7 Tips Mengatasi Cegukan pada Bayi Paling Ampuh dan Efektif

0
1345

Koran.id – Mitosnya, cegukan yang dialami oleh bayi dianggap sebagai hal baik untuk pertumbuhannya. Kondisi cegukan biasanya memang tidak membahayakan kesehatan bayi. Tetapi jika cegukan yang dialami oleh bayi tidak mau hilang dalam jangka waktu lama, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Karena itu, mereka biasanya melakukan berbagai cara agar cegukan pada bayi cepat hilang. Ada beberapa tips mengatasi cegukan pada bayi yang dianggap paling ampuh dan aman tentunya.

Menghilangkan cegukan pada bayi memang tidak boleh sembarangan, karena bisa saja hal tersebut akan berdampak buruk pada mereka. Agar lebih aman, simak cara mengatasi cegukan pada bayi yang benar dan efektif di bawah ini.

Table Of Contents

7 Tips Mengatasi Cegukan pada Bayi yang Efektif dan Aman

Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cegukan dalam dunia medis disebut dengan singultus, di mana kondisi ini disebabkan oleh masuknya udara ke dalam paru-paru secara tiba-tiba dan hal tersebut menyebabkan ruang antara pita suara tertutup. Vegukan juga bisa dialami oleh siapa saja, temasuk juga pada seorang bayi. Tidak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak menimbulkan bahaya bagi mereka.

Cegukan yang di alami oleh bayi biasanya terjadi saat ia sedang menyusu. Pada kondisi tersebut udara tidak sengaja masuk ke paru-paru yang akhirnya menyebabkan kontraksi pada diafragma. Hal ini lebih sering terjadi katika bayi terlalu cepat atau terlalu banyak menyusu. Adapun beberapa tips mengatasi cegukan pada bayi paling efektif, di antaranya:

1. Memeluk Tubuh Bayi

Pertolongan pertama yang bisa ibu lakukan pada bayi yang mengalami cegukan adalah dengan memeluk bayi dengan lembut. Cara ini ditujukan untuk membuat tubuh bayi lebih tenang dan juga rileks. Tubuh yang rileks biasanya akan membuat cegukan berangsur menghilang dengan sendirinya.

Sejatinya bayi memang perlu sering-sering dipeluk sebagai tanda kasih sayang terhadap mereka. Pelukan lembut pada bayi akan mampu menunjang tumbuh kembang mereka. Selain itu, pelukan hangat juga akan membuat sang bayi lebih bahagia.

2. Menepuk Punggung Bayi Secara Lembut

Tips mengatasi cegukan pada bayi yang paling efektif selanjutnya adalah dengan mencoba menepuk punggung bayi secara lembut dan perlahan. Lakukan cara ini dengan sambil menggendong si bayi dalam posisi tegak atau berdiri. Sementara posisi kepala sang bayi disandarkan ke pundak ibu. Selain menepuk, lakukan juga pengusapan secara perlahan pada punggungnya.

Cegukan yang hilang biasanya ditandai dengan bayi yang bersendawa. Meskipun cegukan sudah sembuh, pastikan ibu tetap menggendongnya beberapa saat agar tubuh bayi lebih tenang.

3. Mengawasi Bayi saat Menyusu

Ketika bayi sedang menyusu, sebaiknya ibu tetap memperhatikan dan mengawasinya. Tujuannya agar bayi tidak merubah posisi yang salah sehingga menyebabkan ia mengalami cegukan. Selain itu, perhatikan juga ritme bayi ketika menyusu dan pastikan si bayi tidak terlalu terburu-buru.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bayi yang menyusu terlalu cepat atau terlalu banyak akan mengakibatkan udara tidak sengaja masuk ke paru-parunya dan menyebabkan cegukan. Selain cegukan, kondisi ini juga memperbesar risiko bayi tersendak sehingga menyebabkan muntah. Pastikan saat menyusu bayi tetap dalam keadaan tenang agar terhindar dari cegukan.

4. Pastikan Posisi Bayi Sudah Benar saat Menyusu

Bayi yang menyusu dalam posisi salah akan memungkinkan ia mengalami cegukan dan tersendak. Benarkan terlebih dahulu posisi bayi ketika menyusu dan pastikan tubuh mereka nyaman dengan posisi tersebut. Cara ini akan membuat cegukan yang dialami bayi berangsur hilang secara perlahan.

Tetapi jika cegukan yang dialami bayi tetap berlanjut, sebaiknya hentikan dulu aktivitas menyusu si bayi. Peluk bayi dan tepuk secara halus punggung bayi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Menyusu dalam kondisi cegukan akan memungkinkan bayi tersendak.

5. Membawa Bayi ke Tempat yang Hangat

Tips mengatasi cegukan pada bayi paling mudah dan efektif berikutnya adalah dengan menggendong bayi dan membawanya ke lingkungan yang lebih hangat. Cegukan pada bayi salah satunya juga disebabkan oleh perubahan suhu yang lebih menjadi lebih dingin. Karena itula, untuk mengatasinya kamu perlu memindahkan bayi ke tempat yang hangat.

Hindari ruangan yang ber-AC atau juga lingkungan yang berangin agar cegukan pada bayi bisa cepat sembuh atau hilang. Lakukan cara seperti di atas jika cegukan pada bayi masih tetap berlanjut.

6. Memberikan Sesuatu yang Bisa Diisap Bayi

Memberikan sesuatu yang bisa diisap oleh bayi dipercaya akan mampu meredakan atau menghilangkan cegukan secara perlahan. Alasannya saat bayi mengisap sesuatu akan memicu ia mengalami yang namanya bersendawa. Seperti yang kita tahu, bayi yang bersendawa menjadi salah satu tanda kalau cegukan yang dialaminya sudah sembuh.

Sesuatu yang bisa diisap oleh bayi cukup bermacam-macam, mungkin itu empeng, dot, atau mengajaknya menyusu.

7. Tetap Memberinya Makan

Tips mengatasi cegukan pada bayi satu ini dikhususkan untuk bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas. Di mana pada usia tersebut bayi sudah dikenalkan dengan berbagai jenis makanan, namun dengan tekstur yang halus yakni MPASI. Untuk mengatasi cegukan, tetap berikannya makan namun secara perlahan untuk menghindari tersendak.

Berikan ia minum secara perlahan pula untuk merangsang agar ia bersendawa dan cegukan pun sembuh. Seperti yang kita tahu, bersendawa merupakan suatu tanda cegukan yang dialami bayi sudah menghilang.

Itulah tadi beberapa tips mengatasi cegukan pada bayi yang paling aman dan efektif bisa diterapkan. Cegukan pada bayi biasanya akan sembuh dan menghilang dalam waktu kurang lebih 10 menit. Orangtua juga tidak perlu khawatir akan kondisi ini karena umumnya tidaklah berbahaya bagi tubuh bayi. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Artikel SebelumnyaSpesifikasi dan Harga Laptop Terbaik Murah untuk Mahasiswa dan Pelajar 2019
Artikel Selanjutnya7 Penyebab Mimisan Pada Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini