7 Manfaat Daun Waru bagi Tubuh yang Harus Kamu Tahu

0
92
Manfaat Daun Waru bagi Tubuh
Manfaat Daun Waru bagi Tubuh

Koran.id – Pohon waru bisa ditemukan dengan di hampir semua wilayah di Indonesia khususnya. Pohon waru ini sendiri biasa dimanfaatkan bagian daunnya untuk berbagai hal, seperti pembungkus tempe, daun untuk proses peragian dan sebagai bungkus makanan tertentu. Tidak hanya itu saja, manfaat daun waru bagi tubuh ternyata juga sangat banyak. Meski begitu, tidak semua orang mengetahui manfaat luar biasa dari daun waru tersebut.

Daun waru punya kandungan zat penting yang membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan tubuh. Cara untuk mengambil manfaat daun tersebut juga sangat mudah, yang pasti efek yang diberikannya sangat luar biasa. Adapun manfaat daun waru untuk tubuh selengkapnya, bisa disimak di bawah ini.

7 Manfaat Daun Waru bagi Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Manfaat Daun Waru untuk Tubuh
Manfaat Daun Waru untuk Tubuh

Pohon waru memiliki nama ilmiah Hibiscus tiliaceus, yang mana semua orang pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis pohon peneduh satu ini. Daunnya yang lebar membuat area dibawahnya terlindungi oleh sengatan sinar matahari. Manfaat daun waru khususnya tidak sebatas itu, ada juga manfaat lain bagi tubuh, di antaranya:

1. Sebagai Obat Batuk Alami

Manfaat daun waru bagi tubuh yang pertama adalah  membantu mengatasi batuk dengan lebih cepat dan efektif. Salah satu jenis batuk yang bisa disembuhkan dengan daun waru adalah batuk berdahak. Cukup kamu siapkan beberapa helai daun waru kemudian rebus dengan air serta ditambahkan pula gula batu. Minumlah air rebusan daun waru tersebut agar dahak di tenggorokan bisa encer dan perlahan batuk sembuh.

Selain batuk berdahak, tanaman waru juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk kering. Tetapi bukan dengan daunnya, melainkan kuncup bunga waru yang masih segar. Kuncup bunga waru tersebut bisa langsung dikunyah dan ditelan, dengan begitu batuk kering akan berangsur sembuh.

2. Sebagai Obat Bisul Alami

Tidak hanya berkhasiat untuk meredakan batuk, daun waru ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bisul dengan cepat. Bisul ini sendiri bisa muncul di bagian tubuh mana saja, dan biasanya penderita akan dibuat menderita karenya. Bisul umumnya berbentuk benjolan dengan berwarna merah, bengkak serta terasa hangat bisa disentuh. Penyebab dari tumbuhnya bisul tersebut dikarenakan suatu bakteri bernama Staphy lococcus.

Untuk memanfaatkan daun waru sebagai obat bisa alami tidaklah sulit. Cukup siapkan daun waru, kemudian remas-remas dan aplikasikan langsung ke bagian tubuh yang tumbuh bisul. Manfaat ini sendiri didapat dari kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang ada dimiliki daun waru.

3. Mengobati Radang Amandel

Radang amandel juga menjadi salah satu kondisi yang sering dialami banyak orang, khususnya anak-anak. Kondisi ini biasanya akan membuat amandel (kelenjar kecil di tenggorokan) membengkak, sehingga penderita akan mengalami kesulitan untuk menelan atau bahkan berbicara.

Salah satu penyebab kelenjar amandel mengalami iritasi dan membengkak adalah karena infeksi virus dan bakteri. Dan untuk mengatasinya bisa dengan memanfaatkan daun waru. Ini karena daun waru punya sifat antimikroba yang ampuh mengatasi radang amandel dengan cepat dan efektif.

4. Mengatasi Diare

Masalah diare sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal, jika dibiarkan secara terus-menerus tanpa dilakukan tindakan penyembuhan, cariran tubuh akan terus berkurang dan tentunya berbahaya bagi kesehatan. Bahkan yang lebih parahnya lagi diare juga bisa saja merenggut nyawa seseorang.

Salah satu cara mengatasi diare dengan cepat, khususnya untuk jenis diare berdarah dan berlendir adalah dengan daun waru. Daun waru punya kandungan senyawa tanin yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Selain itu, senyawa tanin ini juga punya efek yang baik dalam menyembuhkan diare.

5. Sebagai Penurun Demam

Saat demam, suhu tubuh akan meningkat secara drastis dan biasanya kondisi ini cukup memprihatinkan bagi penderita. Meningkatnya suhu tubuh ini sendiri merupakan reaksi alami tubuh yang ingin melawan peradangan yang terjadi. Demam ternyata bisa disembuhkan dengan cara memanfaatkan daun waru.

Daun waru dipercaya sebagai penurun deman alami dikarenakan sifat antiinflamasi atau antiperadangan yang dimilikinya. Cukup mudah untuk memanfaatkan daun waru sebagai penurun deman. Siapkan saja beberapa lembar daun waru, kemudian rebus dengan air secukupnya. Minumlah air rebusan tersebut secara rutin hingga demam menurun.

6. Mengatasi Penyakit Kulit

Lagi-lagi karena sifat antibakteri dari daun waru yang membuatnya mampu mengatasi berbagai penyakit kulit dengan cepat dan efektif. Penyakit kulit ini sendiri umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri. Karena itulah, dengan memanfaatkan daun waru tentu akan mampu membasmi infeksi bakteri tersebut, sehingga penyakit kulit bisa disembuhkan dengan baik.

Selain bagian daunnya, kamu juga bisa memanfaatkan kulit dari batang pohon waru agar semakin maksimal dalam mengatasi penyakit kulit. Memanfaatk daun dan kulit batang pohon waru tidak hanya efektif menyembuhkan penyakit kulit, melainkan juga tanpa ada efek samping negatif yang dirasakan.

7. Membantu Membunuh Sel Kanker dan Tumor

Manfaat daun waru bagi tubuh yang terakhir adalah sebagai obat anti-tumor dan juga anti-kanker yang alami. Ini karena di dalam ekstrak daun waru terdapat beberapa kandungan senyawa yang mampu membunuh sel kanker dan tumor dengan cepat. Kandungan senyawa tersebut, seperti saponin, alkaloid, tanin, dan masih banyak lagi kandungan senyawa lainnya.

Sifat antikanker dan antitumor tersebut paling banyak ditemukan pada bagian daun serta kulit batang pohon waru

Itulah tadi beberapa manfaat daun waru bagi tubuh yang tidak banyak orang tahu. Selain cocok untuk tempat berteduh, ternyata tanaman waru punya segudang manfaat bagi tubuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini