10 Makanan Khas Bogor yang Paling Mantul Favorit Wisatawan

0
190
Makanan Khas Bogor yang Paling Mantul Favorit Wisatawan

Koran.id – Bogor yang begitu akrab bagi wisatawan ini karena memang cuaca di Bogor sangat sejuk, apalagi kota yang dikenal dengan sebutan kota hujan ini menyimpan banyak potensi wisata. Salah satunya adalah wisata kuliner atau makanan, buat kalian yang saat ini berada di Bogor setelah seharian berkeliling di kota hujan ini. Pastinya ngebet banget ingin mencicipi makanan yang ada di Bogor, untuk itu alangkah baiknya melihat dulu mengenai daftar makanan khas Bogor yang paling mantul favorit wisatawan.

Makanan khas Bogor ini memang dikenal rasanya yang gurih dan lezat, maka tak heran apabila wisatawan yang datang tak hanya dari Kota Bogor saja. Akan tetapi banyak sekali pengunjung lokal dari luar daerah Bogor yang ingin menikmati liburan akhir pekan untuk sekedar mencoba makanan khas Bogor, istimewanya menu makanan di Bogor ini memiliki harga yang cukup bervariasi dan pastinya murah ya? nah untuk kamu yang penasaran apa saja sih makanan khas Bogor itu? yuk langsung saja mari simak rekomendasinya di bawah ini :

10 Makanan Khas Bogor yang Paling Mantul Favorit Wisatawan

1. Makanan Toge Goreng

instagram.com/kulinerindonesa

Pertama makanan khas Bogor yang wajib kalian coba yaitu Toge Goreng, bahan dasar dari makanan itu terbuat dari toge atau bisa disebut kecambah. Makanan ini sudah melegenda di Bogor, karena ada salah satu tempat makan yang menyajikan menu toge goreng ini yakni Haji Omah yang sudah dibuka sejak tahun 1970 lamannya. Wah jadi sudah lama banget nih, meski begitu rasanya cocok sekali oleh banyak pengunjung yang datang sampai saat ini.

Nikmatnya toge goreng biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk, serta minumanya teh hangat. Bagi kamu yang suka banget dengan rasa pedas bisa menambahkan cabe atau sambel pada campuran bumbunya, jadi untuk berkunjung ke daerah Bogor jangan lupa untuk mampir ke depot Haji Omah yang menyajikan menu toge goreng. Tempat ini dibuka mulai jam 08.30 sampai 17.00 WIB.

2. Makanan Cungkring Bogor

instagram.com/ms_stevy

Berikutnya makanan paling mantul yang ada di Bogor adalah menu cungkring, olahan makanan satu ini memang sama dengan makanan kikil. Namun olahan cungkring ini bahan dasarnya dari potongan kikil sapi yang dibuat pada bagian kepalanya. Untuk bumbu masakanya menggunakan bumbu kuning yang dilumuri dengan bumbu penyedap lainnya terbuat dari kacang manis, lebih nikmatnya biasanya makanan ini dipadukan dengan lauk seperti sate dan tambahan nasi putih untuk menambah kenyang perut.

Makanan cungkring ini tentu saja kalian mudah untuk mendapatkanya di daerah Bogor, menu yang sudah populer dengan terkenal rasanya lezat mampu membuat pengunjung yang datang ingin sekali menambah porsinya. Jadi pastikan ya untuk menikmati menu cungkring ini yang asli, dengan bahan dasar daging sapi asli bagian kepala dan buka dari bagian sapi lainnya.

3. Makanan Asinan Jagung Bakar

instagram.com/setia_dini91

Menyajikan menu berbahan dasar jagung yang disajikannya cukup sederhana, makanan asinan jagung bakar ini memang sudah menjadi favorit di Kota Bogor. Rasanya yang enak betul membuat para wisatawan yang berkunjung selalu dibuat ketagihan, makanan asinan jagung bakar ini sudah legendaris yang sudah diciptakan sejak tahun 1968.

Penyajian menu satu ini memang terbilang sederhana saja, bahan dasar jagung manis setelah dibakar lalu di olesi dengan air cuka dan cabe, selanjutnya ditambahkan dengan pemanis gula agar rasanya makin manis, serta sedikit ada asamnya karena cuka. Mantul rasannya membuat makanan ini banyak disukai oleh pengunjung baik dari Bogor maupun masyarakat luar daerah.

4. Makanan Laksa Bogor

instagram.com/rahmah_ninda

Salah satu kuliner yang terbuat dari mie bihun, cara penyajiannya dengan campuran kuah kuning beserta oncom. Menu makanan yang menyajikan Laksa Bogor yaitu di depot Laksa Pak Inin, yang lokasinya berada di jalan Soemanta Diredja, Cijeruk Bogor. Tempatnya sangat strategis ya? namun dari kota Bogor lumayan jauh, jadi jika kalian tidak mengetahui maka manfaatkan kendaraan online saja.

Ketika berkunjung ke tempat makan miliki Laksa Pak Inin ini di buka mulai jam 8 pagi tepat dan untuk tutupnya sesuai menu ini sampai habis, jadi biasanya kuliner pak inin ini sudah menjelang siang habis. Maka tak heran jika makanan laksa Bogor ini selalu diminati oleh para pecinta kuliner, selain rasanya mantul makanan ini membuat ketagihan juga.

5. Makanan Asinan Bogor

instagram.com/novita._.sari

Salah satu makanan khas Bogor yang paling diminati oleh wisatawan, menu makanan ini terbuat dari jagung yang di variasikan dengan buah-buahan serta penyedap bumbu lainnya sehingga makanan ini begitu mantul. Penyajian asinan Bogor terbilang sederhana saja, bahan dasar yang diris tipis selanjutnya diolah ditempat wadah besar lalu di campur bumbu rahasia orang Bogor, sehingga makanan ini sampai sekarang menjadi paling populer dan menjadi favorit lidah para pelancong.

6. Makanan Bapatong Taman Kencana

instagram.com/tsaniwismono

Jika kalian berada di Bogor, menu makanan ini wajib untuk dicobanya. Menu makanan ini memang tak banyak berbeda dari bakso pada umumnya, namun bapatong yang berarti bakso kupat gentong ini rasanya paling mantul. Bapatong untuk dagingnya diolah secara khusus yang dipotong kecil-kecil persegi serta ada tambahan iga sebagai topping.

Agar penyajian bapatong ini menjadi menarik pecinta kuliner, berilah kerupuk asinan beserta jeruk niipis agar makin lezat. Untuk minumanya pas sekali dengan seduhan teh hangat, karena di daerah Bogor ini cuacanya begitu dingin. Nah buat kamu yang ingin mencari tempat kulinernya lokasinya di Jalan Taman Kencana, Babakan Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Makanan Ngo Hiang Gang Aut

instagram.com/petakulinersolo

Pasti kalian sedkit aneh jika terdengar nama makanan itu, sebenarnya nama menu ini di ambil dari bahasa Tionghoa. Memang kuliner satu ini khas dari Tionghoa yang di bawa ke Bogor untuk disajikan, tapi buat kalian yang beragama muslim memang harus bersabar ya untuk melewatkan sajian menu Ngo Hiang Gang Aut.

Olahan daging makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor berbahan dasar dari daging babi, campuran bumbu untuk makanan ini biasanya daging di campur dengan tepung sebelum digoreng, selanjutnya setelah hidangan ini matang di berikan saus khas Tionghoa. Rasanya yang gurih berkat bumbunya, serta rasa lainnya agak kemasaman dan manis. Lokasi yang bisa kamu kunjungi untuk menu satu ini berada di jalan Pahlawan No. 33, Bondongan, Bogor Selatan.

8. Makanan Soto Mie Mang Ohim

instagram.com/bogoreatery

Berbeda dengan makanan soto di daerah kalian pastinya, menu kuliner satu ini menyajikan soto mie yang ditambahi isian seperti lobak, kentang, daging, daun bawang, seladri, risol, emping dan kol. Lalu penyajian bumbunya dipadukan dengan kuah kaldu yang sangat terasa gurihnya, jangan lupa untuk memberikan perasan jeruk nipis dan sambal agar makin nikmat.

Lokasi menu soto mie Mang Ohim terletak di Jalan Taman Cimanggu Raya No.22, Kedung Waringin, Tanah Sereal, Bogor. Biasanya di depot soto Mie Mang Ohim ini ketika pesan jangan lupa untuk minum teh hangat atau pun minuman jeruk hangat ya? mengingat di Bogor cuacanya begitu dingin.

9. Makanan Asinan Gedung Dalam

instagram.com/rinasuryani27

Kuliner satu ini paling mantul kalau soal rasanya, makanan asinan gedung dalam tak pernah lupa untuk di coba oleh wisatawan ketika ada di Bogor. Pasalnya makanan ini sudah menjadi hits di Bogor, hampir setiap warga luar kota Bogor selalu penasaran rasa nikmatnya asinan gedong dalam.

Olahan campuran asinan ini berisian buah-buahan, sayuran segar, dan di campur dengan bumbu andalan yang rasanya sedikit pedas. Buat kamu yang ingin mencoba kuliner asinan ini, lokasinya di Jalan Siliwangi No. 27C, Sukasari, Bogor Timur, Jawa Barat. Untuk harga menyesuaikan kualitas rasanya ya?

10. Makanan Bolu Lapis Sangkuriang

instagram.com/hanny_ec

Sebenarnya ini sebuah jajanan khas Bogor yang terkenal akan nikmatnya, bolu lapis sangkuriang bahan dasarnya dari talas yang diolah sedemikian rupa hingga lembut lalu di buat dengan membentuk sebuah kue. Biasanya talas banyak sekali di dapatkan di lahan pertanian pedesaan, dan jajanan ini satu-satunya kue di jaman dulu.

Jajanan asli dari Bogor ini sering dijadikan buat buah tangan bagi pelancong yang datang ke Kota Bogor, tak heran jika makanan bolu lapis sangkuriang sudah menjadi hits di Bogor bahkan jajanan tradisional ini rasanya sangat mantul banget.

Nah, itulah tadi beberapa 10 Makanan Khas Bogor yang Paling Mantul Favorit Wisatawan. Jadi kuliner mana nih yang bikin kalian pengenin? Semoga daftar makanan di atas bermanfaat ya untuk dijadikan referensi ketika berada di Kota Hujan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini