7 Manfaat Biji Seledri untuk Kesehatan Tubuh Harus Diketahui

0
19

Koran.id – Seledri tidak hanya daunnya saja yang bisa dimanfaatkan, melainkan juga bagian bijinya. Biji seledri juga bisa kamu olah sehingga bisa dikonsumsi nantinya. Biji seledri punya kandungan yang baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak sekali manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh yang bahkan tidak banyak orang tahu. Dibandingkan dengan bagian daunnya, biji seledri bahkan tidak kalah penting manfaatnya bagi tubuh.

Salah satu manfaat biji seledri yang tidak banyak orang tahu yakni mampu mencegah dan mengatasi berbagai infeksi yang diakibatkan oleh bakteri tertentu. Manfaat ini tentu tidak terlepas dari kandungan zat yang ada di dalamnya. Selain itu, masih ada banyak lagi khasiat biji seledri yang tidak kalah luar biasanya. Informasi selengkapnya bisa di simak di bawah ini.

Ragam Manfaat Biji Seledri untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Biji Seledri Bagi Kesehatan

1. Mencegah dan Mengatasi Infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, biji seledri memiliki kemampuan untuk mengatasi suatu infeksi yang terjadi akibat serangan bakteri tertentu. Salah satunya adalah infeksi pada lambung (Maag) yang diakibatkan oleh bakteri bernama H. Pylori. Biji seledri dengan kandungan aktif di dalamnya mampu melawan bakteri H. Pylori tersebut agar tidak lagi menyerang lambung.

Manfaat ini didapat dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Pharmacy and Pharmacology dan dirilis pada tahun 2009 lalu. Meski begitu, penemuan ini perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut agar bisa dipastikan kebenarannya.

2. Menyehatkan Tulang

Manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menjaga dan juga meningkatkan kesehaan tulang. Manfaat satu ini didapat dari kandungan kalsium cukup tinggi yang ada di dalam biji seledri. Mengonsumsi sebanyak 1 sendok biji seledri, berarti kamu sudah bisa mencukupi sekitar 12,5% kebutuhan kalsium harian tubuh. Seperti yang kita tahu, kalsium merupakan jenis mineral yang berfungsi untuk menjaga, membentuk dan juga meningkatkan kesehatan tulang.

Selain kalsium, di dalam biji seledri juga mengandung mineral lain yakni Mangan. Mangan ini merupakan salah satu mineral alami yang berfungsi untuk membentuk jaringan tulang (tulang keras dan tulang rawan). Kandungan mangan di dalam biji seledri juga cukup tinggi, di mana untuk takaran satu sendok terdapat sekitar 27% mangan.

3. Menjaga dan Merawat Sistem Pencernaan

Mengonsumsi biji seledri atau ekstrak biji seledri akan membuat sistem pencernaan lebih terjaga kesehatannya. Berbagai risiko penyakit yang bisa menyerang sistem pencernaan akan bisa dicegah dengan baik, misalnya saja sekresi lambung. Manfaat ini juga sama bisa didapatkan dari bagian daun seledri.

Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan senyawa polysaccharides yang memang berfungsi untuk merawat sistem pencernaan tubuh. Selain itu, di dalam biji seledri juga terdapat kandungan serat cukup tinggi, yang mana kandungan ini mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh.

4. Bersifat Anti-Kanker

Biji seledri juga punya berbagai kandungan zat aktif, yang mana zat-zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang baik bagi tubuh. Sifat antioksidan dari biji seledri inilah yang memiliki kemampuan untuk menghalau dan membunuh sel-sel kanker agar tidak terus berkembang. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh Cancer Letters dari sebuah studi yang dirilisnya pada tahun 2005 lalu.

Selain itu, penlitian lain juga menyebutkan manfaat yang sama dari biji seledri. Penilitian tersebut dilakukan pada tahun 2011 dan dirilis dalam Asian Pacific Jounal of Cancer Prevention, di mana manfaat ini bisa didapat dari ekstrak biji seledri.

5. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah dengan lebih efektif. Bagi kamu yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, disarankan untuk mengonsumsi ekstrak biji seledri secara rutin. Tekanan darah akan langsung turun secara lebih efektif meski tanpa bantuan obat apapun.

Manfaat satu ini dibuktikan dengan hasil studi yang dirilis pada tahun 2013 lalu dalam Journal of Medicine Food. Tetapi penelitian ini menggunakan objek seekor tikus yang diberi ekstrak biji seledri. Ditemukan ekstrak biji seledri punya dampak signifikan terhadap turunnya tekanan darah. Masih butuh penelitian yang lebih lanjut untuk bisa memastikan manfaat biji seledri ini bagi tubuh manusia.

Kadar kolesterol jahat atau lemak LDL yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa memicu berbagai jenis penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke, hingga tekanan darah tinggi. Karena itulah, penting untuk kita menjaga dan mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap stabil.

Salah satu cara untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi ekstrak biji seledri. Meskipun masih ada banyak lagi cara menurunkan lemak LDL, tidak ada salahnya memanfaat biji seledri untuk bisa mendapatan khasiat tersebut.

7. Mencegah dan Mengatasi Inflamasi

Manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh yang tidak kalah penting terakhir adalah mampu mencegah serta mengatasi inflamasi. Inflamasi atau peradangan ini sendiri biasanya disebabkan oleh radikal bebas. Biji seledri dengan kandungan antioksidannya mampu menghalau radikal bebas agar tidak menyerang tubuh.

Tidak hanya inflamasi atau peradangan saja, radikal bebas juga bisa memicu kerusakan sel lebih parah sehingga menyebabkan penyakit serius seperti kanker. Karena itulah, rutin mengonsumsi biji seledri agar bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya akibat radikal bebas tersebut.

Itulah tadi beberapa manfaat biji seledri untuk kesehatan tubuh yang wajib kamu tahu. Mulai sekarang konsumsi biji seledri dengan menjadikannya berbagai olahan agar bisa mendapatkan manfaat luar biasa darinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini