seperti merek Canon, Nikon juga terkenal dengan produk kamera DSLR-nya yang berkualitas bagus dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Masyarakat Indonesia khususnya pasti sudah tidak asing lagi dengan merek kamera digital satu ini. Selain kamera DSLR, Nikon juga telah menghadirkan beberapa seri kamera mirrorless. Salah satunya adalah seri kamera Nikon Z50 Kit 16–50 mm.

Kamera mirrorless model lensa kit satu ini memungkinkan untuk kamu bongkar dan ganti lensanya jika masih kurang memuaskan. Di dalamnya dibekali dengan beragam fitur canggih yang membuatnya mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas bagus. Desainnya cukup elegan dengan material bodi yang kokoh, membuat kamera ini disukai oleh para fotografer.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Hasil Foto Menakjubkan

6. OLYMPUS

OLYMPUS
OLYMPUS

OLYMPUS merupakan salah satu brand kamera tertua yang ada di dunia, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu pelopor kamera digital yang ada saat ini. OLYMPUS sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang optik dan gambar, dan salah satu produksinya yakni kamera. Sudah banyak seri kamera terbaik yang dihadirkan oleh merek satu ini, misalnya saja kamera mirrorless.

Untuk seri kamera mirrorless OLYMPUS, salah satu yang cukup banyak diminati yakni OLYMPUS OM-D E-M10 Mark III. Kamera satu ini ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, namun kualitas yang dimilikinya bisa dibandingkan dengan kamera dari merek lain. Desainnya tampak klasik dengan desain khas ala kamera OLYMPUS.

7. Samsung

Samsung
Samsung

Brand kamera mirrorless lainnya yang juga punya banyak koleksi kamera terbaik bisa kamu pilih yakni Samsung. Brand satu ini memang sudah sangat terkenal di seluruh dunia, bahkan di Indonesia. Salah satu keunggulan dari brand Samsung adalah produknya yang berkualitas bagus dan cukup awet. Desainnya juga trendi, menyesuaikan dengan tren dari masa ke masa.

Begitu juga dengan produk kamera mirrorless yang dihadirkannya, Samsung selalu serius dalam memproduksi semua produknya ini. Samsung sendiri sudah menghadirkan beberapa seri kamera mirrorless terbaik dan bisa kamu beli di toko online maupun offline. Salah satunya adalah seri kamera Samsung NX3000 yang mengusung desain trendi dan modern. Didukung dengan layar LCD seluar 3 Inci, layarnya ini memungkinkan untuk diputar hingga 180 derajat untuk kebutuhan selfie.

8. Leica

Leica
Leica

Satu lagi merek kamera yang punya keunggulan pada sensor lensanya, yakni Leica. Layaknya sensor lensa dari Sony, sensor lensa Leica juga menjadi pilihan para produsen perangkat smartphone ternama. Hasilnya kamera yang disematkan pada produk smartphonenya mampu menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi.

Untuk urusan produksi kamera mirrorless Leica tidak begitu banyak seri yang dihadirkan. Salah satunya adalah kamera Leica M10 Digital Rangefinder Camera yang diklaim menjadi salah satu kamera mirrorless terbaik.

9. Hasselblad

Hasselblad
Hasselblad

Beberapa dari kalian mungkin masih agak asing dengan merek kamera digital satu ini. Padahal brand tersebut sudah sangat terkenal di luar negeri dan bahkan produk kameranya bisa dibilang cukup mahal. Misalnya saja untuk seri kamera Hasselblad X1D-50c yang ditawarkan seharga Rp 136 jutaan, itupun belum termasuk lensanya.

Seri kamera Hasselblad X1D-50c ini didukung dengan lensa kit yang bisa kamu ganti dengan mudah. Siap-siap kantongmu terkuras jika ingin membeli kamera super keren dari Hasselblad ini. Harga tersebut tentunya sudah sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh kamera ini.

10. Ricoh

Ricoh
Ricoh

Dan pilihan merek kamera mirrorless terbaik yang terakhir yakni bernama Ricoh. Brand kamera satu ini memang masih kalah pamor dengan brand sekelas Nikon dan Canon. Namun, untuk soal kualitas bisa dibandingkan sendiri dengan beberapa merek tersebut. Kamera Ricoh memiliki keunggulan tersendiri yang menjadi daya tariknya bagi pecinta fotografi.

Untuk urusan produksi kamera mirrorless, salah satu seri kamera mirrorless Ricoh yang bisa kamu pilih yakni bernama Ricoh GXR MOUNT A12 LENS DC KIT. Hadir dengan desain yang simpel, kamera ini dilengkapi dengan pegangan dengan permukaan grid yang membuat penggunanya lebih nyaman saat memotret. Di bagian belakang bodi kamera dibekali dengan layar seluas 3 Inci sebagai tambahannya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi merek kamera mirrorless terbaik yang cocok digunakan oleh pemula hingga profesional bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Hasil Foto Menakjubkan
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Alat Penghemat Listrik Terbaik untuk Rumahan
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini