6 Bahan Alami Dapur untuk Melembabkan Kulit Kering yang Ampuh

0
575
Bahan Alami Dapur untuk Melembabkan Kulit
Bahan Alami Dapur untuk Melembabkan Kulit Kering

Koran.id – Memiliki kulit yang putih, kenyal serta halus merupakan dambaan bagiĀ  banyak wanita. Dengan kulit seperti ini akan membuat mereka bisa tampil lebih percaya diri saat berada di hadapan umum. Namun ternyata tidak semua wanita punya kilit putih, kenyal dan halus. Beberapa wanita banyak yang mengeluh dengan kulit kering hingga pecah-pecah yang dialaminya. Sebenarnya sangat mudah untuk mengatasi masalah kulit seperti ini, yakni dengan memanfaatkan bahan dapur tertentu. Lantas, apa saja bahan alami dapur untuk melembabkan kulit kering tersebut?

Pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan beberapa rekomendasi bahan alami dapur yang mana berkhasiat untuk melembabkan dan melembutkan kulit. Merupakan bahan alami, tentunya selain efektif juga aman untuk digunakan.

7 Bahan Alami Dapur untuk Melembabkan Kulit Kering yang Ampuh

Untuk melembabkan kulit yang kering tidak perlu pergi ke salon atau tempat perawatan tubuh lainnya, dimana hal tersebut hanya akan membuang-buang uang. Solusi paling efektif dan aman adalah dengan memanfaatkan bahan alami dapur. Selain efektif dan aman, bahan-bahan ini juga murah dan mudah kamu temukan. Adapun bahan alami dapur untuk melembabkan kulit kering, antara lain:

1. Minyak Kelapa

Bahan alami dapur untuk melembabkan kulit kering paling ampuh dan efektif yang pertama adalah minyak kelapa. Sudah sejak lama minyak kelapa diperacaya sebagai bahan pelembab kulit yang alami. Efek minyak kelapa yang mampu melembabkan kulit tersebut dikarenakan adanya kandungan asam lemak jenuh di dalamnya. Asam lemak tersebut nantinya akan membantu lapisan kulit dalam meningkatkan cadangan air di dalamnya. Selain itu, minyak kelapa juga mampu membantu produksi lipid yang ada pada permukaan kulit sehingga membuatnya lebih lembab.

Untuk mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa, kamu cukup membalurkannya ke kulit. Kemudian diamkan sejenak barulah bisa kamu bilas.  Kamu perlu melakukan cara ini secara rutin agar kulit kering cepat teratasi. Minyak kelapa sendiri tidak hanya memberikan efek melembabkan kulit tetapi juga menghaluskannya.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga menjadi salah satu bahan alami dapur untuk melembabkan kulit kering yang efektif dan aman. Tidak hanya memberikan efek melembabkan, minyak zaitun juga bisa membersihkan kulit sehingga membuatnya lebih halus. Minyak zaitun sendiri sudah dipercaya sejak lama menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk kulit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu  hanya perlu membalurkan minyak zaitun ke seluruh tubuh. Sembari membalurkan, berikan pijatan-pijatan lembut pada kulit dengan gerakan memutar agar minyak zaitun bisa lebih meresap. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, baru kemudian mandi untuk membersihkannya. Sementara untuk mengatasi kulit kering di wajah, kamu bisa mengoleskan terlebih dahulu minyak zaitun sebelum menggunakan pelembab.

Meskipun berkhasiat ampuh untuk kulit kering, ada beberapa wanita yang alergi dengan minyak zaitun. Atau juga punya riwayat penyakit kulit tertentu sehingga pantang baginya menggunakan minyak zaitun. Untuk menghindarinya, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

3. Madu

Bahan alami dapur untuk melembabkan kulit kering berikutnya adalah madu. Madu dipercaya ampuh mengatasi kulit kering dikarenakan adanya kandungan antioksidan, antiradang dan antimikroba yang ada di dalamnya. Tidak hanya memberikan efek melembabkan kulit, madu juga bersifat menyembuhkan.

Selain kandungan tersebut, madu juga kaya akan vitamin dan mineral yang mana kandungan ini punya efek menyehatkan kulit. Untuk urusan mengatasi kulit kering dengan madu, kamu bisa membersihkan kulit terlebih dahulu dengan air biasa lalu lap hingga kering. Selanjutnya oleskan madu secukupnya lalu diamkan beberasa saat, baru nanti bisa dibilas.

4. Mentimun

Mentimun juga dipercaya ampuh untuk mengatasi kulit kering, terutama di wajah. Mentimun yang dijadikan sebagai masker akan membuat kulit wajah menjadi lembab dan segar. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit wajah tampak lebih bening dan bercahaya.

Untuk menggunakan mentimun sebagai masker wajah juga cukup mudah. Kamu tinggal cuci bersih mentimun kemudian iris tipis-tipis. Tempelkan ke seluruh bagian wajah lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian angkat.

5. Yogurt

Menurut kamu yogurt mungkin hanya berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan saja. Padahal tidak, yogurt juga punya khasiat lain yang tidak kalah luar biasa yakni mampu melembabkan kulit yang kering. Kamu bisa memanfaatkan yogurt sebagai masker wajah untuk bisa melembabkan kulit wajah.

Untuk menjadikan yogurt sebagai masker wajah sangat mudah, pertama kamu siapkan madu dan yogurt murni yang belum ditambah pewarna dan perasa makanan. Campurkan kedua bahan tersebut lalu oleskan ke seluruh wajah. Sebelumnya kamu harus memastikan wajah dalam keadaan bersih. Diamkan beberapa saat hingga campuran yogurt dan madu setengah kering, selanjutnya bilas dengan air biasa.

6. Oatmeal

Bahan alami dapur untuk melembabkan wajah selanjutnya adalah oatmeal. Tekstur oatmeal yang kasar bisa kamu gunakan untuk membersihkan kulit, terutama wajah. Selain itu, oatmeal juga diklaim mampu untuk membuat kulit wajah menjadi lebih lembab.

Untuk menggunakannya kamu tinggal siapkan oatmeal, madu, dan juga susu murni. Campurkan ketiga bahan tersebut lalu aduk hingga bertekstur seperti pasta. Oleskan ke bagian wajah sembari memberi pijatan dengan gerakan memutar. Ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kuli mati di wajah. Diamkan selama kuran lebih 15 menit kemudian bilas dengan air. Selain kulit wajah menjadi lembab, juga akan membuatnya halus dan lembut.

Itulah tadi beberapa pilihan bahan alami dapur untuk melembabkan kulit paling ampuh dan efektif bisa kamu terapkan. Dapatkan kulit yang lembut, kenyal dan juga halus. Siap untuk tampil dan percaya diri?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini