Jenis-jenis Sepeda Gunung Terbaik Bisa Lewati Berbagai Medan

1991

Koran.id – Bersepeda selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, juga menjadi salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Apalagi jika jalan yang dilalui menyuguhkan keindahan yang menakjubkan, semakin membuat pikiran menjadi lebih tenang dan bahagian. Misalnya saja menyusuri daerah perbukitan atau pegunungan yang memang identik dengan pemandangan hijau yang indah dan menyejukkan. Sepeda gunung khusus wajib dipilih ketika kamu ingin menjelajahi daerah pegunungan dengan cara bersepeda. Berbicara sepeda gunung, ada jenis-jenis sepeda gunung terbaik yang bisa kamu temukan di pasaran sekarang ini.

Memilih sepeda gunung terbaik memang sangat penting. Selain untuk memaksimalkan aktivitas bersepeda di medan pegunungan, juga memastikan keamanan saat bersepeda. Beberapa jenis sepeda gunung ini memiliki banderol harga yang bervariasi, tergantung kualitas serta material bahan yang digunakannya.

Jenis-jenis Sepeda Gunung Terbaik untuk Bersepeda Seru

1. Sepeda Gunung Downhill

Sepeda Gunung Downhill
Sepeda Gunung Downhill

Jenis sepeda gunung paling bagus yang pertama bisa dipilih adalah sepeda gunung downhill. Sesuai dengan namanya, sepeda gunung jenis ini diciptakan khusus untuk medan yang terjal dan berbatu. Sepeda gunung satu ini sangat pas digunakan oleh kamu yang suka dengan tantangan melewati berbagai medan ekstrim dan menantang maut.

Selain bisa melewati medan menanjak, sepeda gunung downhill juga mumpuni saat menuruni perbukitan yang cukup terjal sekalipun. Sementara untuk bagian kaki-kakinya dilengkapi roda besar dengan gigi roda yang juga dibuat besar guna untuk memudahkan penunggangnya saat mengayuh. Dan bagian remnya dibuat sangat cakram, sehingga lebih aman saat melewati jalanan menurun.

2. Sepeda Gunung MTB XC

Sepeda Gunung MTB XC
Sepeda Gunung MTB XC

Berbeda dengan jenis sepeda gunung downhill, sepeda gunung MTB XC ini justru dikhususkan untuk jalanan atau medan yang tidak terlalu ekstrim. Terlihat dari desain dan bahan materialnya yang ringan. Meski begitu, jenis sepeda satu ini memiliki keunggulan dalam hal kecepatan dan kegesitannya.

Penunggangnya bisa dengan mudah mengontrol arah laju sepeda karena body-nya yang sangat ringan. Perlu ditekankan sekali lagi, sepeda gunung MTB XC ini hanya khusus untuk trek ringan saja. Jika dipaksakan ditakutkan akan merusak bagian frame sepeda, karena memang tidak didesain untuk aktivitas tersebut.

3. Sepeda Gunung MTB Trail

Sepeda Gunung MTB Trail
Sepeda Gunung MTB Trail

Dilihat dari namanya sudah kelihatan kalau jenis sepeda satu ini didesain khusus untuk medan ekstrim. Ya, sepeda gunung MTB Trail diklaim sangat mumpuni saat digunakan untuk melewati medan ekstrim berbatu bahkan berlumpur sekalipun.

Tidak hanya unggul dalam kekuatan, sepeda gunung satu ini juga memiliki kecepatan yang munpuni. Tidak heran para atlet profesional banyak yang memilih sepeda gunung satu ini. Umumnya juga sepeda gunung jenis ini didesain secara full suspension untuk memaksimalkan kinerjanya saat melewati berbagai medan.

4. Sepeda Gunung MTB AM

Sepeda Gunung MTB AM
Sepeda Gunung MTB AM

Khusus untuk kalian yang mencari sepeda gunung yang bisa digunakan untuk segala jenis medan, MTB AM bisa menjadi pilihan. Sepeda gunung MTB AM didesain dengan spesifikasi khusus sehingga membuatnya mampu menaklukkan segala medan. Mulai dari jalanan berbatu, berlumpur hingga jalan dengan turunan yang cukup terjal.

Yang membedakan sepeda gunung jenis satu ini dengan lainnya terletak pada bagian suspensinya. Di mana pada sepeda gunung MTB AM menggunakan suspensi berukuran 140 mm hingga 160 mm. Suspensi ini sudah sangat cocok untuk medan yang terjal dan penuh batu.

5. Sepeda Gunung Dirt Jump

Sepeda Gunung Dirt Jump
Sepeda Gunung Dirt Jump

Dirt Jump juga menjadi salah satu dari jenis-jenis sepeda gunung terbaik yang ada di pasaran saat ini. Sepeda gunung satu ini juga didesain dengan spesifikasi khusus sehingga membuatnya cocok digunakan untuk atraksi udara ekstrim. Sepeda gunung Dirt Jump tetap tangguh meskipun digunakan untuk melompat dari ketinggian yang cukup terjal.

Hal ini sudah sesuai dengan namanya, di mana sepeda tersebut memang didesain khusus untuk aktivitas jumping. Suspensi yang digunakan hanya pada bagian depannya saja, sementara bagian belakangnya tidak.

Baca Juga: 7 Merk Sepatu Buat Naik Gunung Terbaik yang Nyaman Dipakai

6. Sepeda Gunung MTB Enduro

Sepeda Gunung MTB Enduro
Sepeda Gunung MTB Enduro

Hampir mirip dengan sepeda gunung MTB XC, jenis sepeda satu ini dikhususkan untuk trek yang ringan hingga agak curam. Dari segi desainnya memang tidak beda jauh, hanya saja perbedaan terletak pada bagian ban yang digunakan. Ban yang dihadirkan pada MTB Enduro ini terlihat lebih besar yang bertujuan untuk memperkuat cengkraman saat melewati trek agak curam.

Selain itu, perbedaan juga terdapat pada bagian kerangkanya. Di mana kerangka MTB Enduro ini dibuat lebih kuat dengan bodi yang tetap ringan. Kerangka dan bodi seperti ini tidak hanya membuatnya kuat tetapi juga gesit serta cepat. Sepeda gunung MTB Enduro juga didesain secara full suspension yang rata-rata berukuran 150 mm hingga 160 mm.

7. Sepeda Gunung Soft Trail

Sepeda Gunung Soft Trail
Sepeda Gunung Soft Trail

Sesuai dengan namanya, sepeda gunung jenis ini khusus digunakan untuk offroad dengan medan menengah hingga ekstrim. Tentunya jenis sepeda gunung satu ini kurang cocok jika dipacu di jalanan halus, seperti perkotaan. 

Kerangka yang digunakan cukup kuat dan dibekali juga dengan suspense depan serta belakang untuk fungsi yang lebih maksimal. Kelemahan dari sepeda gunung softrail ini adalah pada sisi kecepatan. Di mana bobotnya yang agak berat membuatnya sangat lambat jika dipacu dijalanan normal.

8. Sepeda Gunung Hard Trail

Sepeda Gunung Hard Trail
Sepeda Gunung Hard Trail

Hampir sama dengan sepeda gunung Soft Trail, hanya saja sepeda gunung jenis ini hanya dikhususnya untuk medan atau track ringan hingga berbatu. Berbeda dengan Soft Trail, sepeda gunung satu ini hanya punya satu suspense yakni terletak di bagian fork depan. Suspensi depan ini digunakan untuk tujuan menahan cengkeraman pada stang.

Mengemudi track yang terjal dan berbatu lebih dipermudah dengan adanya suspensi depannya. Desainnya bodinya terlihat lebih ceking dengan kerangka yang ringan.

9. Sepeda Gunung Rigid

Sepeda Gunung Rigid
Sepeda Gunung Rigid

Sepeda gunung Rigid juga menjadi salah satu dari jenis-jenis sepeda gunung terbaik yang ada saat ini. Dilihat dari tampilan desainnya, sepeda gunung jenis ini tampak terlihat lebih sederhana dan klasik. Selain itu, pada bagian depan maupun belakang di kaki-kakinya tidak dilengkapi dengan suspensi sama sekali.

Sementara untuk kerangka atau frame yang digunakan cukup kuat dan ringan, sehingga membantunya untuk melaju lebih cepat. Sepeda gunung jenis ini lebih cocok digunakan pada track yang ringan hingga menengah.

Itulah tadi jenis-jenis sepeda gunung terbaik yang ada di pasaran sekarang ini. Sebaiknya kamu memilih sepeda gunung sesuai dengan aktivitas yang ingin dilakukan agar penggunaanya lebih maksimal. Semoga bermanfaat!

Artikel SebelumnyaJenis-jenis Sepeda yang Cocok Digunakan Sehari-hari
Artikel SelanjutnyaKetahui Manfaat dan Cara Mengelola Lidah Buaya Untuk Perawatan Wajah dan Rambut
Jujur dulu saya gak suka nulis. Tapi setelah kenal dengan dunia blogging, minat menulis mulai tumbuh. Sudah banyak artikel yang saya tulis, baik untuk blog pribadi atau milik klien. Paling suka menulis niche Tekno, Gaming, Wisata, Lifestyle, dan Kesehatan. Niatnya hanya satu, ingin berbagi ke sesama melalui tulisan.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini