7 Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

0
573

Koran.id – Daun beluntas merupakan salah satu jenis spesies tanaman yang masuk ke dalam kategori tanaman herbal. Ya, hal ini dikarenakan manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh yang cukup banyak. Manfaat daun beluntas tersebut tidak terlepas dari senyawa aktif yang ada di dalamnya. Beluntas ini sendiri merupakan tanaman semak dan sering dijadikan sebagai pagar hidup di halaman rumah.

Tanaman beluntas bentuknya hampir sama seperti tanaman semak pada umumnya, tangkainya pendek dan daun bergerigi di bagian tepiannya serta berbentuk bulat sunsang. Beberapa dari kalian mungkin masih cukup asing dengan tanaman segudang manfaat satu ini. Agar semakin tahu, berikut ini adalah ragam manfaat daun beluntas bagi kesehatan tubuh selengkapnya bisa kalian simak.

Ragam Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Tubuh

Beluntas memiliki nama lain PlucheaIndica dan sudah sejak lama dimanfaatkan untuk bahan pengobatan dan pencegahan berbagai masalah kesehatan tubuh. Tanaman beluntas, khususnya bagian daunnya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dikarenakan senyawa aktif di dalamnya. Beberapa senyawa aktif dalam daun beluntas tersebut, di antaranya flavonoid, alkaloid, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, tannin, dan minyak atsiri.

Adapun berbagai manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Sebagai Obat Pegal Linu

Pegal Linu merupakan suatu kondisi di mana tubuh merasa sakit dan tidak nyaman yang diakibatkan oleh aktivitas fisik yang berat dan berlebih. Kondisi ini biasanya juga akan mengganggu segala aktivitas lain yang seharusnya dilakukan. Untuk mengatasi pegal linu sendiri, kamu bisa memanfaatkan daun beluntas.

Daun beluntas dipercaya bisa meredakan pegal linu dengan cepat dan efektif. Cara memanfaatkan daun beluntas untuk mengatasi pegal linu yakni dengan merebus 3 hingga 5 helai daun beluntas hingga mendidih. Pastikan daun beluntas sudah dicuci bersih dan dimasak dengan air secukupnya. Saring air rebusan tadi dan diamkan hingga agak hangat. Minum air rebusan daun beluntas tersebut untuk meredakan pegal linu.

2. Mengobati Nyeri Pinggang

Selain bisa meredakan pegal linu, manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh lainnya yakni bisa menjadi obat nyeri pinggang alami. Nyeri pinggang yang dirasakan akan berangsur reda jika rutin mengonsumsi daun beluntas. Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa merebus daun beluntas untuk nantinya diminum air rebusannya.

Meminum air rebusan daun beluntas diklaim sangat efektif dan cepat mengatasi nyeri pinggang. Saat nyeri pinggang, tubuh merasa tidak nyaman melakukan aktivitas apapun, sehingga produktivitas kerja pun menjadi lebih menurun.

3. Mengatasi Bau Badan Tidak Sedap

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan selanjutnya adalah membasmi bakteri di tubuh yang bisa menyebabkan bau badan. Daun beluntas dengan sifat anti-bakterinya mampu membunuh bakteri yang bersarang di tubuh, misalnya di ketiak. Daun beluntas sendiri memang sudah sejak lama dijadikan sebagai deodoran alami yang sangat efektif dalam menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Bau badan menjadi salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Selain membuat tidak nyaman, bau badan juga sukses membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Untuk bisa mendapatkan manfaat satu ini, caranya masih sama dengan yang di atas. Kamu hanya perlu merebus 3 hingga 5 helai daun beluntas lalu minumlah air rebusannya. Minum secara rutin agar bau badan tidak lagi kamu alami.

4. Sebagai Obat Rematik

Penyakit rematik menjadi salah satu jenis penyakit yang cukup banyak dialami oleh masyarakat kita, khususnya mereka yang sudah berusia lanjut. Rematik ini sendiri biasanya diakibatkan oleh peradangan dan pembengkakan di otot serta persendian. Untuk mengatasi masalah ini, daun beluntas sangat ampuh mencegah peradangan berkat sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.

Sifat anti-inflamasi ini sendiri didapat dari kandungan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu saja, mengonsumsi daun beluntas juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat dalam melawan penyakit dan bakteri. Penyakit rematik ini sendiri juga ada kaitannya dengan fungsi sistem autoimun.

5. Menjaga Kesehatan Rahim

Manfaat lain daun beluntas jika dikonsumsi secara rutin selanjutnya adalah memiliki khasiat menjaga rahim tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan. Hal ini dikarenakan daun beluntas mengandung senyawa aktif yang bersifat sebagai antioksidan alami bagi tubuh, termasuk rahim. Antioksidan dari daun beluntas tersebut juga akan membantu menjaga kerusakan sel-sel di dalam rahim yang bisa memicu munculnya penyakit kanker rahim.

Cukup merebus daun beluntas dan minum air rebusan tersebut secara rutin agar rahim tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker rahim. Tidak perlu obat-obatan yang mahal, daun beluntas bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah pastinya.

6. Sebagai Obat Keputihan Alami

Keputihan merupakan suatu masalah pada organ vital wanita yang tentunya bisa menyebabkan ia tidak nyaman. Keputihan yang dialami wanita biasanya disebabkan oleh bakteri tertentu. Untuk mengatasinya kamu bisa memanfaatkan daun beluntas yang memang memiliki sifat anti-bakteri di dalamnya.

Sifat anti-bakteri dari daun beluntas didapat dari kandungan senyawa aktif di dalamnya, di mana ini cukup ampuh dan efektif mengatasi keputihan pada wanita. Cukup meminum rebusan daun beluntas secara rutin agar keputihan bisa menghilang dengan cepat dan efektif.

7. Menghilangkan Bau Mulut

Manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah bisa menjadi alternatif penghilang bau mulut. Masalah bau mulut yang kerap dialami oleh banyak orang ini disebabkan oleh suatu bakteri. Bau mulut tidak hanya mengganggu diri sendiri, tetapi juga mengganggu orang lain disekitar kita.

Selain dengan menjaga kebersihan mulut, cara untuk menghilangkan masalah tersebut bisa juga dengan mengonsumsi daun beluntas. Daun beluntas dengan kandungan anti-bakteri di dalamnya akan mampu menghilangkan masalah bau mulut dengan cepat dan efektif. Dengan begitu, bau mulut hilang dan kepercayaan diri pun kembali meningkat.

Itulah tadi beberapa manfaat daun beluntas untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu tahu. Daun beluntas yang kelihatannya sepele ternyata punya segudang manfaat bagi tubuh. Cukup dengan merebus daun beluntas dan meminum air rebusannya secara rutin, kamu sudah bisa mendapatkan segudang manfaat tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini