Cara Setting Dark Mode iPhone yang Mudah di 2020

0
65
Cara Setting Dark Mode iPhone yang Mudah di 2020

Koran.id – Dark mode atau modus gelap adalah fitur baru yang bisa kamu temukan di iOS 13. Salah satu kehebatan dari fitur baru iPhone tersebut adalah dark mode bisa diaktifkan di semua sistem dan beberapa aplikasi pendukungnya. Lalu, bagaimana cara setting dark mode iPhone?

Dark mode dibuat secara khusus untuk mengurangi silau memang bukanlah hal baru. Tapi fitur yang ditawarkan Apple pada iPhone tersebut mulai banyak diperhatikan dalam beberapa tahun belakangan ini. Salah satu alasan kenapa pada akhirnya fitur pada iPhone melejit adalah kesahatan. Selain itu masih ada banyak lagi manfaat terbaik yang ditawarkan dark mode. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Fitur Dark Mode iPhone

Manfaat Fitur Dark Mode iPhone

1. Untuk Menaikkan Kemampuan Membaca Teks

Sebelum kami akan membahas lebih jauh lagi mengenai cara setting dark mode iPhone, sebaiknya ketahui terlebih dulu manfaat fitur dark mode itu sendiri. Adapun fitur utama dark mode yang pertama adalah untuk menaikkan kemampuan baca sebuah teks. Jika banyak orang menilai kalau fitur dark mode ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan fokus terhadap teks, ternyata itu salah besar. Fitur dark mode yang hadir dengan kombinasi warna terang dan gelap mampu membuat seseorang lebih fokus lagi.

2. Dapat Mengurangi Ketegangan Mata

Masih ada kaitannya dengan fokus baca pada poin yang pertama, mata menjadi lebih mudah tegang pada saat mereka dituntut untuk bekerja lebih ekstra atau keras lagi. Dimana dalam kasus ini berguna untuk lebih fokus membaca teks tersebut. Sebab menjadi lebih mudah, maka secara otomatis tingkat ketegangan mata pun dapat dikurangi dengan baik. Terlalu tegangnya mata pastinya akan membuat kualitas penglihatan berkurang.

3. Mengurangi Penggunaan Daya Baterai

Seperti yang kita tahu bersama, bahwa melalui warna hitam inilah sebuah handphone atau smartphone maupun yang lainnya, ternyata tidak perlu bekerja terlalu keras lagi untuk menyalakan LED atau OLED yang ada di bagian dalam layar. Dengan demikian, iPhone pun tak terlalu mengeluarkan energi atau arti lainnya akan lebih bisa hemat daya baterai yang dimiliki.

4. Menjadi Lebih Mudah Membuat Pengguna Istirahat

Salah satu hal yang paling sering disarankan oleh para dokter guna menambah kualitas tidur adalah dengan cara menjauhkan gadget yang Anda miliki dari tempat yang mudah dijangkau tangan. Oleh karenanya mereka mempercayai kalau bermain gadget bisa membuat seseorng tidak tidur disebabkan oleh aktifitas dan cahaya terang yang ditimbulkan. Tentu saja dengan adanya fitur dark mode pada iPhone yang secara otomatis membuat layar iPhone-mu menjadi gelap, maka yang demikian akan semakin memudahkan kamu untuk langsung tertidur dengan lelap.

5. Bisa Memberikan Mod yang Lebih Baik Lagi

Percaya atau pun tidak kalau ternyata warna memiliki pengaruh yang cukup besar pada mood seseorang. Berdasarkan ilmu psikologi warna, ternyata warna hitam sering sekali digunakan untuk melambangkan misteri, formalitas, prestige, kekuatan, dan elegansi. Oleh karenanya dengan background di iPhone warna hitam maka seseorang akan jauh lebih mudah dalam memberikan mood berkonsentrasi ke satu titik.

Selain iPhone, bagi para pengembang aplikasi, software, atau website, fitur dark mode ini diklaim mampu meningkatkan pandangan orang terhadap desain mereka. Misalnya saja mengenai bioskop yang mematikan semua lampunya hingga mood kamu meningkat untuk dapat menikmati dan fokus terhadap sebuah film.

Kembali ke pokok pembahasan di awal, berikut ini cara setting dark mode iPhone yang mudah di 2020 perlu kamu tahu. Simak selengkapnya di sini.

Cara Setting Dark Mode iPhone yang Mudah di 2020

Cara Setting Dark Mode iPhone yang Mudah di 2020

1. Setting Dark Mode iPhone

  • Pertama, silakan pilih Control Center.
  • Jika sudah tap dan tahan Slider Brightness.
  • Lalu lanjutkan dengan tap Toggle Mode Gelap yang bisa kamu temukan di bagian sudut kiri bawah layar.
  • Tunggu beberapa saat, Toggle nanti akan berubah menjadi warna putih pada saat dark mode mulai diaktifkan.
  • Kamu bisa mencoba mengulangi proses tersebut apabila kamu ingin mematikannya.

2. Setting Dark Mode via Pengaturan iPhone

  • Pertama, silakan buka menu Setting atau Pengaturan di iPhone Anda.
  • Lalu pilihlah Screen & Brightness.
  • Lanjutkan dengan mengetuk Dark.
  • Dan ulangi proses tersebut apabila kamu ingin kembali menuju Light Mode.

3. Setting Dark Mode iPhone Otomatis

  • Sebagai langkah awalnya kamu harus menuju ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Jika sudah pilihlah Display & Brightness.
  • Tap Toogle Automatic untuk mengaktifkannya.
  • Lanjutkan tap pada opsi Options.
  • Berikutnya pilih Sunset to Sunrise atau Custom Schedule.
  • Kamu bisa mengulangi proses tersebut apabila ingin menon-aktifkan Mode Gelap Otomatis.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara setting dark mode iPhone yang mudah di 2020. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini