7 Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

0
646

Koran.id – Mimisan bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Umumnya mimisan bukanlah suatu kondisi yang serius dan bias disebabkan oleh banyak faktor. Meski begitu, kondisi ini akan sangat menghawatirkan jika dialami oleh ibu hamil. Sama seperti mimisan yang dialami semua orang, penyebab mimisan pada ibu hamil juga cukup banyak.

Kondisi satu ini memang sering dialami oleh seorang ibu hamil yang biasanya membuat mereka cukup khawatir akan kondisi tersebut. Tidak perlu khawatir yang berlebihan, karena mimisan dengan intensitas ringan dialami ibu hamil merupakan kondisi yang masih dianggap normal. Pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan secara detail mengenai penyebab dan cara mengatasi mimisan pada ibu hamil yang mudah dan efektif. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

7 Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil yang Harus Kamu Tahu

Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil

Faktor yang menjadi penyebab mimisan pada ibu hamil umumnya karena terjadi perubahan hormon di dalam tubuhnya. Dan mimisan ini sendiri umumnya dialami ibu hamil saat masuk usia trimester kedua kehamilan. Jika mimisan yang dialami ibu masih dalam intensitas ringan, mungkin ini hal yang biasa dan dianggap normal. Tetapi jika mimisan terjadi secara terus-menerus dan sulit berhenti, perlu pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

Adapun penyebab mimisan pada ibu hamil paling umum terjadi, antara lain:

1. Terjadinya Perubahan Hormon

Penyebab mimisan pada ibu hamil paling umum yang pertama adalah karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mimisan ini sering dialami oleh ibu hamil saat memasuki trimester kedua kehamilan. Pada masa tersebut tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon estrogen lebih banyak.

Karena kondisi tersebut akan memicu pendarahan pada pembuluh darah yang ada di sekitar mukosa hidung ibu. Sehingga tidak heran, ibu hamil akan mengalami yang namanya mimisan, namun dengan intensitas yang terbilang ringan.

2. Terjadinya Pelebaran Pembuluh Darah

Pada saat hamil, tubuhnya akan membutuhkan lebih banyak suplai darah dengan tujuan untuk memenuhi oksigen dan nutrisi untuknya dan janin yang dikandung. Suplai darah yang meningkat seperti ini bisa memicu pelebaran pada pembuluh darah yang ada di dalam tubuh ibu, termasuk juga pembuluh darah di area hidung. Pembuluh darah yang melebar tersebut bisa memicu terjadinya mimisan pada ibu hamil.

3. Pembengkakan pada Saluran Hidung dan Saluran Napas

Penyebab mimisan pada ibu hamil satu ini masih ada hubungannya dengan yang di atas. Ya, karena terjadinya pelebaran pembuluh darah, hal ini akan memicu meningkatnya tekanan di pembuluh darah halus pada area hidung.

Pada kondisi seperti ini juga akan memicu terjadinya pembengkakan pada saluran hidung dan saluran napas. Hal inila yang nantinya akan membuat ibu hamil mengalami yang namanya mimisan.

4. Suhu di Lingkungan

Mimisan yang dialami oleh ibu hamil tidak hanya disebabkan oleh perubahan di dalam tubuh saja, melainkan juga bisa diakibatkan oleh kondisi suhu dilingkungan tempat ibu hamil tinggal. Ibu hamil yang tinggal di daerah yang memiliki suhu rendah akan membesar risiko mengalami pendarahan di hidung alias mimisan.

Kondisi seperti ini akan membuat mukosa hidung menjadi lebih kering, dan jika dibiarkan secara terus-menerus maka akan membuatnya rentan mengalami pendarahan di hidung.

5. Disebabkan Oleh Penyakit dan Alergi

Penyebab mimisan pada ibu hamil berikutnya adalah dipicu oleh jenis penyakit tertentu, seperti pilek, sinusitis, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu saja, beberapa kondisi medis lain juga bisa menjadi penyebab pendarahan hidung pada ibu hamil seperti, hipertensi dan juga pembekuan aliran darah.

Selain itu, ibu hamil yang memiliki alergi terentu juga bisa memicu terjadinya pendarahan di hidung. Untuk kondisi satu ini perlu kamu waspadai, karena bisa saja menyebabkan hal yang lebih serius.

6. Kekurangan Asupan Vitamin C

Vitamin C memiliki peranan yang cukup penting di dalam tubuh, termasuk tubuh ibu hamil. Vitamin C dengan sifat antioksidannya akan membantu menangkal serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Mencukupi asupan vitamin C harian tubuh akan membuat sistem imun menjadi lebih kuat. Sebaliknya, tubuh yang kekurangan asupan vitamin C akan memicu tubuh mengalami iritasi, termasuk juga iritasi di area hidung. Hal inilah yang nantinya akan mengakibatkan pendarahan di hidung alias mimisan.

Baca Juga: Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

7. Mengonsumsi Obat Pengencer Darah

Efek pengencer darah ini biasanya terdapat pada jenis obat tertentu seperti ibuprofen, aspirin dan obat lainnya. Ibu hamil yang mengonsumsi obat pengencer darah ini berisiko mengalami mimisan yang sulit untuk dihentikan. Pasalnya, obat pengencer darah akan membuat darah sulit untuk membeku.

Jika luka terjadi pada pembuluh darah hidung, hal ini akan membuatnya sulit untuk dihentikan karena efek dari obat pengencer darah tersebut. Agar lebih aman, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan mengonsumsi suatu obat.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Ibu Hamil Paling Ampuh

Cara Mengatasi Mimisan Pada Ibu Hamil

Setelah mengetahui beberapa penyebab mimisan pada ibu hamil di atas, sekarang lanjut ke cara untuk mengatasinya. Mengatasi mimisa pada ibu hamil sangat mudah dan sederhana, yang terpenting kamu tidak perlu terlalu panik karena kondisi ini umumnya tidaklah berbahaya. Adapun beberapa cara mengatasi mimisan pada ibu hamil, di antaranya:

  1. Pastikan badan dalam posisi tegak dan kepala agak menunduk sedikit. Tujuannya untuk mencegah pendarahan terus berlanjut karena tekanan darah di rongga hidung.
  2. Jangan sentuh atau bahkan menggoyangkan hidung agar tidak menyebabkan jaringan robek.
  3. Hindari posisi kepala menengadah, karena ini hanya akan membuat darah masuk ke tenggorokan dan masuk ke lambung.
  4. Memperbanyak minum air putih.
  5. Tidur dengan posisi badan dimiringkan ke kanan atau kiri.
  6. Memanfaatkan es batu yang dibungkus dengan handuk untuk mengompres hidung.
  7. Coba juga memencet cuping hidung bagian atas menggunakan jari telunjuk dan jempol. Sembari memencet, pastikan bernafas melalui mulut.
  8. Pastikan berada di lingkungan yang bersih (terhindar dari asap rokok, parfum berlebih, dll).
  9. Bernafas secara perlahan jika dirasa sudah agak membaik.

Itulah tadi beberapa penyebab mimisan pada ibu hamil dan cara mengatasinya yang paling mudah dan efektif. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya7 Tips Mengatasi Cegukan pada Bayi Paling Ampuh dan Efektif
Artikel SelanjutnyaSejarah Awal Pembentukan Internet di Dunia yang Harus Kamu Ketahui
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini