10 Kuliner Khas Jogja yang Punya Cita Rasa Menggoda Wajib Dicicipi

0
1346

Koran.idBerkunjung dengan berakhir pekan di Jogja tentunya sangat seru dan menyenangkan, hal ini tak lepas dari destinasi wisata Jogja yang beraneka ragam. Mulai dari wisata sejarahnya, wisata edukasi, bahkan juga wisata alamnya yang begitu menakjubkan. Dari semua keseruan itu maka tak lengkap jika kamu melewatkan wisata kuliner khas Jogja yang punya cita rasa menggoda wajib dicicipi.

Jogja yang identik dengan Jalan Malioboro ternyata juga memiliki aneka ragam menu masakan khas Joga sendiri. Rasanya yang dikenal lezat membuat makanan asal Jogja ini banyak diburu wisatawan yang sedang liburan, adapun dari sajian menu andalanya sejak jaman dahulu sudah terkenal. Nah bagi kalian yang saat ini sedang ada di Jogja, ada baiknya untuk terlebih dahulu melihat daftar menu kuliner khas Jogja di bawah ini :

10 Kuliner Khas Jogja yang Punya Cita Rasa Menggoda Wajib Dicicipi

1. Kuliner Gudeg Jogja

Instagram.com/masakjajan

Pertama kuliner khas Jogja paling enak dan paling terkenal adalah gudeg Jogja, kuliner satu ini memang termasuk menu tradisional namun cita rasanya yang menggoda dengan sajian sederhananya membuat makanan gudeg paling diburu oleh para pecinta kuliner. Bahan dasar untuk membuat gudeg berasal dari nangka muda yang di padukan dengan santan beserta bumbu penyedap rasa lainya.

Varian rasa makanan gudeg terdiri dari 3 warna yang menyajikan gudeg berkuah/ basah, gudeg kering dan gudeg manggar. Sensasi bumbu rempahnya yang sangat khas dengan olahan Jogja, membuat cita rasa makanan gudeg menjadi gurih dan pedas. Biasanya perpaduan seporsi gudeg ini lauknya berupa telur, ayam kampung dan tempe goreng.

2. Kuliner Sego Kucing

Instagram.com/solo.foodie

Selanjutnya kuliner makanan khas Jogja yang memiliki cita rasa menggoda yaitu sego kucing, kuliner yang terkenal dengan harga murah ini bisa kalian dapatkan di berbagai angkringan di Jogja. Sego kucing berisikan lauk seperti tempe sambal, sambal teri, dan nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Meski tergolong sederhana makanan sego kucing ini, tetapi banyak sekali peminatnya karena rasanya tak kalah dari kuliner makanan lainya. Biasanya penyajianya kamu bisa minta tambahan lauk seperti halnya telur puyuh, kepala ayam, ampela dan menu lainya. Agar semakin lengkap pesan lah minuman hangat seperti kopi hitam, wedang jahe dan teh hangat.

3. Kuliner Sate Klathak

Instagram.com/satepakjede

Saatnya bagi para pecinta kuliner yang hoby sekali dengan sate kambing, jika berada di Jogja maka pesanlah kuliner sate klathak. Kelezatan rasa sate klathak memberikan cita rasa yang nikmat membuat lidah ini seakan tak ingin berhenti untuk menikmatinya, uniknya sate klathak dengan sate pada umumnya proses pembakaranya melalui besi sebagai sunduk satenya karena untuk menyempurnakan tingkat kematangan tekstur daging sampai ke dalam.

Cara penyajian sate klathak khas Jogja ini biasanya pas sekali disampingnya terdapat kuah gulai, kepopuleran penjual sate klathak ini bisa kalian kunjungi di Jogja tepatnya di Jalan Sultan Agung No. 18, Wonokromo, Bantul dan berada di kawasan Pasar Jejejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul dengan pemilik nama warung makan Pak Bari.

4. Kuliner Mie Des

Instagram.com/herlina.endah

Mie Des berbeda dengan kuliner mie pada umumnya, cita rasa mie des khas Jogja ini sensasinya menggoda selera sebelum kalian mencicipi makanan ini mencium aroma masakanya saja sudah membuat perut seakan terasa kosong. Tekstur mie yang agak kenyal dengan ukuran besar, membuat kuliner ini semakin banyak diburu terutama pecinta kuliner di Jogja.

Bebagai varian menu mie des tersediah yang penyajianya di goreng, mie des kuah yang rasanya sangat pedas sekali. nah bagi kamu yang ingin merasakan mie des ini datanglah ke tempat mie des Pak Yono yang lokasinya di Jalan Mangun Negoro, Srihardono, Pundong, Bantul, Jogja.

5. Kuliner Kipo Jogja

Instagram.com/oleholehkhasjogja88

Sejenis jajanan khas Jogja yang biasanya dinikmati dengan seduhan air teh hangat, camilan ringan ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang diberikan pewarna makanan sekaligus dicampur santan beserta gulah merah. Kuliner kipo memang makanan sejak jaman dulu sudah ada, biasanya cara memasaknya di bakar di atas arang.

Istimewanya jajanan kipo ini jika kalian datang ke Jogja jangan lupa untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh dirumah, untuk mendapatkanya kalian bisa datang ke Bu Amanah di Jaln Mondorakan No. 25A, Prenggan, Jogja. Atau kalian juga bisa datang di Kipo Bu Djito yang tak jauh tempatnya di Jalan Mondorakan No. 27.

6. Kuliner Jajanan Thiwul

Salah satu makanan tradisional khas Jogja yang cita rasanya menggoda, thiwul atau disebut juga sego thiwul bahan dasarnya terbuat dari singkong yang di keringkan hingga jadi gaplek. Dulunya memang thiwul ini dijadikan alternatif pertama untuk pengganti sementara nasi yang harganya waktu itu mahal, jadi sampai sekarang ini menu tradisional di Jogja terus dilestarikan hingga menjadi makanan kuliner.

Cara penyajianya cukup unik memang biasnya thiwul di berikan lauk serta sayuran, lebih lezatnya lagi thiwul yang tekturnya seperti nasi kering berwarna kecoklatan itu diberi palutan kelapa yang ada gulanya. Makanan ringan ini pas sekali disajikan dipagi hari bersama minuman hangat seperti kopi dan teh.

7. Kue Bakpia Jogja

Instagram.com/jogjafoodhunter

Salah satu jajanan yang banyak dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang datang, karena selain rasanya yang begitu legit enak varian rasanya beraneka ragam. Makanan kue bakpia bisa kamu pilih sesuai selera dengan rasa kacang hijau, keju manis, dan kumbu hitam.

Untuk mendapatkan kue bakpia khas Jogja ini tidaklah sulit, kamu bisa datang di lapak atau toko di Jogja yang terkenal seperti Bakpia Pathok 25 berada di Jl. AIP II KS Tubun, Kadipaten, Kraton Jogja dan Bakpia Kurnia Sari lokasinya berada di Jl. Glagahsari No. 91C, Warungboto, Umbulharjo, Kota Jogja.

8. Kuliner Mie Lethek

Instagram.com/jajanyogya

Lethek yang berartikan tidak bersih bukan berarti makanan ini kotor, namun mie-nya saja yang dijuluki sebagai mie yang jelek alias tampilanya tidak menarik. Meski mie ini tampilanya meragukan namun jika kalian mencicipinya maka akan ketagihan dan membat lidah ini seakan tidak ingin berhenti menikmatinya.

Cara pengolahanya mie lethek ini menggunakan penggilingan tradisional, setelah itu cara mematangkanya cukup direbus maupun digoreng seakan tampilan mie ini menjadi berubah menjadi makanan lezat. Untuk penyajianya biasanya ada tambahan suwiran ayam dan telur ceplok yang siap disantapnya.

9. Kuliner Tengkleng Gajah

Instagram.com/stanzazone

Mungkin bagi kalian yang belum tahu sama sekali hidangan kuliner khas Jogja ini, terlihat aneh mendengar namanya. Sebenarnya olahan bahan dasar kuliner ini bukan dari daging gajah, melainkan dari tulang kambing yang dipotong-potong dengan ukuran cukup besar. kalian bisa menikmatinya hidangan ini melalui seporsi mangkuk, yang pasti rasanya ingin sekali tambah.

Makanan tengkleng gajah memang menyerupai gulai kambing, namun bedanya kuahnya sedikit encer dibandingkan gulai. Tempat penjual kuliner Tengkleng Gajah yang cukup terkenal sampai sekarang di Jogja berada di Jalan Kaliurang KM. 9.3, Bulurejo, inomartani, Ngaglik, Sleman Jogja.

10. Kuliner Mangut Lele Jogja

Instagram.com/nisaulfa_

Wisata kuliner yang ada di Jogja yang rasanya begitu menggoda termasuk menu dari mangut lele, sajian mangut lele yang terkenal dengan olahan dari Mbah Marto ini menjadikan kuliner mangut lele banyak diburu oleh pecinta kuliner.

Untuk memperoleh kuliner dengan menu Mbah Marto ini datanglah dengan beralamatkan Ngireng-ngireng, Sewon, Panggungharjo, Bantul Jogja. Untuk sajian dalam seporsi isinya ada lele goreng, bumbu mangut, sambal dan untuk lebih nikmat pesanlah minuman teh hangat.

Nah, itulah tadi beberapa mengenai 10 Kuliner Khas Jogja yang Punya Cita Rasa Menggoda Wajib Dicicipi. Menu makanan favorit kalian yang mana nih, semoga rekomendasi daftar kuliner di atas ini memberikan manfaat ya khususnya yang saat ini berada di Jogja.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini