Ini Dia Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Agar Lebih Paham Tentang Teknologi

0
345

Koran.id – Bahkan hampir di setiap harinya kamu sepertinya tidak pernah bisa jauh – jauh dari namanya teknologi. Baik itu Air Conditioner atau yang lebih dikenal dengan sebutan AC, smartphone atau PC, komputer, atau laptop yang digunakan untuk mengerjakan tugas – tugas sekolah, kuliah, dan tugas kantor. Pada kenyataannya hal tersebut hanya sebatas menggunakan, kamu tidak memahaminya. Padahal ada beberapa hal penting yang tentu saja harus banget kamu tahu agar lebih paham tentang teknologi. Apa itu? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penting sekali untuk kamu tahu bahwa pada dasarnya dunia teknologi di zaman sekarang jauh lebih penting dari apa yang telah kamu pikirkan sebelumnya. Menjadi salah satu yang penting, tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang tidak bisa lepas dari namanya teknologi di kehidupan sehari – harinya. Bahkan kecanggihan teknologi yang ada membuat banyak orang bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya mungkin tidak bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan praktis.

Mungkin diantara kalian ada yang tidak tahu atau bahkan tidak sadar bahwa pada kenyataannya hadirnya teknologi yang semakin kesini semakin maju dan canggih dapat mempengaruhi budaya, politik, hingga masyarakat. Maka dari itu penting sekali bagi kamu semua untuk memahami dan mengerti lebih jauh tentang teknologi. Berikut ini ada beberapa poin penting yang bisa membuat kamu berpikir lebih kritis lagi tentang teknologi, yang ternyata dalam memberikan pengaruh cukup besar pada kehidupan kita.

Ini Dia Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Agar Lebih Paham Tentang Teknologi

Ini Dia Hal Penting yang Harus Kamu Tahu Agar Lebih Paham Tentang Teknologi

1. Keberadaan teknologi tak pernah netral

Asal kamu tahu saja bahwa pada dasarnya teknologi dibuat dengan tujuan untuk membantu kehidupan manusia agar jadi lebih baiak dan mudah, tentu saja yang demikian tersebut juga dibuat menurut keinginan pembuat atau developernya. Jika kamu tahu lebih jauh lagi mengenai teknologi, ternyata ada nilai – nilai yang terkandung di dalam teknologi tersebut jika didasarkan pada prioritas sang pembuatnya. Jadi semua kehidupan kamu yang berubah akibat keberadaan teknologi adalah dikarenakan keinginan dari sang pembuat teknologi itu sendiri.

2. Tak ada pembuat jenius dalam teknologi

Misalnya saja jika kita melihat lebih jauh lagi mengenai Steve Jobs, ia adalah salah seorang yang berhasil mendapatkan kredit sebagai salah satu penemu iPhone. Tapi pada kenyataannya iPhone diciptakan karena usaha banyak orang yang bekerja pada Apple. Ini merupakan hasil dari proses orang lain yang telah mencoba menciptakan sebuah produk serupa yang jauh lebih canggih lagi. Mitosnya seperti ini, Lone Creator merupakan sesuatu yang bisa dikatakan cukup berbahaya sekali. Alasannya, dapat menyingkirkan semua proses penciptaan sebuah teknologi.

3. Dengan menggunakan salah satu dari 3 cara perusahaan di bidang teknologi dapat untung

Pertanyaannya seperti ini, kira – kira dari mana sih perusahaan besar di bidang teknologi ini bisa mendapatkan keuntungan yang besar? Ternyata keuntungan tersebut didapatkan dengan menggunakan salah satu dari 3 cara.

Pertama adalah dari pengiklanan. Baik itu Google atau pun Facebook sendiri sebagian besar mendapatkan uang atau keuntungannya dengan menjual informasimu kepada para pengiklan. Lalu untuk yang kedua adalah para pebisnis besar, yakni Microsoft dan Oracle yang bisa muncul dikarenakan ada perusahaan besar lain yang butuh tenaga mereka dan berani bayar mahal. Kemudian yang terakhir adalah individu, yakni Apple dan Amazon. Mereka ternyata memiliki trik jitu untuk membuatmu membeli produk dan membayarkannya secara langsung kepada mereka. Ini merupakan suatu jenis bentuk bisnis yang terang – terangan.

4. Teknologi = fashion sebagai fungsi

Khususnya bagi orang luar, para pencipta atau developer lebih memilih teknologi berdasarkan apa yang saat ini dianggap paling modern, dan juga paling layak untuk melakukan tugas – tugasnya. Tapi pada kenyataannya membuat teknologi itu tidak jauh berbeda seperti mengikuti fashion yang saat ini lagi trend. Pembuat mengikuti apa yang sekarang sedang populer dan memberikan buah produk dari hal yang trendy tersebut.

5. Teknologi bukan tidak bisa dihindari

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa faktanya teknologi akan terus maju seiring dengan berkembangnya zaman, akan tetapi ternyata tidak sama seperti waktu, kita tentu saja bisa menghindarinya apabila kita memang tak inginkan keberadaan teknologi di kehidupan kita. Bahkan ada pula teknologi yang dianggal gagal produksi, selain dirasa tidak memberikan keuntungan bagi manusia, teknologi gagal tersebut juga tidak pernah digunakan. Jadi kamu tidak perlu berpikiran bahwasannya kamu saat ini sedang terjebak oleh keberadaan teknologi dan tidak memiliki pilihan lain selain mengikutinya.

6. Sebetulnya pecinta teknologi bermaksud baik

Setidaknya sekitar 90 persen ke atas para pencipta teknologi ini hanya menginginkan teknologi yang dibuatnya dapat memberikan dampak yang positif bagi para penikmat juga penggunanya. Penting sekali untuk kamu tahu bahwa pada saat ada seseorang yang menyalahgunakan keberadaan teknologi, kamu disarankan untuk tidak langsung berpikiran bahwa teknologi itu jahat dan keberadaan teknologi hanya dapat merugikan seseorang.

7. Sejarah teknologi tak terdokumentasi dengan baik

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa di depan mata kita saat ini sudah ada banyak sekali teknologi, yang tentu saja bisa digunakan kapan pun dan di mana pun kamu mau. Akan tetapi hal yang membuatnya unik adalah kita ternyata tidak bisa mengetahui siapa yang menciptakan teknologi tersebut dan bagaimana proses pembuatan teknologi yang selama ini telah kamu gunakan.

Bahkan ada banyak sekali pertanyaan – pertanyaan yang sampai sekarang masih belum terjawab, seperti bagaimana nasib sih pembuat aplikasi yang tidak laku di pasaran, dan apa saja masalah – masalah yang dihadapi ketika aplikasi yang dibuatnya tersebut tidak laku? Padahal dengan mengetahui hal yang semacam ini, pembuat teknologi di zaman sekarang tentu saja bisa menghindari masalah – masalah yang dilakukan oleh pembuat pendahulunya.

Nah, dengan mengetahui hal penting di atas tentu saja bisa menyadarkan kita bahwa selama ini kita memang masih belum paham, atau tidak tahu apa – apa mengenai teknologi. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan tentang hal penting yang harus kamu tahu agar lebih paham tentang teknologi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini