Alasan Kamu Harus Menghindari Kebiasaan Tidur Menggunakan Lensa Kontak

995
Menghindari Kebiasaan Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Koran.idPernahkah kalian menggunakan lensa kontak saat tidur? Jika pernah maka sangat berbahaya nih untuk kamu yang menggunakan lensa kontak bahkan sering, kebiasaan inilah yang akan menimbulkan perkara bagi timbulnya infeksi pada mata karena diakibatkan adanya virus, bakteri, jamur dan amuba. Jadi ada baiknya kamu harus menghindari kebiasaan tidur menggunakan lensa kontak ya?

Ketika tidur ketika keadaan mata terpejam tanpa melepas lensa kontak, akan menyebabkan kondisi mata memprihatinkan. Dimana kornea mata yang akan mengalami pembengkakan serius akan mengalami pandangan menjadi buram, hal ini tak lepas dari kornea yang tidak mendapatkan ruang untuk menerima oksigen pada area mata.

Alasan Menghindari Kebiasaan Tidur Menggunakan Lensa Kontak

Sebenarnya sih wajar saja ya setelah seharian beraktivitas, tetapi ketika selesain semua kegiatan yang dilakukan pasti membutuhkan istirahat dan kebiasaan ini kebanyakan langsung pergi tidur tanpa melepas terlebih dahulu lensa kontak. Dengan demikian dari kebiasaan yang pasti membahayakan kesehatan, lebih baik kamu dengan rutin selalu melepas terlebih dulu sebelum tidur.  Karena kalau tidak bahaya akan menghampiri kamu, seperti beberapa masalah dibawah ini.

1. Mata Sensitif

Yang pasti kalian rubah dalam rutinitas kali ini sebelum tidur yaitu wajib terlebih dahulu melepas lensa kontak, alasanya karena kornea mata saat sedang tidur dengan keadaan mata tertutup membutuhkan ruang cukup untuk oksigen. Tak lain tujuanya agar tidak terkena infeksi pada mata serta untuk menjaga kelembapan area mata.

Dampak yang terjadi pasti ada, lebih fatalnya lagi kamu tidak akan bisa menggunakan lensa kontak lagi seterusnya. Keadaan yang miris inilah yang memicu pembuluh darah pada area kornea mata yang menyebabkan sensitif dan peradangan.

2. Kondisi Mata Memerah (Konjungtivitas)

Seharian kamu beraktivitas berangkat pagi pulang sore, setelah sampai rumah keadaan kamu mengantuk dan butuh isitirahat di malam hari. Maka alangkah baiknya lagi untuk mengingatkan diri sendiri untuk melepas lensa kontak, jika ini terjadi terus berulang-ulang maka setelah bangun di pagi hari kondisi mata kamu memerah atau disebut juga konjungtivitas.

Wajar saja ya karena pada kornea mata yang tertutup lensa kontak berada di area mata yang terpejam, sehingga bakteri akan mudah terangsang dan akhirnya menyebabkan infeksi pada mata menjadi merah. Dalam keadaan ini kamu harus cek mata di ahlinya ya? agar diberikan ramuan obat tetesan mata sebagai penyembuhnya.

3. Menyebabkan Mata Merah Akut

Penyebab mata merah akut terjadi karena area mata dalam keadaan terpejam namun di dalamnya masih menggunakan lensa kontak, maka hal ini akan mengalami yang namanya infeksi alias CLARE. Dari beberapa masalah seperti mata akut itu akibatnya fatal sekali, area mata banyak sekali di tempati bakteri sehingga racun terus terproduksi sehingga kamu akan mudah terserang seperti mata merah, sakit mata dan rentan terhadap sinar cahaya. Jika ini terjadi pada mata kalian maka lakukan segera untuk mengobati dengan obat mata, serta lakukanlah pengecekan rutin untuk kesehatan mata ke dokter ahli.

4. Kondisi Mata Benjol

Mengapa kamu harus menghindari kebiasaan tidur menggunakan lensa kontak, alasanya begitu jelas banyak sekali penemuan masalah yang telah terjadi saat memakai lensa kontak saat tidur. Mata yang sudah menjadi terbiasa saat terlelap tapi tanpa melepas kontak lensa, akibatnya akan muncul benjolan pada kelopak mata bagian bawah.

Untuk mengatasi kondisi mata seperti itu kamu bisa membilasnya dengan air bersih dengan suhu yang hangat, air ini bisa kamu masak terlebih dahulu ya? setelah itu kamu bisa diamkan beberapa menit setelah keadaan air sampai hangat, ingat ya jangan air panas. Berikutnya kalian bisa menyiapkan kain lembut untuk mengompresnya pada bagian bawah yang ada benjolan tadi.

Baca Juga: 7 Masker Alami untuk Mata yang Efektif Menghilangkan Mata Panda

5. Mengakibatkan Mata Terluka

Kebiasaan tidur menggunakan lensa kontak terlalu lama tidak hanya menyebabkan mata menjadi merah saja, namun akibat lainya akan mata terluka. Hal ini tak terlepas dari lensa kontak yang berada di area korne mata akan mudah terkena gesekan, sehingga pada permukaan mata akan mengalami luka dan lebih bahayanya lagi jika luka tersebut akan terkena bakteri pada akhirnya mata akan menjadi infeksi.

Pasti kalian tidak ingin kan? Mata indah-mu yang selalu tampil cantik ketika menggunakan lensa kontak, dan tiba-tiba keesokan harinya setelah bangun pagi hari mata kamu terlihat sedikit membengkak akibat luka tadi. dari resiko inilah yang akan menjadi mungkin terserang kebutaan permanen, bahkan kamu akan banyak mengeluarkan uang untuk menyembuhkanya dengan membutuhkan operasi pada mata yang di cangkok pada kornea-nya.

Mengatasi Memakai Lensa Kontak Lensa Saat Akan Tidur

Hal yang harus diperhatikan ketika memakai lensa kontak dalam keadaan mata mengantuk, terlebih dahulu lepaskan lensa kontak segera. Selanjutnya pada keesokan harinya hindari menggunakan lensa untuk keperluan yang sama, mengganti dengan kaca mata saja. Alasanya agar area mata mendapatkan oksigen serta menjaga kelembapanya.

Kondisi mata yang lembab dan cukup mendapatkan angin segar, maka akan meminimalisir infeksi pada area mata. dan kamu bisa melakukan pencegahan ya dengan cara melakukan pengobatan mata dengan obat tetes mata, serta lakukan pengecekan secara rutin untuk konsultasi pada dokter ahli mata.

Nah, itulah tadi mengenai Alasan Kamu Harus Menghindari Kebiasaan Tidur Menggunakan Lensa Kontak. Jadi kesimpulanya kalian lebih baik untuk mencegahnya terlebih dahulu, hilangkanlah kebiasaan buruk seperti penggunaan lensa kontak saat tidur. Semoga referensi yang bermanfaat ini memberikan wawasan yang baik untuk kalian semuanya.

Artikel SebelumnyaRekomendasi Tempat Kuliner di Madiun yang Paling Terkenal Wajib Dicoba
Artikel SelanjutnyaRekomendasi Hotel Murah di Bali dengan Kolam Renang yang Kece dan Keren
Assalamualaikum, saya adalah pria yang akrab di sapa Dj Agha. Hobi olahraga dan sangat menyukai travelling, disamping itu saya senang dalam dunia blogging, Internet acces, dan desainer. Saya mengenal dunia blog hingga desainer sejak di masa kuliah, terus belajar sampai sekarang. "You never fail until you stop trying"

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini