Cara Mengatasi Flu Saat Puasa Secara Alami dan Aman

0
492
Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Koran.id – Flu atau pilek sudah menjadi penyakit ringan yang sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Flu atau pilek sendiri disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang melemah sehingga mudah diserang oleh virus. Melemahnya tubuh juga sering dialami seseorang ketika di bulan puasa. Kebiasaan untuk bangun sahur di tengah malam adalah salah satunya. Banyak dari kamu mungkin akan mencari cara mengatasi flu saat puasa, agar ibadah puasa tetap lancar dan nyaman.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, namun yang paling efektif dan aman adalah menggunakan cara alami. Cara alami sudah dipercaya sejak jaman dulu, bahkan sebelum adanya obat-obatan kimia seperti sekarang ini. Untuk informasi selengkapnya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa Secara Alami dan Efektif

1. Memastikan tubuh beristirahat yang cukup

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Cara mengatasi flu saat puasa secara alami yang pertama adalah dengan beristirahat yang cukup. Ketika mengalami flu, tubuh harus dibiasakan untuk beristirahat setidaknya 7 sampai 8 jam per hari. Tapi terkadang, saat bulan puasa jam tidur biasanya berkurang. Yang demikian ini tentu akan semakin membuat daya tahan tubuh berkurang dan penyakit flu semakin awet.

Cara menyiasati agar waktu tidak tidak berkurang saat berpuasa yakni dengan tidak begadang di malam hari. Sebaiknya waktu tidur malam dimulai pukul 21.00 dan bangun untuk sahur sekitar pukul 03.00 atau mendekati waktu imsak. Faktanya, makan sahur mendekati waktu imsak itu lebih dianjurkan. Sementara di siang hari, sebaiknya luangkan waktu setidaknya 15-30 menit untuk beristirahat.

2. Pastikan tubuh tetap terhidrasi

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Bagaimana mungkin menghidrasi tubuh sedangkan kita sedang puasa? Tentu bisa, asalkan kita bisa mengatur kapan waktu minum yang tepat dan cukup. Agar tubuh selalu segar dan fit, kebutuhan cairan tubuh harus tetap terpenuhi. Setidaknya kita perlu mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8 gelas per hari.

Untuk aturannya kamu bisa minum air putih 2 hingga 3 gelas saat sahur, kemudian 2 gelas lagi saat berbuka. Dan sisanya bisa kamu minum secara berkala hingga mendekati waktu tidur malam. Dengan begitu, tubuh akan tetap terhidrasi dengan baik dan penyakit flu bisa segera diatasi.

3. Minum air hangat saat berbuka

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Flu saat berpuasa juga bisa diatasi dengan cara meminum air hangat saat waktu berbuka tiba. Minum air yang terlalu dingin justru akan membuat flu semakin parah dan lama sembuhnya. Kamu tentu tidak ingin kan penyakit flu yang diderita semakin menjadi? Karena itulah, lebih baik pilih minuman yang hangat saat berbuka.

Kamu bisa membuat teh hangat atau minuman hangat lainhya agar tenggorakan menjadi lebih lega dan nyaman. Lakukan cara ini secara rutin hingga flu yang kamu derita sembuh total.

4. Berkumur air garam

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Cara mengatasi flu saat puasa yang satu ini mungkin tampak aneh bagi sebagian orang. Tapi ternyata berkumur dengan air garam ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh flu atau pilek. Siapkan segelas air, lalu masukkan garam secukupnya. Aduk-aduk hingga rata, kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Pastikan air garam masuk hingga ke tenggorokan, kemudian keluarkan. Kamu bisa melakukan cara ini saat akan tidur atau ketika sahur. Lakukan secara rutin hingga sakit tenggorokan akibat flu sembuh.

5. Minum teh herbal

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Cara satu ini sebenarnya hampir sama dengan nomor 3, yang membedakan disini teh yang digunakan adalah teh herbal. Teh herbal sendiri cukup ampuh mengatasi flu yang dialami ketika sedang menjalani ibadah puasa. Minumlah teh hijau hangat saat berbuka puasa atau ketika santai sebelum waktu tidur tiba.

Agar khasiatnya semakin terasa, lebih kamu gunakan madu asli sebagai pemanis teh. Madu sendiri memiliki khasiat alami untuk meredakan nyeri di tenggorokan dan juga bersifat antiinflamasi.

6. Memanfaatkan uap hangat

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Cara mengatasi flu saat puasa secara alami berikutnya adalah dengan menghirup uap hangat. Untuk mendapatkan uap hangat sangatlah mudah, kamu tinggal menyiapkan mangkuk agak besar lalu diisi dengan air panas. Selain itu, kamu juga perlu meneteskan secukupnya minyak esensial atau minyak kayu putih.

Mulailah untuk menghirup uap hangat secara perlahan dan santai. Uap hangat yang terhirup akan mampu melegakan pernafasan akibat hidung tersumbat saat flu. Agar lebih efektif, kamu bisa menutupi area atas mangkuk dengan handuk dengan kepala berada di bawahnya. Inilah cara paling mudah bisa kamu lakukan agar bisa meredakan sakit flu ketika berpuasa. Lakukan secara rutin agar flu bisa cepat sembuh dan puasa lebih lancar.

7. Memilih makanan dengan kandungan oksidan tinggi

Cara Mengatasi Flu Saat Puasa

Dan cara mengatasi flu saat puasa secara alami yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi. Makanan seperti ini bisa didapatkan dari jenis sayuran dan buah-buahan. Perbanyaklah makan buah dan sayur saat berbuka dan juga saat sahur. Makanan jenis ini diklaim lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi makanan banyak gula.

Saat flu, sebaiknya juga hindari makanan cepat saji dan juga gorengan. Makanan seperti ini justru akan membuat kondisi flu yang kamu alami akan semakin parah. Dan lagi flu yang diderita juga akan semakin lama sembuhnya.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi flu saat puasa secara alami yang bisa kamu terapkan juga. Jadikan ibadah puasa lebih nyaman dan lancar tanpa adanya suatu halangan apapun, termasuk penyakit flu.

Artikel SebelumnyaCara Mudah Cek KTP Online untuk Mengetahui Datamu Terbaru 2019
Artikel Selanjutnya10 Objek Wisata di Surabaya yang Paling Asyik Dikunjungi
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini