Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip dan Cara Mengobatinya

0
310
Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip

Koran.id – Sakit pada area mata saat berkedip bisa dialami oleh semua orang, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Penyebab mata sakit saat berkedip juga ada banyak, beberapa diantaranya mungkin dianggap sepele oleh sebagian orang. Padahal jika dibiarkan bisa saja membuat mata mengalami masalah berbahaya. Risiko paling parahnya membuat mata tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana biasanya.

Sangat penting untuk mengetahui lebih dini penyebab mata terasa sakit saat berkedip. Dengan mengetahui penyebabnya maka kamu bisa melakukan penanganan yang lebih tepat nantinya. Selain penyebab, pada artikel ini saya juga akan membahas bagaimana cara mengobati mata sakit saat berkedip.

Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Mata Sakit Saat Berkedip

Ada banyak sekali penyebab mata sakit saat berkedip. Yang paling umum terjadi adalah dikarenakan terdapat debu atau kotoran yang masuk ke mata. Selain itu, mata sakit ketika berkedip juga bisa disebabkan oleh kondisi medis. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

1. Konjungtivitis

Penyebab mata sakit saat berkedip yang pertama adalah karena konjungtivitis. Konjungtivitis ini sendiri merupakan suatu kondisi dimana terjadi peradangan pada konjungtiva atau selaput bening yang menutupi putih mata dan juga kelopak bagian dalam mata. Peradangan menyebabkan pembengkakan sehingga membuat mata terasa sakit saat berkedip.

Konjungtivitis ini sendiri bisa dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Selain itu, infeksi menular juga bisa menjadi penyebab konjungtivitis.

2. Cedera pada mata

Penyebab selanjutnya adalah karena terjadi cedera pada bagian kornea mata sehingga membuatnya sakit ketika berkedip. Cedera pada mata umumnya diakibatkan oleh debu atau kotoran yang masuk ke mata sehingga membuatnya terasa sakit. Apalagi ketika kamu menggosok atau menyentuh mata, menyebabkan goresan pada kornea mata. Yang demikian ini tentu akan semakin memperparah kondisi mata, sehingga mata yang sakit akan lebih lama sembuhnya.

3. Terjadi infeksi di saluran air mata

Saluran air mata berfungsi sebagai jalan atau tempat keluarnya air mata ke bagian kelopak mata. Air mata ini sendiri sangat penting peranannya dalam menjaga kelembapan dan kebersihan mata. Jika mata kering, hal tersebut akan membuat mata terasa sakit dan pandangan pun juga kurang baik.

Pada kondisi tertentu, saluran air mata yang letaknya di sudut mata terkadang terasa sakit saat berkedip. Hal ini mungkin diakibatkan oleh tersumbatnya saluran air mata sehingga terinfeksi oleh bakteri. Jika hal ini terjadi sebaiknya langsung periksakan ke dokter.

4. Bintil mata

Saat kecil mungkin kamu pernah punya teman yang sering mengalami bintitan pada matanya, atau mungkin juga kamu pernah mengalaminya. Kondisi seperti ini sebenarnya tidak terlalu bersifat serius, biasanya bintitan akan sembuh dengan sendirinya.

Bintil mata ini sendiri adalah kondisi dimana kelopak mata terinfeksi oleh suatu bakteri sehingga membuatnya menjadi bengkak dan menyebabkan terjadinya rasa sakit saat berkedip. Sebenarnya bintil mata tidaklah menular, namun yang menular adalah bakteri penyebab kondisi tersebut. Bakteri yang bernama Staphylococcus bisa menular ke mata orang lain ketika terjadi kontak dekat dengan si penderita.

5. Sinusitis

Penyebab mata sakit saat berkedip selanjutnya adalah karena sinusitis. Sinusitis ini sendiri merupakan kondisi dimana sinus yang merupakan rongga kecil di sekitar mata dan hidung terjadi peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sinusitis biasanya ditandai dengan gejala mirip seperti flu. Penderitanya akan mengalami hidung tersumbat, nyeri di area wajah, sakit kepala dan juga mata terasa sakit saat berkedip. Jika hal ini terjadi, sebaiknya sesegera mungkin untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena jika dibiarkan sinusitis akan berdampak parah bagi kesehatan tubuh.

6. Neuritis optik

Neuritis optik juga bisa menjadi salah satu penyebab mata sakit saat  berkedip. Ini dikarenakan terjadinya peradangan pada bagian saraf optik sehingga membuat mata dan kelopak mata menjadi sakit saat bergerak. Selain membuat mata sakit, neuritis optik juga bisa menganggu transmisi informasi visual dari mata ke otak atau juga sebaliknya.

Beberapa kasus lain neuritis optik juga bisa menyebabkan mata penderita tidak bisa melihat dengan jelas. Bahkan juga membuat ia tidak bisa membedakan warna suatu benda atau objek dengan baik.

Masih ada banyak lagi penyebab mata sakit ketika berkedip, seperti sindrom mata kering, penyakit graves, ulkus kornea, blepharitis, hingga keratitis. Ketahui beberapa penyebabnya tersebut sejak dini agar bisa melakukan penangan dengan tepat dan cepat.

Cara Mengobati Mata Sakit Saat Berkedip Paling Mudah

Cara Mengobati Mata Sakit Saat Berkedip

Selain mengetahui penyebab mata sakit saat berkedip, ketahui juga bagaimana cara mengobatinya. Melakukan pengobatan sendiri pada mata yang sakit boleh dilakukan jika memang kondisinya tidak terlalu parah. Mengobatinya kamu bisa memanfaatkan obat sesuai resep dokter, obat yang dijual di pasaran atau juga dengan obat tradisional. 

Langkah yang paling mudah dilakukan ketika mata terasa sakit saat berkedip adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Ada banyak jenis obat tetes mata yang dijual bebas di pasaran. Namun jika kondisinya terbilang parah, alangkah lebih baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat.

Itulah tadi beberapa penyebab mata sakit saat berkedip dan cara mengobatinya yang benar. Obat tetes mata bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Atau jika sudah parah maka memeriksakan mata ke dokter adalah langkah paling tepat untuk kamu lakukan. Ketahui juga penyebab di atas lebih dini agar mata sakit tidak kamu rasakan. 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini