10 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik untuk Kebutuhan Fotografi

12
Kamera DSLR Terbaik
Kamera DSLR Terbaik

Koran.id – Sebelumnya telah dibahas pilihan merek kamera DSLR yang paling bagus dan mencari incaran para pecinta fotografi. Dan pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah kamera DSLR terbaik yang paling laris dan banyak diminati, serta dengan kualitas bagus. Tidak heran kemampuannya yang sempurna dalam memotret membuat kamera DSLR banyak dipilih oleh para pecinta fotografi. Apalagi saat ini sudah ada banyak brand yang menyematkan beragam fitur canggih pada kameranya tersebut, tentunya semakin memberikan daya tarik bagi banyak orang.

Kamera DSLR sendiri umumnya memiliki bentuk yang sederhana dengan bodi bongsor dan terdapat lensar besar dibagian depannya. Pada beberapa jenis kamera DSLR memungkinkan untuk dibuka dan diganti bagian lensanya tersebut untuk memberikan hasil jepretan yang semakin sempurna. Banyaknya pilihan kamera yang disediakan membuatmu bingung untuk memilihny. Tidak perlu khawatir, di bawah ini sudah dirangkumkan beberapa rekomendasi kamera DSLR untuk kebutuhan fotografi terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Daftar Kamera DSLR Terbaik untuk Kebutuhan Fotografi

Kamera DSLR memiliki kepanjangan Digital Single Lens Reflex yang merupakan jenis kamera digital yang menggunakan mekanisme cermin dalam hal menangkap objek. Alat yang dimanfaatkan yakni lensa, di mana cahaya yang ditangkap melalui sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentmirror tersebut akan diteruskan ke viewfinder. Dibandingkan jenis kamera lainnya, kamera DSLR atau SLR bisa dibilang yang paling handal dalam hal fotografi.

Sayangnya, kamera DSLR biasanya dibanderol dengan harga yang lumayan mahal. Bahkan ada beberapa brand yang menawarkan kamera DSLR-nya dengan harga belasan hingga puluhan juta per 1 unitnya. Ditambah lagi dengan dukungan fitur-fitur canggih yang semakin membuat kamera DSLR handal dalam memotret dan merekam video beresolusi tinggi.

Dalam hal memilih kamera DSLR, pastikan kamu telah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Baik dari segi karakteristik kamera DSLR, aktivitas fotografi yang ingin dijalani, fitur yang didukung, dimensi dan model kamera DSLR dan lain sebagainya. Adapun beberapa pilihan kamera DSLR terbaik untuk memenuhi kebutuhan fotografi selengkapnya, sebagai berikut:

1. Canon EOS 70D

Canon EOS 70D
Canon EOS 70D

Pilihan kamera DSLR yang berkualitas bagus pertama bisa kamu pilih yakni Canon EOS 70D. Kamera besutan Canon satu ini dibanderol seharga Rp 17 jutaan, di mana harganya ini sudah sangat sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Pada perangkat kamera tersebut disematkan Sensor CMOS beresolusi 20.2MP dan dukungan Processor DIGIC 5+ sebagai pemrosesnya.

Kamera Canon EOS 70D ini diklaim dapat menangkap objek yang bergerak dengan hasil yang bagus. Ini karena di dalamnya juga disematkan Sensor Dual Pixel CMOS AF yang memungkinkan autofokusnya lebih cepat dibandingka kamera biasa. Sementara untuk ISO-nya sendiri mulai dari rentang 100 hingga 12800 dengan 19 autofokus.

2. Nikon D5500

Nikon D5500
Nikon D5500

Berikutnya ada kamera DSLR untuk profesional dari Nikon, yakni bernama Nikon D5500. Meski begitu, bukan tidak diperbolehkan bagi kamu yang masih pemula memilih kamera dari Nikon ini, justru kemampuan fotografimu akan cepat terasah dengan penggunaannya. Dibanderol seharga Rp 9 jutaan, kamera ini sudah dilengkapi dengan lensa terbaik dan layar sentuh LCD Veri-Angle di bagian belakangnya.

Pada kamera Nikon D5500 dibekali dengan kemampuan menangkap objek dengan sangat baik dan hasil sempurna. Bahkan untuk pengambilan foto beruntun, kamera ini diklaim dapat mengambil gambar hingga 5 frame per detiknya. Didukung pula dengan konektivitas wifi, memungkinkan kamu langsung mengirimkan hasil foto ke perangkat atau platform lain.

3. Canon EOS 700D

Canon EOS 700D
Canon EOS 700D

Sementara bagi kamu yang mencari kamera DSLR murah dengan kualitas yang bagus, kamera DSLR dari Canon ini bisa dijadikan pilihan. Canon EOS 700D dilengkapi dengan lensa kamera beresolusi 18MP yang diklaim mampu menangkap objek dengan cukup sempurna. Hasil fotonya terlihat sangat jernih, tajam dan warna yang cukup akurat. Desainnya yang simpel dan ergonomis, para pemula pun tidak akan kesulitan menggunakan kamera satu ini.

Canon EOS 700D sendiri dibekali dengan sensitivitas ISO antara 100-12800 yang bisa kamu sesuaikan sendiri. Nilai ISO-nya tersebut masih bisa ditingkatkan lagi hingga 25600 jika kamera berada dalam mode H. Sementara untuk penyempurnaan akurasi warna saat memotret, kamera Canon EOS 700D ini didukung dengan Processor DIGIC 5.

4. Canon EOS 5D Mark IV

Canon EOS 5D Mark IV
Canon EOS 5D Mark IV

Untuk kamera Canon satu ini lebih cocok dipilih untuk kebutuhan fotografi profesional. Canon EOS 5D Mark IV dibanderol dengan harga Rp 60 jutaan untuk paket lengkapnya, sementara untuk body only ditawarkan seharga Rp 50 jutaan. Tentunya ini bukanlah harga yang murah, di mana untuk soal kualitas kamera tidak perlu diragukan lagi. Foto yang dihasilkannya sangat menakjubkan, salah satunya berkat dukungan resolusi lensanya yang mencapai 30.4 piksel.

Mengambil objek di ruangan mini cahaya, hasilnya tetap maksimal karena sensitivitas ISO-nya yang bisa diatur hingga maksimal 32000. Ditambah lagi dengan dukungan fitur Dual Pixel CMOS AF yang menciptakan autofokus yang sangat cepat dan dengan hasil yang sempurna. Canon EOS 5D Mark IV juga sangat handal dalam mengambil foto objek secara beruntun, ini berkat dukungan Intellegent Scene Analysis atau ISA yang ada di dalamnya.

5. Nikon D750

Nikon D750
Nikon D750

Nikon D750 merupakan salah satu seri kamera unggulan dari Nikon yang ditawarkan seharga Rp 27 jutaan. Kamera satu ini didukung dengan Sensor CMOS FX-Format dengan resolusi 24.3MP yang membuat hasil jepretan berkualitas tinggi. Selain itu, untuk kemampuan menangkap objek secepat kilat sudah ditangani oleh Processor EXPEED 4.

Sementara untuk sensitivitas ISO dari kamera Nikon D750 ini bisa diatur hingga nilai 12800. Memotret di segala kondisi cahaya tentunya tidak perlu bingung lagi, di mana hasil foto jepretannya sudah pasti jenis, detail dan akurat. Sementara di bagian belakang bodi sudah ada dukungan LCD seluar 3.2 Inci yang memungkinkan untuk diubah-ubah arahnya sesuai keinginan. Kamera Nikon D750 ini sendiri bodinya dibuat dari bahan karbon thermoplastic dan aluminium alloy, tidak hanya kuat melainkan juga cukup ringan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kamera GoPro Murah yang Bagus dan Keren

6. Sony ILCE-7M2K α7 II (Alpha 7)

Sony ILCE-7M2K α7 II (Alpha 7)
Sony ILCE-7M2K α7 II (Alpha 7)

Selanjutnya ada kamera dari brand ternama Sony yakni Sony ILCE-7M2K α7 II (Alpha 7). Kamera satu ini dibanderol seharga Rp 17 jutaan, sudah pasti kualitas yang dimilikinya sangat bagus dan terjamin. Salah satu keunggulan dari kamera Sony ini adalah dukungan lensa yang dimilikinya, di mana lensanya tersebut diklaim dapat menangkap objek dengan jelas dan jernih serta beresolusi tinggi.

Tidak dhanya lensa, Sony ILCE-7M2K α7 II (Alpha 7) juga dibekali dengan processor kelas atas yang membuatnya bekerja dengan sangat cepat. Pada perangkat kamera Sony tersebut juga dibekali dengan konektivitas wifi yang memungkinkan untuk digunakan mengirim file hasil foto.

7. Pentax K-70

Pentax K-70
Pentax K-70

Pentax bisa dibilang sebagai salah satu brand kamera tertua yang masih tetap eksis hingga saat ini. Mereka cukup berpengalaman dalam hal produksi kamera, sehingga tidak perlu diragukan lagi soal kualitas kamera yang ditawarkannya. Salah satunya adalah seri Pentax K-70 yang menjadi salah satu kamera tipe DSLR yang cukup banyak diminati.

Desain kamera cukup modern dengan penggunaan material berkualitas tinggi, sehingga tidak hanya keren tetapi juga kokoh. Untuk lensanya sendiri, Pentax K-70 dibekali dengan sensor beresolusi 24MP dan dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung yang canggih di dalamnya. Sementara untuk perekaman video, kamera Pentax K-70 ini bahkan bisa menghasilkan video hingga resolusi 4K.

8. Sony Alpha SLT-A99

Sony Alpha SLT-A99
Sony Alpha SLT-A99

Masih dari brand Sony, kali ini ada seri kamera DSLR Sony Alpha SLT-A99 yang juga bisa kamu jadikan pilihan. Cocok untuk aktivitas fotografi profesional, kamera satu ini dibanderol seharga Rp 26 jutaan. Pada kamera disematkan Sensor Exmor CMOS beresolusi 24MP yang dikombinasikan dengan Processor BIONZ 14-bit, di mana performa kamera tentunya sangat meyakinkan.

Selain itu, disematkan pula fitur AF Dual Chip sebagai sistem autofokusnya. Kamera Sony Alpha SLT-A99 tentunya mampu menangkap objek dengan lebih cepat dan fokus. Untuk desain bodinya tampak sederhana dan ergonomis dengan sisi kanan bodi disediakan pegangan untuk memotret.

9. Pentax K-S2

Pentax K-S2
Pentax K-S2

Seri kamera DSLR lainnya dari Pentax yang tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan, yakni Pentax K-S2. Kamera dari Pentax satu ini cocok digunakan oleh pemula hingga profesional, di mana kemampuannya dalam memotret terbilang sangat baik dan hasil foto yang menakjubkan.

Untuk memotret objek, pada kamera dibekali dengan Sensor CMOS APS-C beresolusi 20MP dan Processor PRIME MIII yang membuatnya hasil fotonya berkualitas tinggi. Sementara untuk sensitivitas ISO dari Pentax K-S2 ini memungkinkan untuk diatur hingga nilai 51200, mengambil gambar di ruang yang minim cahaya tentunya akan lebih maksimal dengan ISO-nya ini.

10. Canon EOS 4000D

Canon EOS 4000D
Canon EOS 4000D

Sementara untuk kamu para pemula yang ingin belajar fotografi namun budget yang dimiliki pas-pasan, kamera DSLR dari Canon ini bisa dijadikan pilihan. Kamera Canon EOS 4000D hanya dibanderol seharga Rp 3 jutaan saja, tentunya sangat ramah di kantong. Meskipun dijual dengan harga terjangkau, namun untuk soal kualitas dari kamera tersebut terbilang sangat bagus.

Kamera Canon EOS 4000D tersebut dibekali dengan Sensor APS-C yang dilengkapi dengan 9 titik autofokus tipe silang, memotret akan jauh lebih mudah dan dengan hasil foto yang menakjubkan. Sensornya tersebut memiliki resolusi 18MP yang dipadukan dengan Processor DIGIC 4+ untuk menunjang performa memotretnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kamera DSLR terbaik untuk kebutuhan fotografi yang bisa kamu jadikan pilihan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Artikel Sebelumnya10 Rekomendasi Merek Kamera DSLR Terbaik Favorit Fotografer
Artikel Selanjutnya10 Rekomendasi Merek Mixer Audio Murah yang Berkualitas Bagus
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini