Bukan Cuaca Panas Saja, Ini Penyebab Kulit Kering Paling Umum

0
396
Penyebab Kulit Kering

Koran.id – Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang paling ditakuti kebanyakan orang, khususnya para wanita. Kulit kering yang tampak terutama di bagian wajah akan cukup mengganggu penampilan cantik mereka. Karena itulah, tidak heran banyak cara yang dilakukan oleh para wanita untuk mengatasi kulit kering. Tidak hanya mengatasinya saja, kamu juga perlu mengetahui penyebab kulit kering tersebut agar nantinya bisa melakukan pencegahan.

Seperti pepatah bilang, mencegah lebih baik dari pada harus mengobati. Begitu juga dengan masalah kulit kering yang sering dialami banyak orang. Penyebab ini sendiri bisa karena faktor alami atau juga karena kesalahan yang kita lakukan sendiri. Untuk informasi lebih lengkapnya mari simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Kulit Kering Paling Umum yang Harus Kamu Tahu

1. Kesalahan dalam penggunaan sabun

Penyebab kulit kering, kasar hingga pecah-pecah yang pertama adalah dikarenakan kesalahan dalam penggunaan sabun. Alih-alih ingin membuat kulit bersih dengan penggunaan sabun tertentu, namun justru ini membuat kulit menjadi kering. Misalnya saja penggunaan sabun antiseptik yang punya kandungan kimia yang terlalu kuat. Sabun jenis ini tidak hanya akan membersihkan kulit dari kotoran, tapi juga bisa mengikis habis lapisan minyak alami yang ada di kulit.

Jika sebelum penggunaan jenis sabun tertentu kondisi kulitmu baik-baik saja, maka bisa dipastikan penggunaan sabun tersebutlah penyebab utamanya. Ganti sabun antiseptik dengan kandungan kimia yang lebih rendah agar tidak mengikis lapisan minyak alami kulit.

2. Terlalu keras menggosok kulit

Kebiasaan mengeksfoliasi kulit dengan cara menggosok kulit terlalu keras juga bisa menjadi penyebab lain kulit kering. Sama dengan penyebab sebelumnya, kebiasaan ini tidak hanya akan mengangkat sel-sel kulit mati saja, tetapi juga minyak alami di kulit juga ikut terangkat.  Bukannya kulit halus dan lembut yang kamu dapatkan, tapi justru kulit kering dan kasar.

Selain itu, jangan pula terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit, karena hal tersebut akan semakin memperparah kondisi kulit yang kering.

3. Salah dalam menggunakan pelembab kulit

Untuk membuat kulit tetap lembut dan kenyal, penggunaan produk pelembab adalah yang paling menjadi pilihan utamanya. Namun ternyata tidak selalu penggunaan pelembab bisa memberikan efek yang demikian. Terkadang penggunaan pelembab justru bisa mengakibatkan kulit rusak, termasuk menjadi kering. Keadaan ini bisa saja terjadi jika kamu salah dalam mennggunakan pelembab kulit.

Kesalahan yang paling fatal dilakukan banyak wanita adalah mengaplikasikan pelembab pada saat kulit dalam keadaan kering. Padahal seharusnya penggunaan pelembab diharuskan saat kulit dalam keadaan basah. Tentu bukan dalam arti basah yang sebenarnya, melainkan sesaat setelah mandi kemudian menepuk-nepukkan kulit dengan handuk. Selain itu, kulit kering bisa juga dialami jika kamu tidak menggunakan pelembab kulit sama sekali. Pilihlah produk pelembab kulit yang punya kandungan ringan, tanpa campuran alkohol dan juga pewangi.

4. Mandi dengan air panas dan terlalu lama

Penyebab kulit kering paling umum dilakukan wanita berikutnya adalah mandi dengan air yang terlalu panas. Mandi dengan air panas memang akan membuat tubuh lebih segar dan menenangkan pikiran karena sirkulasi darah yang lancar. Tetapi ternyata hal ini justru bisa membuat kulit menjadi kering dan kasar setelahnya. Kondisi kulit kering akan semakin diperparah jika durasi mandi air panas terlalu lama dilakukan.

Kebiasaan tersebut akan membuat lapisan minyak alami di kulit akan dikikis habis sehingga membuatnya kering. Sebaiknya kamu mandi dengan air hangat atau suam-suam kuku dengan durasi yang tidak terlalu lama. Setelahnya keringkan air dengan tepuk-tepuk kulit dengan handuk lembut. Dan kemudian gunakan pelembab agar kulit kering bisa teratasi.

5. Suhu udara sekitar yang terlalu dingin

Suhu udara yang terlalu dingin biasanya membuat tingkat kelembapan udara menjadi menurun. Hal ini dapat berdampak pada kulit seseorang, apalagi mereka yang punya kulit sensitif. Pada saat suhu udara dingin seperti ini sebaiknya kamu gunakan pakaian yang lebih tertutup agar tubuh tetap hangat. Gunakan juga pelembab untuk menjaga kulit agar tidak kering dan kasar. Penggunaan masker alami kulit juga bisa diterapkan untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan kasar.

6. Efek samping dari penggunaan obat tertentu

Keadaan kulit yang kering dan kasar tidak hanya disebabkan oleh faktor lingkungan saja, bisa juga disebabkan oleh penggunaan obat-obat tertentu. Beberapa jenis obat yang punya efek samping kulit menjadi kering seperti, obat diabetes, obat psoriosis, obat malnutrisi hingga hipotiroidisme. Tidak hanya itu saja, jenis obat deuretik dan juga retinoid juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar.

Jika hal ini kamu alami, sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter ahli yang menangani penyakitmu. Dokter akan lebih tahu apa tindakan yang harus dilakukan untuk langkah pencegahannya.

7. Faktor usia seseorang

Penyebab kulit kering paling umum yang terakhir adalah karena disebabkan oleh bertambahnya usia. Tidak dapat dipungkiri bertambahnya usia akan membuat kondisi kesehatan kulit akan semakin menurun. Tidak hanya kulit kering saja, pecah-pecah hingga munculnya kerutan akan semakin meperparah kondisi ini. Ini disebabkan oleh produksi hormon-hormon di dalam tubuh semakin menurun.

Masalah seperti ini tentu adalah hal yang wajar, tidak ada satu orang pun yang bisa menyangkalnya.

Itulah tadi beberapa penyebab kulit kering paling umum selain karena cuaca yang panas. Dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, nantinya kamu bisa melakukan pencegahan agar kulit kering dan kasar tidak kamu alami.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini