Bisa Sebabkan Kematian di Dunia Nyata, Yakin Masih Mau Memainkan Game Online Ini?

0
38
Bisa Sebabkan Kematian di Dunia Nyata, Yakin Masih Mau Memainkan Game Online Ini?

Koran.id – Yang jadi pertanyaannya di sini adalah, memangnya ada game online yang bisa sebabkan kematian di dunia nyata? Agar lebih jelasnya, yuk simak beberapa ulasan di bawah ini.

Jika kamu termasuk salah satu penggemar gaming, maka kamu pastinya sudah tahu betul bahwa akan ada hal – hal buruk yang pernah terjadi ketika kamu memainkan game – game tersebut. Tapi, masak iya ada game yang menyebabkan kematian di dunia nyata?

Pada dasarnya salah satu tujuan dibuatnya sebuah game tidak lain untuk membuat para pemainnya bisa melakukan aktifitas yang menghibur dan menyenangkan. Tidak heran jika pada akhirnya banyak yang menjadikan game – game kesukaannya sebagai obat mujarab untuk meredakan stress.

Tapi ternyata ada beberapa orang yang tidak bisa menerima kekalahan ketika bermain game, sehingga yang demikian tersebut memicu konflik atau perkelahian sesama gamer. Misalnya saja seperti pada game – game online berikut ini. Yang mana game tersebut diklaim bisa sebabkan berbagai kasus kematian di dunia. Apa saja gamenya?

Ini Dia Game Penyebab Utama Kematian di Dunia Nyata

Baik itu game online atau pun game offline, pada dasarnya semuanya dibuat sebagai hiburan semata. Permainan digital yang dimainkan lewat konsol game ini memang menarik sekali dimainkan kala senggang, atau pun ketika kamu sudah mulai jenuh dan bosan dengan keadaan dan butuh hiburan. Konsol game pertama kalinya diproduksi dan dikembangkan pada tahun 1947 silam, kemudian terus alami perkembangan yang cukup baik hingga sekarang.

Tentu saja ada banyak sekali tercipta konsol game yang menarik sekali untuk dimainkan, mulai dari PlayStation (PS), Xbox, dan Nintendo Switch. Masing – masing konsol game tentu saja memiliki ciri khas masing – masing dalam permainannya. Kabar baiknya, sekarang sudah semakin banyak saja mode permainan yang seru – seru untuk dicoba, salah satu yang kini jadi favorit para gamers di dunia adalah game online.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Apa kamu salah satu gamer yang gemar sekali memainkan game – game online? Para pemain game online ini diberi kebebasan untuk memilih teman bermain atau bertanding. Bagi sebagian gamer, kalah dan menang dalam sebuah permainan adalah hal wajar. Tetapi tidak bagi beberapa orang. Mereka bahkan ada yang membawa amarah pada game yang dimainkan tersebut ke dunia nyata. Seperti halnya pada kasus berikut yang sebabkan kematian karena game yang dimainkan.

1. Legend Of Mir III

Legend Of Mir III

Legend Of Mir III adalah game pertama yang dikenal sebagai game penyebab kematian di dunia nyata. Tapi meskipun demikian jangan salah, sebab game Legend Of Mir III tersebut banyak sekali yang suka memainkannya hingga sekarang. Game MMORPG ini sebabkan korban di dunia nyata. Qiu Chengwei meminjamkan senjata pada pemain lain di game tersebut.

Tapi sangat disayangkan sekali ternyata senjata tersebut justru dibawanya kabur dan Qiu pada akhirnya melaporkannya kepada polisi. Meskipun demikian ternyata permintaannya ditolak hingga akhirnya ia memutuskan untuk bertindak sendiri. Dengan usahanya ia terus mencari pemain yang mencuri senjatanya. Setelah ketemu tanpa berlama – lama lagi ia langsung membunuhnya dengan cara menusuk bagian dada korban.

Detail Legend Of Mir III
Developer WeMade Entertainment
Genre Permainan peran daring multipemain masif
Rilis Oktober 2004
Download Di sini

2. Lineage II

Lineage II

Sebenarnya, game berikut ini lebih dikenal sebagai salah satu game online terbaik yang hadir dengan gaya bermain yang sangat seru sekali. Tapi entah kenapa ada hal buruk yang terjadi diantara dua grup pemain game tersebut hingga akhirnya berujung pada perkelahian.

Awal terjadinya masalah adalah ada seorang pemain yang membunuh seorang karakter yang tergabung di dalam guild musuh di game Lineage II. Tetapi karena tidak bisa menerima hal tersebut akhirnya kedua guild melanjutkan perselisihannya di dunia nyata. Perkelahian yang dilakukan pemain game online ini berakhir ketika ada salah satu diantaranya yang meninggal.

Detail Lineage II
Developer NCSOFT
Genre Permainan peran daring multipemain masif
Rilis 1 Oktober 2003
Download Di sini

3. FarmVille

FarmVille

Mungkin diantara kalian tidak ada yang menyangka sebelumnya jika ternyata game online satu ini juga masuk dalam daftar game penyebab kematian di dunia nyata. FarmVille adalah game paling seru dan asyik untuk dimainkan. Tetapi pada kenyataannya game tersebut ada dibalik kejadian kematian seoang anak yang alami kecanduan game simulasi Android satu ini.

Awalnya ada seorang ibu yang bernama Alexandra Tobias yang membunuh anaknya sendiri karena kecanduan game FarmVille. Saat itu ibu tersebut sedang asyik bermain game, sementara itu anaknya yang masih berumur 3 bulan terus merengek. Ibu ini akhirnya mengangkat anaknya tersebut lalu mengguncang anaknya hingga sebabkan luka parah di bagian kepala. Bahkan kaki sih anak sampai patah. Sang anak pun akhirnya meninggal.

Detail FarmVille
Developer Zynga
Genre Permainan video simulasi, Permainan peran video
Platform Android, iOS, Adobe Flash Player, Penjelajah web
Download Di sini

4. Doom

Doom

Siapa nih diantara kalian yang suka sekali memainkan game Doom satu ini? Tahu nggak sih bahwa game tersebut ternyata masuk dalam daftar game penyebab kematian yang paling mengerikan. Bagaimana tidak, ada seorang remaja yang bernama Evan Ramsey yang dengan beraninya melakukan aksi baku tembak dengan para siswa dan guru di sekolah.

Pengakuan Evan Ramsey cukup mengejutkan banyak orang, ia mengaku bahwa apa yang dilakukannya tersebut semata – mata karena terinspirasi dari game Doom yang sering dimainkannya. Ia masuk ke dalam sekolahnya sambil membawa satu shotgun, lalu membunuh beberapa orang yang ada di dalam sekolah tersebut.

Detail Doom
Developer id Software, Midway Games, Vicarious Visions, LAINNYA
Genre Tembak-menembak orang-pertama
Rilis 2015, 2019
Download Di sini

5. Call Of Duty : Modern Warfare

Call Of Duty : Modern Warfare

Lalu untuk game selanjutnya yang juga menjadi salah satu game penyebab kematian di dunia nyata adalah Call Of Duty : Modern Warfare. Di balik permainan online tersebut ada kasus pembunuhan yang dilakukan oleh gamer yang bernama Anders Behring Breivik terhadap 69 orang yang ada di Pulau Otoya.

Anders mengaku, bahwa dirinya melakukan sejumlah pelatihan yang ada dalam game yang selalu ia mainkan, Call Of Duty : Modern Warfare, dengan menggunakan perlengkapan bidik holographic untuk tingkatkan kemampuan aiming. Ia juga mengklaim pelatihan tersebut bisa membantunya dalam pembantaiannya di Otoya. Tidak berhenti sampai di situ saja, ia ternyata juga sempat membunuh sekitar 9 orang di gedung pemerintahan.

Detail Call Of Duty : Modern Warfare
Developer Infinity Ward, Raven Software, Treyarch, n-Space, Aspyr
Platform PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows, Wii, Nintendo DS, Keluarga Sistem Operasi Macintosh
Rilis 5 November 2007
Download Di sini

Nah, itu dia beberapa game online yang terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan di dunia nyata. Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini