Sejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

0
170
Sejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Koran.id – Melalui artikel berikut bersama – sama kita akan mempelajari mengenai sejarah awal pembentukan internet di dunia lebih lengkapnya. Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan digital yang digunakan untuk berbagi dan membagikan beragam informasi dengan baik antar individu, tanpa harus memperdulikan lokasi atau tempat, maupun jarak per individu itu sendiri.

Tentu saja keberhasilan dalam pengembangan internet selama ini bukan tanpa alasan, di dalamnya sudah pasti ada campur tangan orang – orang hebat. Keberhasilan internet ini digunakan oleh banyak orang di dunia. Ini tentu menjadi satu – satunya bukti yang paling nyata, bagaimana investasi dan komitmen akan sebuah riset serta pengembangan yang digarap secara konsisten.

Perjalanan internet dari waktu ke waktu tentu sangatlah panjang, hingga banyak orang yang tidak tahu lagi secara pasti cerita awal mula terbentuknya internet di dunia. Sehingga hal tersebut menimbulkan beragam cerita yang menghinggapi kisah awal mula terbentuknya internet. Daripada penasaran, simak dulu yuk sejarah awal pembentukan internet di dunia pada rangkuman di bawah ini.

Sejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

1. 1960 adalah tahun dimana konsep pembuatan internet sudah mulai muncul

Sejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui

Sejarah awal pembentukan internet di dunia pertama beradal di tahun 1960. Di tahun tersebut internet masih belum bernama ‘internet’ seperti yang kita kenal sekarang. Justru konsep dari pembuatan internet pertama kalinya diberi nama sebagai ‘jaringan galaksi’. Yang mana konsep tersebut ternyata dicetuskan oleh J.C.R Licklider dari MIT, tepat pada bulan Agustus 1962 melalui memo berseri.

Cerita singkatnya seperti ini, kala itu J.C.R Licklider lagi memikirkan tentang bagaimana semua masyarakat yang ada di dunia dapat saling berinteraksi dan terkoneksi satu sama lain dengan mudah, misalnya saja melalui komputer. Komputer diyakini menjadi salah satu perangkat terbaik yang bakal membuat tiap – tiap orang bisa mengakses beragam informasi dengan lebih cepat dan praktis. Secara singkat, konsep pertama internet yang bernama ‘jaringan galaksi’ ini sudah seperti internet pada akhirnya.

2. 1964 adalah tahun dimana konsep internet mulai dilakukan uji coba

1964 adalah tahun dimana konsep internet mulai dilakukan uji coba

Sepertinya J.C.R Licklider mencoba untuk bisa masuk ke dalam DARPA dan di organisasi tersebut ia bahkan memiliki keyakinan yang cukup kuat, bahwa penerusnya yang bernama Ivan Sutherland, Bob Taylor, dan peneliti MIT Lawrence. Roberts mengenai peran pentingnya konsep networking tersebut.

Leonard Kleinrocks dari MIT, yang mana pada saat bersamaan dengan J.C.R Licklider mengemukakan konsep internet atau jaringan galaksi, juga turut publikasikan jurnal ilmiahnya teori bertukar paket. Ternyata ada hal menarik di sini, dimana teori tersebut disampaikan kepada Roberts dan akan dilakukan uji coba dengan cara diaplikasikan bersama.

Yakni, dengan menggunakan dua buah perangkat komputer raksasa, Robert pun akhirnya berhasil sambungkan komputer tersebut melalui jaringan kabel telepon berkecepatan lambat. Ini jadi pertanda bahwasannya jaringan komputer pertama yang pernah dibuat dan berhasil terbentuk.

3. Eksperimen mampu membawa menuju pengembangan internet lebih lanjut

Eksperimen mampu membawa menuju pengembangan internet lebih lanjut

Melihat hasil yang memuaskan tersebut pada akhirnya Robert pun mencoba untuk terus melakukan inovasi dan pengembangan. Robert akan mengembangkan konsep jaringan komputer tersebut dan memberinya nama sebagai ‘ARPANET’. Dalam perjalanan yang cukup lama sekali untuk mencari pembiayaan proyek ARPANET ini hingga pada akhirnya proyek tersebut benar – benar bisa berjalan dengan baik. Kemudian dilakukannya uji coba kembali di Stanford Research Institute (SRI).

Kurang lebih sekitar 1 bulan atau 30 hari setelah proses penginstalan uji coba dilakukan di SRI, pesan host to host pertama kali terkirim dari Lab Kleinrock menuju SRI. Nah, dari sinilah koneksi tersebut akhirnya ditambahkan ke UC Santa Barbara dan juga University of Utah, hingga akhirnya menjadikannya ada sistem server.

4. Asal mulanya ditemukan sistem yang bernama surat elektronik

Asal mulanya ditemukan sistem yang bernama surat elektronik

Tepatnya pada bulan Oktober tahun 1972 silam, Bob Kahn selaku salah seorang yang mendesain arsitektur ARPANET telah mendemonstrasikan ARPANET ke ICCC aatu International Computer Communication Conference.

Ini merupakan bentuk demonstrasi publik yang pertama mengenai teknologi jaringan internet. Dimana di tahun yang sama juga dikenalkan yang namanya surat elektrik, atau yang kini lebih dikenal dengan nama Email. Nah, dari sinilah Email menjadi salah satu jaringan terbesar dan terbaik dari dekade ke dekade.

5. Internet awalnya memiliki desain empat pondasi aturan

Internet awalnya memiliki desain empat pondasi aturan

Kahn bahkan mencetuskan ide bernama ‘Internetting’ lebih lanjutnya, dan dari sini ia menggarap sebuah sistem yang bernama ‘Protokol’. Protokol inilah yang nanti akan diberikan nama TCP/IP atau Transmission Control Protocol / Internet Protocol. Setidaknya ada beberapa hal yang dibuat Kahn untuk jadi dasar dari TCP/IP tersebut, diantaranya sebagai berikut.

  • Masing – masing jaringan yang berbeda sudah pasti harus berdiri sendiri, dan tidak ada perubahan secara internal yang dibutuhkan pada jaringan tersebut untuk menghubungkannya ke internet.
  • Apabila ada sebuah paket yang ternyata tidak sampai ke tujuan akhir (dalam hal ini adalah pesan), maka paket tersebut akan segera dikirim ulang atau dikirim kembali dari sumbernya.
  • Kotak yang berwarna hitam nanti akan digunakan untuk hubungkan jaringan yang nantinya akan disebut sebagai gateway dan router.
  • Tidak akan ada informasi yang disimpan gateway mengenai arus paket individu yang melaluinya. Dengan begitu menjaga mereka agar tetap sederhana dan menghindari adaptasi serta pemulihan yang rumit dari berbagai model kegagalan yang terjadi.
  • Tidak memiliki kontrol global pada tingkat operasi.

6. TCP/IP mulai diberikan ke pihak ketiga

TCP/IP mulai diberikan ke pihak ketiga

Beberapa pihak yang dimaksudkan tersebut diantaranya Stanford (Cerf), UCL (Peter Kirstein), dan BBN (Ray Tomlinson). Pihak – pihak ini telah mencoba implementasikan TCP/IP yang lebih lanjut lagi. Ini tentu saja akan jadi awal eksperimen serta pengembangan yang panjang, hingga pada akhirnya sebabkan evolusi di segi konsep dan teknologi internet. Baru kemudian muncul jaringan LAN dan lain – lain.

Apabila diceritakan lebih detail lagi, maka cerita mengenai sejarah awal pembentukan internet di dunia jadi sangat panjang sekali. Tetapi melijat dari awal mulanya ini, maka kamu bisa membayangkan sendiri betapa rumit dan sulitnya mengembangkan sebuah teknologi yang sangat bermanfaat bagi dunia. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu mengenai internet.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini