7 Cara Mengobati Diare di Rumah yang Aman dan Efektif

0
165

Koran.id – Beberapa orang mungkin menganggap diare sebagai penyakit yang ringan dan sepele. Pada kenyataannya, diare merupakan salah satu penyakit serius yang bisa saja merenggut nyawa seseorang jika ditangani dengan segera. Alasannya karena diare akan menguras cairan dalam tubuh dan akhirnya menyebabkan dehidrasi. Cara mengobati diare di rumah lebih banyak dipilih dengan alasan penanganan yang lebih cepat.

Ada banyak jenis obat alami yang bisa kita manfaatkan untuk mengobati diare, mulai dari tanaman, buah, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini sudah saya rangkumkan bagaimana cara mengobati diare di rumah dengan menggunakan bahan alami yang aman serta efektif. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Diare di Rumah yang Aman dan Efektif

Bahan alami lebih banyak dipilih untuk mengatasi diare dibandingkan dengan obat berbahan kimia. Alasan lainnya adalah bahan alami dipercaya lebih ampuh dan aman dalam penyembuhannya. Adapun beberapa cara mengobati diare di rumah dengan bahann-bahan alami, di antaranya:

1. Oralit

Cara mengobati diare di rumah yang aman serta efektif pertama adalah dengan oralit buatan sendiri. Ya, tidak perlu membeli di toko obat atau apotik hanya sekedar untuk membuat oralit. Caranya cukup mudah, kamu tinggal siapkan satu liter air, kemudian campurkan dengan 6 sendok teh gula dan ½ sdt garam. Aduk hingga rata, dan minum satu gelas oralit tersebut setiap 4 hingga 6 jam sekali.

Oralit yang terbuat dari campuran gula dan garam ini akan membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Berperan sebagai elektrolit, garam berfungsi untuk menahan simpanan cairan dalam tubuh dan gula berperan untuk membantu tubuh menyerap garam.

2. Sari Daun Jambu Biji

Daun jambu biji juga bisa kamu manfaatkan untuk mengobati diare secara alami di rumah, yakni dengan mengambil sarinya. Caranya sangatlah mudah, kamu tinggal rebus air secukupnya hingga mendidih. Lalu masukkan 4-5 helai daun jambu biji dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Air rebusan daun jambu biji bisa kamu minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga diare sembuh.

Daun jambu biji punya kandungan yang baik untuk sistem pencernaan. Selain bisa membantu membunuh bakteri penyebab diare, juga bisa membuat tekstur tinja menjadi lebih padat. Biasanya efek dari rebusan daun jambu ini cukup cepat dalam mengatasi diare.

3. Air Putih

Bagi penderita diare sangat disarankan untuk memperbanyak minum air purih untuk mencegah dehidrasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, diare yang diderita akan menguras cairan di dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi yang tidak ditangani dengan cepat tentu akan berdampak buruk bagi tubuh. Sebaiknya cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Selain air putih, kamu juga bisa menggantinya dengan jus buah segar. Tetapi perlu diingat, jus buah segar yang dianjurkan yakni tidak ditambah pemanis seperti gula, madu ataupun susu. Bagi kamu yang suka minuman berkafein atau beralkohol, sebaiknya hindari dulu selama menderita diare.

4. Minuman Jahe

Cara mengobati diare di rumah yang ampuh dan aman berikutnya adalah dengan memanfaatkan jahe. Bersihkan jahe kemudian iris jahe dengan ukuran sedang lalu rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Kamu bisa meminum air rebusan jahe tersebut selagi hangat agar diare yang dialami bisa mereda.

Jahe ini sendiri merupakan salah satu rempah yang mempunyai sifat antinyeri, antiradang dan juga antibakteri. Minum air rebusan jahe akan membantu menenangkan perut yang terasa melilit akibat diare. Selain itu, jahe juga akan membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama diare.

5. Buah Pisang

Buah pisang tidak hanya baik untuk program diet saja, tetapi juga punya efek baik bagi penderita diare. Pisang juga menjadi salah satu obat diare alami dikarenakan adanya kandungan kalium yang cukup tinggi di dalamnya. Kalium di dalam buah pisang akan berfungsi sebagai pengganti elektrolit tubuh yang hilang selama diare.

Tidak hanya itu saja, buah pisang juga kaya akan kandungan serat dan juga pektin. Kedua kandungan tersebut akan membantu penyerapan cairan di usus sehingga fases yang keluar nantinya bisa lebih padat dan juga tidak berair. Untuk mengobati diare, kamu bisa mengonsumsi satu atau dua buah pisang secara rutin selama diare. Kinerja sistem pencernaan akan berangsur membaik karena efek dari buah pisang tersebut.

6. Yogurt dan Kefir

Cara mengobati diare di rumah yang ampuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi yogurt dan kefir. Selama diare, penderita tidak disarankan untuk mengonsumsi produk susu, seperti susu murni dan keju. Tetapi berbeda dengan yogurt dan kefir, keduanya menjadi salah satu jenis olahan susu yang justru sangat dianjurkan bagi penderita diare.

Yogurt dan kefir dianggap baik bagi penderita diare karena kandungan probiotik yang ada di dalamnya. Kandungan probiotik ini nantinya akan melawan kuman dan bakteri jahat yang menjadi penyebab diare. Tetapi perlu diingat, yogurt atau kefir yang ingin dijadikan obat alami diare, pastikan yang mengandung rendah gula. Karena kandungan gula tinggi dalam yogurt atau kefir bisa menyebabkan diare semakin memburuk.

7. Sup Kuah Kaldu Ayam

SONY DSC

Cara mengobati diare secara alami di rumah yang efektif terakhir adalah dengan sup kuah kaldu ayam. Selain bisa membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, sup kuah kaldu ayam juga bisa memudahkan kerja saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan sup kaldu tersebut lebih mudah dicerna dibandingkan jenis makanan lainnya.

Sup kuah kaldu ayam biasanya berisi campuran sayuran, kentang, wortel dan ayam juga membantu tubuh mendapatkan nutrisi dan gizi yang seimbang. Dengan begitu, diare yang diderita akan berangsur sembuh dengan cepat. Perut yang terasa mulas saat diare juga bisa diredakan dengan efek hangat dari kuah kaldu dari sup tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengobati diare di rumah yang aman dan efektif menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami selain efektif mengobati diare, juga sangat aman bagi kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya?

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini