Daftar Teknologi Transfer Data Paling Canggih dan Terbaik Berkecepatan 20 MB per Detik

0
76

Koran.id – Disadari atau pun tidak, faktanya perkembangan di dunia teknologi yang berjalan begitu pesat membuat hampir semua aktifitas bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis. Baru – baru ini bahkan vendor smartphone ternama asal Tiongkok, Xiaomi, umumkan grup Inter Transfer Alliance, dimana brand smartphone tersebut mencoba bergabung dengan Vivo dan Oppo. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan sebuah layanan terkini di zaman serba canggih seperti sekarang, yakni AirDrop. Teknologi tersebut dibuat khusus untuk urusan transfer file. Kabar baiknya, teknologi transfer data atau file tersebut diklaim paling canggih sebab, memiliki kecepatan hingga 20 MB per detik.

Ya, platform tersebut memungkinkan sebuah perangkat dari berbagai merek smartphone bisa bertukar foto atau dokumen dengan mudah hanya beberapa klik saja. Dibekali dengan kecepatan super, kegiatan berkirim file atau dalam pastinya butuh waktu kurang dari 2 menit untuk file film 720p.

Daftar Teknologi Transfer Data Paling Canggih dan Terbaik Berkecepatan 20 MB per Detik

Menawarkan beragam keunggulan, teknologi transfer data pastinya akan sangat membantu, apalagi buat kamu yang gemar berkirim file video atau yang lainnya. Namun demikian, ternyata selain teknologi transfer data tersebut juga masih ada banyak lagi teknologi transfer file unggulan yang tidak kalah menariknya perlu kamu tahu. Apa itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Infrared

Infrared

Teknologi transfer di HP terbaik yang tidak kalah menariknya harus kamu tahu adalah Infrared. Menjadi salah satu teknologi transfer terpopuler di masanya Infrared digunakan di banyak perangkat HP sejak beberapa tahun lalu. Infrared digunakan untuk mentransfer data atau file dari HP ke HP.

Beda halnya dengan teknologi transfer pada umumnya, Infrared mengusung proses pengiriman data dengan cara dihadapkan pada sensor Infrared HP si penerima, dan tidak boleh ada benda yang menghalangi keduanya. Dengan begitu proses transfer data pun akan berjalan dengan lancar. Namun demikian, karena dianggap kurang praktis di zaman sekarang, sehingga teknologi Infrared tersebut kini mulai ditinggalkan.

Tetapi sebagian vendor smartphone ada yang masih membekalkan produk smartphonenya dengan teknologi Infrared. Tujuannya, agar HP buatannya tersebut bisa dijadikan pula sebagai remote control. HP berteknologi IR Blaster ini lalu bisa digunakan untuk operasikan beberapa alat elektronik, seperti DVD, AC, TV, dan lain – lain.

2. SHAREit

SHAREit

Teknologi transfer lainnya yang tidak kalah menariknya untuk berkirim file atau pun data adalah SHAREit. Teknologi SHAREit diklaim mampu hadirkan kemampuan berbagi data atau file dalam waktu super cepat. Tidak hanya itu, teknologi berkirim file terbaik ini bahkan punya tambahan fitur terkini tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang menggunakannya.

SHAREit akan bekerja dengan mengandalkan teknologi WiFi Direct Connection. Dimana teknologi tersebut dipercaya memiliki kecepatan super hingga 20 MB per detiknya, atau 200 kali lipat lebih cepat dari Bluetooth. Tidak sampai di situ saja, ternyata teknologi berkirim file tersebut bahkan memungkinkan pengguna untuk bisa mengirimkan data lintas sistem operasi seperti Android ke iOS, atau sebaliknya.

3. Layanan Cloud Storage

Layanan Cloud Storage

Dari sekian banyaknya teknologi mengirim data paling canggih lain, layanan Cloud Storage juga termasuk salah satu diantaranya. Berbeda dengan kedua teknologi transfer data di atas, layanan Cloud Storage lebih disarankan untuk penggunaan transfer file atau daya dengan ukuran yang sangat besar. Layanan Cloud Storage ini bahkan memiliki metode penyimpanan data pada sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan.

Ini tentu saja akan membuat pengguna tak perlu repot – repot lagi harus membeli memori eksternal berkapasitas besar agar bisa menyimpan semua file, atau data penting yang mereka miliki. Kabar baiknya lagi, layanan Cloud Storage bahkan bisa diakses dengan mudah menggunakan perangkat apapun dan di mana pun. Syaratnya kamu harus terkoneksi dengan jaringan internet. Memiliki fungsi utama sebagai media penyimpanan, tetapi bisa pula dimanfaatkan untuk berbagi file.

4. Bluetooth

Bluetooth

Untuk selanjutnya ada Bluetooth yang juga menjadi teknologi berbagi file terbaik di 2019. Bluetooth bahkan sampai sekarang masih diandalkan untuk berkirim file atau data yang ada di smartphone. Memiliki berbagai fungsi yang menarik dan bermanfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah untuk berkirim data ke antar pengguna smartphone. Menariknya, Bluetooth juga bisa diamnfaatkan pada PC, komputer, laptop, dan tablet.

Versi 5.0 adalah versi terbaru dari teknologi Bluetooth tersebut. Dimana versi baru ini ternyata menawarkan jangkauan yang lebih luas, transfer data lebih luas, dan tentu saja bisa mengirimkan ukuran data yang lebih besar. Mengusung berbagai keunggulan tersebut kini teknologi transfer Bluetooth tersebut tidak hanya digunakan untuk berkirim data secara nirkabel saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghubungkan HP ke perangkat lain, seperti speaker atau headset.

5. NFC

NFC

Meskipun merupakan teknologi transfer terbaru, tetapi teknologi tersebut pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, sebab memang sudah banyak ditemukan di HP zaman now. NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi transfer terbaik yang akan membantu pengguna untuk berkirim file dengan mudah dan praktis. Bahkan teknologi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran secara digital.

Namun demikian, untuk mengirim data menggunakan teknologi NFC kamu perlu memastikan HP si penerima juga sudah dibekali dengan teknologi tersebut. Tidak sama seperti teknologi Bluetooth yang bisa mengirimka data hingga jarak 10 meter, teknologi NFC ini ternyata hanya bisa mengirim file atau data tidak lebih dari 10 cm.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan tentang daftar teknologi transfer data paling canggih dan terbaik berkecepatan 20 MB per detik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini