Jenis-jenis Sepeda yang Cocok Digunakan Sehari-hari

0
2261

Koran.id – Olahraga memang sangat penting untuk rutin dilakukan, setidaknya satu minggu sekali. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dipilih, mulai dari jogging, yoga, nge-gym hingga yang paling mudah yanki bersepeda. Bersepeda selain membuat tubuh sehat juga bisa membuat pikiran lebih bahagia. Agar lebih bersemangat bersepeda, penting untuk memilih jenis sepeda yang memang cocok untuk kegiatan sehari-hari. Sama seperti sepeda gunung, jenis-jenis sepeda harian juga ada beberapa pilihannya.

Kamu bisa memilih jenis sepeda sesuai selera dan juga kegiatan yang ingin kamu lakukan secara rutin dengan sepeda tersebut. Adapun jenis atau macam sepeda harian yang cocok digunakan sehari-hari, bisa kamu simak pada ulasan di bawah ini.

Table Of Contents

Jenis-jenis Sepeda yang Cocok Digunakan Sehari-hari

1. Sepeda Angkut

Sepeda Angkut
Sepeda Angkut

Jenis sepeda yang umum digunakan sehari-hari yang pertama adalah sepeda angkut. Sesuai dengan namanya, sepeda jenis ini fungsi utamanya memang untuk mengangkut barang atau bisa juga membonceng orang. Sepeda angkut sudah ada sejak lama, dan dulu sering digunakan oleh tukang pos untuk mengirim surat atau barang.

Karena fungsinya tersebut, sepeda jenis ini umumnya memiliki kerangka yang kuat serta bobotnya cukup berat. Karena sekarang ini umumnya tukang pos menggunakan motor, akhirnya sepeda angkut beralih fungsi menjadi sepeda untuk kegiatan sehari-hari. Tampilannya yang klasik dan merupakan produk jadul, tidak jarang para kolektor barang-barang antik tertarik untuk memilikinya. Masih banyak pula ditemukan komunitas sepeda antik di berbagai daerah yang rutin menggelar acara, seperti gowes bareng atau juga tour.

2. Sepeda Kota

Sepeda Kota
Sepeda Kota

Sesuai dengan namanya, jenis sepeda umum yang satu ini khusus digunakan dijalanan halus seperti di perkotaan. Tampilannya cukup feminim dengan keranjang di bagian depan yang menjadi ciri khasnya. Sepeda kota ini sendiri lebih sering digunakan oleh para wanita ketika akan jalan-jalan atau berbelanja ke warung.

Hampir sama dengan sepeda angkut, di bagian belakangnya juga disediakan dudukan sebagai tempat boncengan. Kerangkanya terbuat dari bahan material yang ringan namun juga tetap kuat. Umumnya sepeda jenis ini dibanderol dengan harga yang lumayan murah.

3. Sepeda Lipat atau Folding Bikes

Sepeda Lipat atau Folding Bikes
Sepeda Lipat atau Folding Bikes

Sepeda satu ini merupakan jenis sepeda baru yang cukup populer di kalangan anak-anak hingga remaja. Sepeda ini juga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana karena bisa dilipat. Digunakan untuk menyusuri jalanan kota saat pagi atau sore hari seperti akan sangat menyenangkan. Tampilannya yang sederhana membuatnya sangat cocok untuk segala umur.

Pergi liburan ke luar kota juga bisa semakin seru dengan membawa sepeda lipat satu ini. Daripada harus menyewa sepeda atau motor, membawa sepeda lipat sendiri tentunya lebih menyenangkan.

4. Fixie Bike

Fixie Bike
Fixie Bike

Dilihat dari segi desain dan tampilannya, sepeda jenis ini tampaknya lebih cocok untuk para kalangan muda-mudi kekinian. Sepeda Fixie Bike hadir dengan tampilan yang sangat unik dan sederhana, sangat cocok untuk kalian yang ingin tampil trendi dengan sepeda keren. Saking sederhananya, sepeda jenis ini tidak dilengkapi dengan rem tangan. Sebagai gantinya, untuk mengurangi kecepatan laju sepeda kamu bisa menggoes pedal ke belakang.

Umumnya sepeda jenis ini juga dilapisi dengan warna mencolok, sehingga semakin membuat daya tarik orang yang melihatnya. Bagian bannya cukup kecil dan tipis, karena memang sepeda ini dikhususkan untuk jalanan yang mulus dan rata.

5. Sepeda BMX

Sepeda BMX
Sepeda BMX

Jenis sepeda yang juga umum digunakan sehari-hari adalah sepeda BMX. Sepeda satu ini umumnya digunakan oleh anak-anak hingga remaja. Selain digunakan untuk sehari-hari, sepeda BMX juga sering digunakan untuk melakukan atraksi, freestyle dan juga balapan, baik di arena atau di jalanan umum. Ukurannya yang mungil bertujuan untuk memperlincah gerakan saat melakukan atraksi.

Untuk kerangkanya memang dibuat khusus untuk kegiatan tersebut, bahan material yang digunakan juga sangat kuat dan kokoh. Kamu juga bisa menemukan sepeda jenis ini dengan mudah baik secara online ataupun toko offline.

6. Touring Bike

Touring Bike
Touring Bike

Touring Bike juga menjadi salah satu dari jenis-jenis sepeda yang umum digunakan sekarang ini. Sesuai dengan namanya, sepeda jenis ini diciptakan khusus untuk kegiatan touring atau perjalanan yang jauh. Kerangkanya dibuat khusus agar memiliki ketahanan yang lebih kuat dibandingkan jenis sepeda lainnya.

Sepeda touring ini juga mampu membawa beban yang cukup berat sekalipun. Beberapa bagian sepeda bisa dimanfaatkan sebagai tempat menaruh benda atau barang bawaan selama touring. Kamu yang suka dengan petualangan, sepeda jenis ini wajib untuk digunakan.

7. Sepeda Tandem

Sepeda Tandem
Sepeda Tandem

Di Indonesia mungkin cukup jarang ditemukan sepeda jenis ini, atau mungkin hanya di kota-kota besar saja. Sepeda tandem memiliki desain tampilan yang berbeda dari sepeda jenis lainnya. Dibekali dengan dua pedal yang bertujuan untuk menghemat tenaga saat menggowes. Sepeda jenis ini lebih cocok untuk kalian yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan keluarga, sahabat ataupun pasangan.

Meskipun jarang ditemukan di Indonesia, bukan berarti tidak ada yang menjual jenis sepeda ini. Kamu bisa dengan mudah membelinya baik secara online ataupun offline. Lebih mudah dengan membeli sepeda jenis ini di marketplace lokal seperti Bukalapak, Tokopedia ataupun Shopee.

Itulah tadi beberapa jenis sepeda yang umum digunakan sehari-hari. Sepeda-sepeda di atas sangat cocok digunakan untuk menyusuri kota atau jalanan sebagai cara menghilangkan penat dan menyehatkan tubuh. Harganya yang tidak terlalu mahal dan mudah ditemukan secara online maupun offline, tidak asalan lain untuk tidak membelinya. Siap untuk gowes seru?

Artikel SebelumnyaKumpulan Aplikasi di Android Terbaik yang Harus Didownload Saat Liburan ke Luar Negeri
Artikel SelanjutnyaJenis-jenis Sepeda Gunung Terbaik Bisa Lewati Berbagai Medan
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini