7 Gudeg Jogja Legendaris Paling Enak dan Terkenal di Jogja

0
352
Gudeg Jogja Legendaris

Koran.id – Berkunjung ke Jogja kurang lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas disana yakni Gudeg. Gudeg menjadi salah satu kuliner legendaris di Jogja dan sering menjadi buruan banyak wisatawan yang berkunjung kesana. Dari dulu hingga sekarang gudeg selalu menjadi daya tarik utama, dan biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh favorit. Ada beberapa tempat penjual gudeg yang bahkan sudah ada sejak jaman dulu hingga sekarang. Gudeg Jogja legendaris tersebut selalu menjadi tujuan utama wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Menjadi tempat jual Gudeg legendaris, tidak karena hanya masalah waktu melainkan juga cita rasanya yang enak dan khas. Penasaran dimana saja tempat jual Gudeg Jogja legendaris paling enak dan terkenal tersebut? Simak ulasan selenkapnya di bawah ini.

7 Gudeg Jogja Legendaris Paling Enak dan Terkenal di Jogja

1. Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum menjadi salah satu Gudeg Jogja legendaris paling terkenal dengan cita rasanya yang sangat khas. Sudah berdiri sejak lama, Gudeg Yu Djum selalu menjadi tempat favorit wisatawan yang ingin berburu Gudeg khas Jogja. Gudeg Yu Djum diwariskan secara turun menurun dan sekarang ini sudah sampai generasi ke-4. Kejayaan Gudeg Yu Djum tetap terjaga meskipun sudah semakin banyak tempat yang menjual Gudeg khas Jogja.

Cita rasanya yang enak dikarenakan memasaknya yang masih mempertahankan cara tradisional. Memasaknya menggunakan dengan tungku tradisional dan kayu bakar. Gudeg Yu Djum dilengkapi pula dengan krecek, telur, ayam, tahu dan juga tempe bacem. Kamu bisa memilih sendiri lauk apa yang paling disuka.

Sekarang ini Gudeg Yu Djum sudah memiliki beberapa cabang di Jogja. Namun, yang menjadi pusatnya adalah Gudeg Yu Djum yang berlokasi di Sentera Gudeg Jalan Wijilan, Jalan Kaliurang Km 4.

2. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon juga menjadi salah satu tempat jual Gudeg Jogja legendaris paling enak dan banyak diburu. Sesuai namanya, Gudeg Pawon memungkinkan pengunjungnya merasakan makan gudeg langsung dari pawon atau dapur. Pengunjung bisa melihat dan memilih sendiri gudeg dan lauknya yang menggugah selera.

Makan langsung dengan suasana di dalam dapur seperti ini tidak hanya unik tapi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Gudeg Pawon ini sendiri sudah sejak lama tetap mempertahankan keunikannya tersebut. Lokasinya sendiri berada di Jalan Janturan Nomor 36-38 Warungboto.

3. Gudeg Bu Hj Ahmad

Satu lagi Gudeg paling legendaris dan menjadi favorit wisatawan yang berkunjung kesana yakni Gudeg Bu Hj Ahmad. Tempatnya yang cukup luas mampu menampung banyak pelanggan. Gudeg Bu Hj Ahmad ini juga menjadi salah satu tempat makan Gudeg paling hits di sana. Banyak pilihan lauk yang bisa kamu nikmati bersama gudeg legendaris ini. Yang paling menjadi daya tarik adalah Gudeg disini dibanderol dengan harga lumayan murah.

Gudeg Bu Hj Ahmad ini sendiri berlokasi di seberang Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Jogja. Selain punya cita rasa yang enak dan khas, Gudeg disini juga diklaim mampu bertahan dalam waktu cukup lama yakni hingga 48 jam. Cocok dibuat oleh-oleh tentunya.

4. Gudeg Permata Bu Pujo

Gudeg Permata juga bisa kamu jadikan pilihan jika sedang mencari Gudeg khas Jogja yang paling legendaris dan dengan cita rasa yang enak. Gudeg Permata memiliki cita rasa yang unik dengan kuahnya yang gurih serta manis. Sangat cocok untuk kamu para penikmat Gudeg manis serta gurih. 

Tidak hanya itu saja, Gudeg Permata juga bisa kamu temukan dengan mudah karena lokasinya yang berada di tengah Kota Jogja. Lebih tepatnya, Gudeg Permata ini berada di Jalan Gajah Mada atau berada tepat di depan Bioskop Permata. Jika datang ke Kota Jogja, jangan lupa untuk mampir ke tempat ini.

5. Gudeg Bu Djuminten

Gudeg Bu Djuminten tidak hanya menjadi tempat favorit para wisatawan yang datang, melainkan banyak pula pejabat negara yang selalu menyempatkan diri datang ke sini untuk menikmati Gudeg spesialnya. Berdiri sejak tahun 1926 silam, tempat ini tetap berdiri kokoh dengan tidak adanya perubahan signifikan baik dari segi interior dan eksteriornya. Daya tarik utama dari Gudeg Bu Djuminten adalah rasa gudegnya yang gurih dan manis dengan campuran gula aren.

Selain itu, banyak pilihan lauk yang semakin membuat cita rasanya semakin spesial, mulai dari krecek pedas, telur, dan lainnya. Gudeg Bu Djuminten ini sendiri berlokasi di Jalan Asem Gede No. 4 atau di Jalan Kranggan No. 69 Jogja.

6. Gudeg Bu Tjitro

Gudeg legendaris Jogja paling enak dan terkenal berikutnya adalah Gudeg Bu Tjitro. Gudeg satu ini menjadi salah satu yang paling populer dengan tempatnya yang sangat luas, mampu menampung pelanggan hingga 400 orang. Tempat ini juga sering disewa untuk dijadikan tempat resepsi, wisuda, hingga meeting.

Tidak hanya itu saja, Gudeg Bu Tjitro juga punya cita rasa yang gurih dan manis. Disediakan banyak sekali pilihan lauk seperti sambal goreng krecek pedas, tempe, kacang tholo, telor itik dan juga ayam kampung. Selain dimakan di sana, kamu juga bisa memesan gudeg dibungkus untuk dijadikan oleh-oleh. Gudeg Bu Tjitro ini sendiri berlokasi di Jalan Jati No. 330 Yogyakarta.

7. Gudeg Manggar

Dan Gudeg Jogja Legendaris paling enak dan terkenal yang terakhir adalah Gudeg Manggar. Gudeg Manggar bisa dibilang sebagai Gudeg paling unik dengan cita rasa yang nikmat. Ini karena Gudeg Manggar tidak menggunakan gori sebagai bahan dasarnya, melainkan menggunakan manggar atau kembang kelapa muda. Semakin nikmat lagi dengan ayam suwir-suwir di atasnya.

Selain makan di tempat, kamu juga bisa memesannya untuk di bawa pulang. Nantinya gudeg akan diberi wadah kendhil atau periuk dari tanah liat. Gudeg Manggar ini sendiri berlokasi di Jalan Srandhakan Km 8 Bantul, Jogja. Tidaklah sulit untuk menemukan tempat ini karena memang namanya sudah sangat terkenal.

Itulah tadi beberapa Gudeg Jogja legendaris paling enak dan terkenal yang wajib kamu kunjungi saat datang ke Jogja. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini