Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga Paling Efektif

0
304
Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

Koran.id – Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang  penting untuk dilakukan secara rutin, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Melakukan aktivitas olahraga tertentu akan membuat tubuh senantiasa sehat dan bugar. Beberapa orang juga mengaku merasa tubuhnya lebih segar sehabis olahraga. Tetapi ternyata, ada pula sebagian orang yang justru merasakan pusing atau sakit kepala setelah olahraga. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mengetahui penyebab tersebut nantinya kamu bisa melakukan cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga dengan lebih mudah dan efektif.

Pada artikel kali ini saya sudah merangkumkan beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut. Selama masih terbilang ringan, kamu bisa melakukan penyembuhan sendiri. Tapi jika sudah parah, maka kamu harus memeriksakan diri ke dokter.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga yang Paling Efektif

Cara Mengatasi Sakit Kepala Setelah Olahraga

Sebelum membahas cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga, perlu kamu ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Adapun penyebab sakit kepala setelah olahraga, antara lain:

  1. Dehidrasi. Penyebab yang pertama adalah saat tubuh mengalami kekurangan cairan atau disebut dengan istilah dehidrasi. Hal ini sangat mungkin terjadi, karena ketika berolahraga tubuh akan mengeluarkan keringat dan secara otomatis cairan tubuh akan terus terkuras. Cukupi kebutuhan cairan tubuh saat berolahraga agar kamu tidak mengalami dehidrasi.
  2. Terlalu lama berada di bawah terik matahari. Berolahraga di bawah terik matahari dalam waktu yang lama juga bisa memicu sakit kepala. Ini mungkin terjadi pada beberapa orang, karena itulah sebaiknya jangan terlalu lama berada di bawah matahari jika hal ini sering kamu alami.
  3. Melakukan teknik olahraga yang salah. Selain beberapa hal di atas, berolahraga dengan teknik yang kurang benar akan membuatmu merasakan sakit kepala. Sebaiknya saat melakukan aktivitas olahraga tertentu, kamu harus didampingi oleh seseorang yang sudah profesional sebagai pencegahannya.
  4. Kadar gula darah yang rendah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Kekurangan glukosa bisa disebabkan oleh kadar gula rendah akibat tidak mengonsumsi makanan yang cukup sebelum berolahraga. Dan jika ini terjadi maka akan memperbesar risiko sakit kepala sesudah berolahraga.

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, sekarang lanjut ke cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga. Adapun beberapa cara mencegah atau mengatasi masalah tersebut, antara lain:

1. Minum air putih yang cukup

Cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga yang pertama adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang banyak. Ketika berolahraga, tubuh dituntut bekeja lebih keras sehingga membuat cairan tubuh terus terkuras. Dengan minum air yang banyak sebelum dan selama berolahraga, hal ini akan memperkecil kamu merasakan sakit kepala setelahnya. Sakit kepala setelah berolahraga biasanya juga merupakan gejala tubuh mengalami dehidrasi.

Perlu diingat, sebaiknya kamu memilih air putih dibandingkan dengan air manis dengan kadar gula tinggi. Hal ini hanya akan membuat risiko tubuh mengalami dehidrasi lebih besar.

2. Meminimalkan berada di bawah sinar matahari

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab seseorang merasakan sakit kepala atau pusing setelah olahraga adalah terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Sekalipun tidak sedang berolahraga, berada di bawah sinar matahari terlalu lama juga bisa menyebabkan sakit kepala. Sebaiknya berpindahlah ke lokasi atau area yang teduh untuk mengurangi risiko sakit kepala. Atau juga beristirahatlah sejenak dan minum air putih secukupnya untuk merilekskan tubuh.

3. Makan yang cukup sebelum dan sesudah olahraga

Mengonsumsi makanan sebelum dan sesudah berolahraga juga bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga yang paling efektif. Tidak makan sebelum berolahraga akan membuat kadar gula darah berkurang. Jika ini terjadi makan akan semakin memperbesar kamu merasakan sakit kepala sesudahnya.

Baiknya kamu mengonsumsi makanan 1 jam sebelum melakukan aktivitas olahraga. Selama berolahraga akan membuat kadar gula darah terus terkuras. Karena itulah kamu perlu mengisinya kembali dengan makan lagi setelah berolahraga.

4. Melakukan gerakan pendinginan

Jika sebelum olahraga kita perlu melakukan pemanasan, maka setelah berolahraga perlu juga dilakukan yang namanya pendinginan. Pendinginan setelah berolahraga sangat penting dilakukan, tujuannya untuk menenangkan otot-otot yang aktif dan berkontraksi selama berolahraga. Sakit kepala setelah olahraga sendiri biasanya disebabkan oleh otot-otot tubuh yang menegang.

Selain membuat sakit kepala, tidak melakukan gerakan pendinginan juga bisa menyebabkan otot menjadi kram. Tentu kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

5. Minum obat tertentu

Dan cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga yang terakhir adalah dengan meminum obat. Obat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk mengatasi sakit kepala setelah olahraga yakni ibuprofen, naproxen atau indometachin. Kamu bisa minum salah satu dari jenis obat tersebut 30-60 menit sebelum melakukan aktivitas olahraga. Cara ini diklaim cukup efektif untuk mengatasi rasa sakit kepala sesudah berolahraga.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga yang paling efektif bisa kamu terapkan. Ketahui terlebih dahulu penyebabnya agar kamu lebih mudah mengatasi sakit kepala sesudah berolahraga.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini