7 Cara Menghilangkan Mual Secara Alami yang Efektif

0
48
Cara Menghilangkan Mual Secara Alami
Cara Menghilangkan Mual Secara Alami

Koran.id – Hampir semua orang pasti pernah mengalami yang namanya mual, dan penyebabnya pun sangat beragam. Umumnya mual bukanlah suatu kondisi yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Tetapi jika tidak segera diatasi, mual yang dirasa akan membuat tubuh tidak nyaman. Bahkan melakukan aktivitas apapun rasanya kurang bergairah. Cara menghilangkan mual secara alami lebih banyak dipilih karena efeknya yang lebih ampuh dibandingkan meminum obat mengandung bahan kimia.

Mengenai obat mual alami tersebut cukup banyak macamnya, beberapa bahkan bisa kamu temukan dengan mudah di sekitar rumah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai obat penghilang mual yang alami bisa kamu simak ulasan di bawah ini.

7 Cara Menghilangkan Mual Secara Alami yang Efektif

Sebelum lanjut ke cara menghilangkan mual secara alami, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab mual tersebut. Seperti yang dijelaskan di atas, mual bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari perut kembung, refluks asam lambung, kondisi hamil, dalam perjalanan, diare, infeksi saluran pencernaan, keracunan, efek dari suatu obat, hingga karena mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu.

Untuk menghilangkan mual ini sendiri paling mudah dengan cara-cara alami, tanpa harus meminum obat yang tentunya berbahaya jika dikonsumsi secara terus-menerus. Adapun cara menghilangkan mual paling mudah tanpa obat, antara lain:

1. Memanfaatkan Jahe

Jahe
Jahe

Cara menghilangkan rasa mual secara alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan jahe. Kemampuan jahe dalam mengatasi mual sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan efek yang diberikannya bisa langsung terasa saat pertama kali mengonsumsinya. Jahe sering dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil atau pada penderita kanker yang sedang menjalani proses kemoterapi.

Untuk mendapatkan manfaat jahe sebagai penghilang rasa mual tidaklah sulit. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung dengan mencapurkan ke makanan. Atau bisa juga dengan menjadikan jahe sebagai minuman hangat.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Air Putih
Air Putih

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh harian sangat penting untuk dilakukan semua orang. Apalagi bagi kamu yang punya aktivitas padat setiap harinya. Jika hal ini tidak dilakukan, maka kemungkinan besar akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Dan salah satu gejala yang ditimbulkan adalah tubuh merasa mual.

Oleh karena itulah, saat mengalami mual akibat tubuh kekurangan cairan sebaiknya langsung minum air putih yang banyak. Dengan begitu, seketika mual yang dirasa akan hilang dengan cepat. Cara ini menjadi lebih penting jika mual yang dirasa disertai dengan muntah. Pasalnya, saat muntah maka cairan tubuh akan terus berkurang.

3. Mengonsumsi Kayu Manis

Kayu Manis
Kayu Manis

Selain jahe, kayu manis juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan rasa mual dengan cepat dan efektif. Kemampuan kayu manis dalam mengatasi mual ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah studi resmi yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Dijelaskan bahwa kayu manis sangat efektif dan ampuh dalam menghilangkan rasa mual, terutama mual akibat datang bulan atau menstruasi.

Untuk mendapatkan manfaat kayu manis untuk menghilangkan rasa mual secara cepat tidaklah sulit. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung sebagai campuran makanan atau menjadikannya sebuah minuman.

4. Memanfaatkan Ekstrak Jinten

Jinten
Jinten

Satu lagi bahan rempah-rempah dapur yang ampuh menghilangkan rasa mual dengan sangat cepat dan efektif yakni jinten. Ekstrak jinten sudah dipercaya sejak lama bisa mengatasi rasa mual dengan cepat dan ampuh. Bahkan mengonsumsi ekstrak jinten sebagai penghilang rasa mual tersebut tidak memberikan efek samping negatif.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa ekstrak jinten mampu mengatasi rasa mual yang disebabkan oleh penyakit iritasi usus atau yang dikenal dengan irritable bowel syndrome. Selain bisa mengatasi mual, masih ada manfaat lain dari jinten untuk kesehatan, seperti mengatasi diare, sembelit dan juga sakit perut.

5. Memanfaatkan Buah Lemon

Lemon
Lemon

Cara menghilangkan mual secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan buah lemon. Buah lemon diklaim mampu mengatasi bahkan mencegah mual dengan cepat dan efektif, terutama mual yang dialami oleh wanita hamil. Dari sebuah studi yang pernah dilakukan, dari 100 wanita hamil yang merasa mual merasa lebih baik ketika mengonsumsi atau menghirup aroma buah lemon.

Selain dengan mengonsumsi air lemon secara langsung, menghirup aroma buah lemon juga bisa menjadi alternatif jika ibu hamil tidak suka dengan buah tersebut. Cukup memotong buah lemon menjadi beberapa bagian, kemudian hirup aroma dari buah terebut.

6. Mengontrol Napas

Mengontrol Napas
Mengontrol Napas

Untuk menghilangkan rasa mual tidak perlu meminum obat-obatan tertentu yang bisa menyebabkan efek samping. Cukup dengan mengontrol napas dengan perlahan sudah bisa mengatasi rasa mual tersebut. Cobalah untuk bernapas secara perlahan dan resapi, kemudian kamu tetap sambil mengontrolnya. Alhasil, rasa mual yang dirasa akan segera hilang dengan cepat.

Bernapas secara perlahan sebagai cara penghilang mual ini sendiri sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di University of Connecticut School of Medichine. Penelitian ini sendiri dilakukan pada tahun 2004 silam.

7. Melakukan Olahraga Ringan

Yoga
Yoga

Cara menghilangkan mual secara alami tanpa obat yang terakhir adalah dengan melakukan olahraga ringan. Beberapa jenis olahraga ringan yang ampuh menghilangkan rasa mual bisa kamu lakukan seperti, Yoga dan Aerobik. Manfaat olahraga ringan untuk mengatasi mual ini sendiri sudah dibuktikan oleh sebuah studi resmi.

Lakukan beberapa gerakan yoga ringan atau aerobik sembari mengontrol napas ketika merasa mual. Hasilnya, mual yang dirasa akan perlahan hilang dan tidak kamu rasakan lagi.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan rasa mual secara alami yang paling mudah bisa coba kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini