5 Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa yang Baik Dilakukan

0
423
Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa

Koran.id – Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti tubuh tidak dianjurkan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga. Berolahraga saat puasa juga baik dilakukan, asalkan kamu tahu kapan waktu dan juga jenis olahraga yang tepat. Saat puasa sebaiknya kamu memilih untuk melakukan olahraga ringan saja. Jika terlalu berat nantinya bisa membuat tubuh dehidrasi, dan ini sangat berbahaya jika terjadi. Ada beberapa jenis olahraga ringan saat puasa yang baik untuk kamu lakukan, seperti berenang, bersepeda, jalan santai dan lain sebagainya.

Pada artikel kali ini akan saya bahas secara terperinci jenis olahraga saat puasa dan kapan waktu yang tepat untuk dilakukan. Ini sangat penting untuk kamu ketahui agar olahraga yang dilakukan bisa membuat tubuh sehat dan bugar, bukan membuatnya justru berbahaya kondisinya.

Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa yang Bagus Dilakukan

Jenis Olahraga Ringan Saat Puasa

Menjaga tubuh tetap sehat bisa dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin. Tapi terkadang ini menjadi kendala tersendiri bagi umat islam yang sedang menjalani ibadah puasa ramadhan. Menurut mereka berolahraga saat puasa bisa membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bugar lagi. Padahal jika kita tahu jenis olahraga apa saja yang tepat dan pemilihan waktu yang benar, maka olahraga saat berpuasa justru membuat tubuh bugar dan senantiasa sehat.

Adapun waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, antara lain:

  • Pagi hari. Wakru yang pas untuk berolahraga saat puasa yang pertama adalah di waktu pagi hari. Pagi hari menjadi waktu ideal untuk berolahraga saat di bulan puasa, dikarenakan energi tubuh masih full. Dengan begitu, aktivitas olahraga yang dilakukan bisa lebih maksimal dan penuh semangat.
  • Sore hari. Selain pagi hari, sore hari juga bisa kamu jadikan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa. Sebaiknya kamu melakukan aktivitas olahraga ringan satu atau dua jam sebelum waktu berbuka puasa tiba. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, karena biasanya di waktu-waktu ini energi tubuh sudah tinggal sedikit. Keuntungan melakukan olahraga di sore hari saat puasa, kamu bisa langsung mengisi kembali tenaga yang sudah terkuras selama berolahraga.

Setelah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk berolahraga saat puasa, selanjutnya kamu perlu mengetahui juga apa saja jenis olahraga ringan saat puasa yang baik dilakukan. Adapun jenis olahraga ringan tersebut, antara lain:

1. Berjalan santai

Jenis olahraga ringan saat puasa yang baik dilakukan pertama adalah jalan santai. Berjalan santai lebih direkomendasikan dibandingkan harus melakukan jogging saat puasa. Ini karena jogging akan lebih banyak menguras tenaga dan berpotensi menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Sebaliknya, jalan santai tidak akan membuat energi atau tenaga dalam tubuh terkuras habis.

Kamu bisa berjalan santai saat pagi hari setelah sholat subuh, atau bisa juga di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Perlu kamu ingat, jangan terlalu lama berjalan santai saat puasa. Lebih disarankan kamu berolahraga dengan jalan santai dalam waktu kurang lebih 20 hingga 30 menit. Ini bertujuan untuk mempertahankan energi tubuh agar tetap terjaga.

2. Bersepeda

Selain berjalan santai, bersepeda ria juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan saat puasa yang bisa kamu pilih. Aktivitas bersepeda ini sendiri bisa menggunakan sepeda statis ataupun dinamis. Tetapi lebih disarankan berolahraga dengan sepeda dinamis, karena bersepeda di alam terbuka bisa meningkatkan mood bahagia.

Lakukan aktivitas berseda ria ini selama kurang lebih 45 menit dengan berkeliling kompleks atau pergi ke taman. Selain menyehatkan, bersepeda dengan waktu 45 menit tersebut sudah mampu membakar kalori cukup baik yakni mencapai 300-350 kalori.

3. Berenang

Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan saat berpuasa. Tetapi perlu diingat, jangan sampai kamu menelan air kolam secara sengaja karena hal tersebut akan membuat puasamu batal. Berenang saat pagi hari lebih dianjurkan karena akan membuat tubuh lebih bugar dan siap melakukan aktivitas fisik lainnya.

Berenang secara rutin tidak hanya membuat tubuh lebih sehat. Olahraga ini juga bisa menjadi cara terbaik untuk meninggikan badan secara cepat dan efektif. Selain itu, berenang juga berkhasiat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru.

4. Yoga

Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup populer sekarang ini. Bahkan para artis terkenal pun banyak yang beralih ke olahraga yoga. Yoga dianggap bisa mengontrol emosi sekaligus sangat baik untuk kesehatan tubuh. Melakukan aktivitas yoga secara rutin akan membuat pikiran selalu tenang dan juga bisa melatih fokus.

Ada banyak sekali jenis yoga yang bisa dilakukan. Tetapi sebaiknya kamu memilih jenis olahraga Yoga yang ringan-ringan saja saat menjalani ibadah puasa. Terlebih lagi yoga tingkat berat membutuhkan instruktur khusus agar kamu tidak salah dalam melakukan gerakan yoga.

5. Tai Chi

Tai Chi merupakan salah satu jenis seni beladiri atau senam kesehatan dengan gerakan halus yang berasal dari Tiongkok. Sama dengan Yoga, Tai Chi ini juga punya banyak sekali gaya dengan konsep dasar yang hampir sama. Tai Chi juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Termasuk olahraga ringan, Tai Chi juga baik untuk dilakukan saat sedang berpuasa sekalipun.

Selain beberapa rekomendasi jenis olahraga ringan saat puasa yang baik dilakukan, ada pula beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari. Misalnya saja, jogging, Tenis, Bulu tangkis, Sepak bola, dan juga senam aerobik. Jenis-jenis olahraga tersebut termasuk olahraga berat, yang mana jika dilakukan saat puasa akan membuat tubuh mengalami dehidrasi.

Itulah tadi jenis-jenis olahraga ringan saat berpuasa dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya bisa kamu terapkan. Meskipun sedang berpuasa bukan berarti tubuh tidak dianjurkan untuk berolahraga. Olahraga tetap dibutuhkan agar tubuh senantiasa sehat dan bugar.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini